4 Cara Melakukan Diet Atkins yang Benar Dan Berhasil

Setiap orang tentu menginginkan untuk memiliki kondisi fisik yang sempurna dan ideal demi mendapatkan penilaian positif dari orang lain termasuk untuk membantu agar lebih terlihat menarik. Salah satu kondisi fisik yang ideal tersebut adalah memiliki berat dan bentuk badan yang tidak terlalu gemuk maupun tidak terlalu kurus.

ads

Bagi mereka dengan berat badan yang gemuk pasti menginginkan dapat menurunkan berat badannya hingga kondisi yang ideal, salah satunya melalui proses atau cara diet yang benar.

Diet merupakan salah satu bentuk pengaturan pola makan yang berkiatan dengan jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi oleh makhluk hidup.

Diet menjadi salah satu upaya untuk membantu dalam menurunkan berat badan dengan berbagai macam jenis metodenya yang terus berkembang hingga sekarang. Salah satu jenis metode diet yang sekarang ini cukup dikenal adalah diet atkins dimana secara prinsip dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat dan menganti kebutuhan energi dari karbohidrat menjadi lemak.

Untuk dapat berhasil dalam diet tersebut, berikut cara melakukan diet atkins yang tepat.

  1. Pahami diet atkins sebenarnya

Hal pertama yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar dalam melakukan aktivitas diet atkins adalah memahami apa sebenarnya diet tersebut sebenarnya. Diet atkins merupakan diet tinggi lemak yang bertujuan untuk merubah kebutuhan energi di dalam tubuh yang sebelumnya bergantung pada karbohidrat berubah menjadi lemak.

Proses diet atkins dilakukan dengan cara mengatur proses makan melalui pola makan sehat untuk diet alami dengan memperhatikan nutrisi dan gizi pada setiap makanan yang dikonsumsi.

  1. Tentukan target dan ketahui kemampuan diri

Sebelum melakukan diet atkins maka hal yang harus diluruskan adalah niat serta target ketika akan menurunkan berat badan. Tentukan target penurunan berat badan hingga nilai berapa sebelum menjalani diet atkins agar ada tujuan jelas yang harus dicapai.

Selain menentukan target, kemampuan pribadi terkait seberapa besar kebutuhan kalori, seberapa kuat untuk mengubah pola makan harus benar benar diperhatikan dengan baik agar selama diet dapat menghindari resiko atau bahaya diet atkins yang ada.

  1. Ikuti setiap fase yang ada

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam cara melakukan diet atkins yang tepat dan memberikan hasil yang nyata adalah mengikuti setiap fase diet yang ada secara runtut. Dalam proses diet atkins ada beberapa fase yang harus dilewati diantaranya seperti :

  • Fase pertama, tahapan pertama ini dilakukan dengan cara menjaga asupan nutrisi dengan membatasi jumlah karbohidrat yang masuk dalam tubuh hanya sebesar 20 gram sehari.
  • Fase kedua, merupakan fase balancing dalam cara diet atikins atau penyeimbang dimana menu makanan yang dikonsumsi dapat ditambahkan beberapa kacang kacangan buah, dan sayur yang rendah karbohidrat agar gizi dalam tubuh tetap terpenuhi.

  • Fase ketiga, merupakan tahapan yang disebut sebagai fine-tuning dimana kondisi ideal berat badan sudah tercapat sehingga penurunan berat badan perlu dihambat agar tidak drastis dengan memberikan asupan karbohidrat tambahan tidak lebih dari 10 gram persajian.
  • Fase keempat, tahapan yang disebut maintenance ini terjadi ketika tubuh sudah dapat mentolerir karbohidrat tanpa menyebabkan peningkatan berat badan. Yang perlu dilakukan adalah mengkonsumsi makanan sehat dan tetap menjaga asupan karbohidrat dan gula agar tidak berlebihan.
  1. Konsistensi

Selain memperhatikan beberapa langkah yang disebtukan diatas, cara selanjutnya yang juga harus dilakukan oleh setiap orang yang menjadlani diet atkins agalah konsistensi.

Konsistensi yang dimaksud adalah seseorang yang menjalani diet harus benar benar disiplin dengan pola makan pada setiap fase yang ada dari proses diet atkins yang benar serta selalu hindari semua bentuk pantangan diet atkins.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara diet atkins yang benar dan berhasil dalam menurunkan berat badan serta mencegah terjadinya resiko yang ada dari teknik diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak tersebut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan