20 Bahaya Diet Yang Salah untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Semua orang di dunia sangat ingin mempunyai bentuk tubuh serta berat badan yang ideal. Untuk mendapatkan ini, maka cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan menjalankan diet serta olahraga yang teratur. Namun, umumnya orang melakukan diet yang sangat ketat dan cara yang tidak benar dan ini bisa menyebabkan berbagai masalah lain yang tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan. Asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh tentunya akan berkurang saat melakukan diet yang salah dan ada berbagai hal lain yang mengancam tubuh yang akan kami ulas secara lengkap berikut ini.

ads

Baca Juga :

Bahaya Diet Yang Salah

Berikut beberapa contoh yang dihasilkan dari diet yang salah :

1. Mengganggu Kesehatan Mental

Saat kalori dan energi di dalam tubuh menyusut karena diet tidak benar, maka akan mempengaruhi psikologis pelaku diet. Saat perut terasa lapar, seseorang akan lebih mudah tersinggung, marah dan bahkan depresi kronis.

2. Mudah Lapar dan Makan Berlebihan

Dengan pengurangan nutrisi serta kalori ke dalam tubuh sat menjalani diet tidak sehat, tubuh akan secara otomatis bereaksi untuk menutupi kekurangan tersebut dan ini akan terlihat dari rasa lapar yang lebih cepat timbul dan nafsu makan akan semakin bertambah dengan porsi yang juga semakin banyak.

Baca Juga :

3. Menambah Berat Badan

Saat kamu menjalankan diet yang salah dalam jangka waktu lama. Maka tubuh akan merasa lelah dan jenuh serta tidak sanggup untuk meneruskan diet tersebut. Ini menyebabkan tubuh terpicu untuk malas melakukan diet yang akan mengakibatkan berat badan terus naik dan justru lebih parah dari sebelumnya.

4. Mual dan Lelah

Kalori yang hilang dari tubuh secara berlebihan akan membuat pencernaan mengalami gangguan seperti mual khususnya jika kamu hanya minum jus selama beberapa minggu tanpa menyantap asupan padat. Ini akan merusak sistem pencernaan sehingga akan timbul berbagai masalah seperti pusing, mual, sakit perut dan muntah serta kelelahan.

Baca Juga :

5. Massa Otot Berkurang

Diet tidak benar juga akan membuat massa otot menjadi berkurang bahkan hilang khususnya jika juga dipaksakan untuk beraktivitas seperti biasa. Tubuh yang kekurangan nutrisi terutama protein, maka akan mengambil cadangan energi yang berasal dari otot sehingga massa otot akan berkurang secara perlahan. Tidak hanya berdampak berat badan yang lebih susah untuk diturunkan, namun tubuh akan terlihat lebih menggelambir sebab komposisi dari lemak dan otot tidak seimbang.

6. Efek Yoyo

Efek YoyoBahaya Diet Yang Salah selanjutnya adalah Efek Yoyo. Efek yoyo adalah sebuah istilah yang mengartikan berat badan meningkat kembali dan ini akan dialami oleh orang yang melakukan diet tidak benar sehingga mengurangi kebutuhan kalori harian menjadi sangat drastis.

Efek yoyo ini akan bermula dari diet ketat yang tidak benar dan tidak memperhatikan kebutuhan kalori tubuh. Pada awalnya mungkin kamu akan merasa diet yang kamu lakukan membuahkan hasil, namun lama kelamaan, berat badan akan kembali naik bahkan melebihi dari berat badan awal kamu.

Baca Juga :

7. Kerontokan Rambut

Diet yang salah juga akan menyebabkan rambut menjadi rontok yang terjadi karena kurangnya asupan gizi ke dalam tubuh kamu. Kesehatan folikel rambut akan terganggu dan juga menghambat proses regenerasi sel yang ada di kulit kepala.


8. Selulit

Selulit juga bisa terjadi karena pola diet yang tidak benar. Selulit ini timbul karena tubuh kehilangan tingkat keelastisitasannya karena tubuh kehilangan bobot secara drastis. Selulit ini akan timbul di beberapa area tubuh seperti bokong, pangkal paha, perut dan juga lengan.

Baca Juga :

9. Kulit Kering

Pelaku diet tidak benar seringkali mengartikan diet sebagai memangkas asupan makan ke dalam tubuh secara berlebihan termasuk juga mengkonsumsi buah serta sayuran. Ini menyebabkan tubuh kekurangan vitamin C sehingga gusi berdarah dan kulit kering akan rentan muncul.

10. Gangguan Makan

Diet yang tidak benar juga akan menimbulkan berbagai gangguan makan lain yang sangat berbahaya seperti anoreksia serta bulimia. 2 jenis gangguan makan ini umumnya terjadi karena pola diet yang salah. Mereka biasanya akan terpaku dengan berat badan yang terlihat pada timbangan dan bukan pada kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Apabila tidak segera ditangani, anoreksia serta bulimia akan meningkatkan resiko untuk pelaku diet yang salah tersebut.

Baca Juga :

11. Menyebabkan Tulang Melemah

Pembakaran yang terjadi dalam tubuh adalah proses membakar lemak menjadi energi untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari. Apabila diet yang sedang kamu jalankan salah, maka akan mengganggu metabolisme tubuh. Kebutuhan kalori yang tidak terpenuhi akan membuat tubuh mengambil cadangan energi pada otot serta jaringan tubuh lain sehingga akan membuat kamu cepat merasa lelah khususnya pada bagian tulang.

12. Penuaan Dini

Kekurangan nutrisi di dalam tubuh yang terjadi karena salah diet juga akan mempengaruhi kesehatan kulit seperti yang paling dihindari manusia khususnya wanita yaitu penuaan dini yang semakin cepat terjadi.

Baca Juga :

13. Kekurangan Vitamin

Bahaya Diet Yang Salah selanjutnya adalah kekurangan Vitamin. Tujuan dari diet adalah membuang lemak berlebih di dalam tubuh sehingga bentuk tubuh bisa terlihat lebih ideal. Akan tetapi, membatasi lemak yang masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan resiko kekurangan vitamin sehingga lebih cepat lesu, lelah, letih dan juga dehidrasi serta serat. Kandungan serat rendah di dalam tubuh tersebut juga akan menyebabkan penuaan dini, sembelit bahkan meningkatkan resiko kanker usus besar.

14. Gangguan Saraf dan Psikis

Asupan lemak rendah yang terjadi juga akan membuat seseorang bisa mengalami gangguan saraf serta psikis. Dengan berkurangnya kalori di dalam tubuh, maka juga akan mempengaruhi kondisi psikologis seperti perubahan mood dan sensitif dengan hal yang berhubungan dengan berat badan.

Baca Juga :

15. Malnutrisi

Malnutrisi juga akan dialami jika kamu menjalani diet yang salah khususnya jika kamu senang mengkonsumsi makanan cepat jadi serta melewatkan beberapa asupan penting seperti vitamin dan mineral penting yang umumnya bisa didapat dari buah dan sayuran seperti kekurangan vitamin A yang menjadi penyebab kebutaan, kekurangan vitamin C yang membuat tubuh lebih rentan dengan berbagai masalah kulit, gigi dan sebagainya.

16. Menghambat Pembangunan Otot

Mengurangi asupan makanan saat menjalankan diet ketat seperti mengurangi protein, akan membuat tubuh tidak memiliki tenaga untuk memperbaiki serta membangun otot. Saat tubuh ingin mengembangkan otot, maka asam amino sangat dibutuhkan dan ini merupakan kandungan yang ada di dalam protein. Apabila tubuh kekurangan kalori, maka tidak hanya lemak yang akan dihancurkan, namun juga otot yang ada di dalam tubuh kamu.

Baca Juga :

17. Menurunkan Imun Tubuh

Menjalankan diet yang salah juga akan sangat berbahaya untuk sistem imun tubuh sekaligus menjadi pemicu dari timbulnya berbagai macam penyakit serta infeksi. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisi akan asam folat, seng, selenium, zat besi serta berbagai jenis vitamin pada menu diet kamu supaya metabolisme tubuh bisa tetap terjaga dengan baik.

18. Menghambat Proses Penyembuhan Luka

Saat melakukan diet yang salah dan kamu memiliki luka, maka luka tersebut juga akan membutuhkan waktu lebih lama dalam proses pertumbuhan yang terjadi karena berkurangnya nutrisi di dalam tubuh kamu. Diet yang buruk juga akan berdampak pada menurunnya kekuatan dari jaringan luka baru, waktu pemulihan luka serta berkurangnya kemampuan tubuh dalam melawan infeksi. Agar penyembuhan luka bisa berlangsung lebih cepat, maka perbanyak asupan kalori, mikronutrien serta protein dalam menu diet kamu sehari-hari.

Baca Juga :

19. Fungsi Otak Menurun

Asupan gizi tidak benar juga bisa terlihat dengan menurunnya masalah memori atau konsentrasi pada otak. Otak manusia bisa berfungsi dengan baik apabila mendapat cukup nutrisi yang dibutuhkan, sehingga sangat penting untuk memperbanyak asupan lemak omega 3 di setiap makanan kamu.

20. Gusi Berdarah

Gusi berdarah adalah bahaya diet yang salah selanjutnya. Akibat anda diet yang sangat ketat dan juga salah, yang terjadi anda akan mudah terserang penyakit yang berkaitan dengan kekurangan vitamin. Gusi berdarah adalah salah satu dampak dari kekurangan vitamin dalam tubuh anda. Jadi dietlah dengan wajar dan juga dengan cara yang benar.

Baca Juga :

 

Tips Diet Yang Benar

Agar terhindar dari efek samping dari diet yang tidak benar, maka tubuh juga harus adaptasi dan memperbaiki pola diet yang sedang digunakan seperti meningkatkan konsumsi berbagai jenis vitamin, mineral, karbohidrat, lemak dan juga protein.

1. Jangan Sampai Kelaparan

Apabila kamu menjalankan diet dan membiarkan diri kamu kelaparan, maka ini adalah tindakan yang salah. Saat merasa lapar, biasanya seseorang akan makan lebih sembarangan untuk mengatasi lapar tersebut. Akan lebih baik jika kamu sering mengkonsumsi dan membawa makanan yang tidak terlalu berat untuk mencegah kelaparan tersebut seperti biskuit gandum, yogurt yunani, telur rebus, pistachio, kismis dan beberapa makanan ringan sehat lainnya.

2. Sarapan Lebih Banyak

Menu sarapan yang biasanya tinggi akan karbohidrat dan protein serta lemak, akan membuat kadar gula dalam darah tetap stabil serta mengurangi rasa lapar saat jam makan siang. Kamu bisa menambah porsi makan saat sarapan dengan beberapa menu yang tinggi akan serat serta protein seperti roti gandum utuh, putih telur atau kalkun serta berbagai makanan tinggi protein lainnya.


3. Catat Menu Makanan Yang Kamu Santap

Dengan mencatat apa saja yang sudah kamu konsumsi, maka kamu bisa selalu melihat dan memeriksa asupan nutrisi apa yang kamu konsumsi, bumbu yang digunakan, kadar minyak yang dipakai, minuman dan berbagai bahan lainnya. Ini akan membuat kamu lebih terkontrol untuk membatasi asupan diet lebih baik lagi.

Baca Juga :

4. Jaga Keseimbangan Gizi, Bukan Kalori

Pastikan semua makanan yang kamu konsumsi mengandung protein, karbohidrat dan juga lemak, bukan menghitung jumlah pembakaran kalori yang sudah kamu lakukan.

5. Jangan Konsumsi Diet Soda

Jangan Konsumsi Diet SodaHindari juga mengkonsumsi soda disaat kamu diet meskipun soda tersebut merupakan zero kalori. Dari penelitian University of Texas Health Science Center menemukan jika terlalu banyak minum diet soda, maka akan meningkatkan resiko bertambahnya berat badan.

Pemanis buatan yang terkandung di dalam soda, akan membuat porsi makan menjadi bertambah. Soda juga akan mengganggu sistem metabolisme tubuh termasuk penyimpanan lemak di area perut dan juga kolesterol yang sangat berbahaya untuk timbulnya resiko jantung.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih juga menjadi tips penting dalam menjalani diet yang benar karena bisa menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Kebutuhan air pada masing-masing orang berbeda-beda, akan tetapi sangat disarankan untuk minum lebih dari 8 gelas air setiap harinya. Mengkonsumsi lebih banyak air putih juga akan membuat perut jadi penuh sehingga akan merasa kenyang lebih lama.

7. Kurangi Asupan Garam

Garam menjadi salah satu penyebab berat badan lebih cepat naik dan menjadi alasan juga kenapa berat badan sangat susah untuk dikurangi. Mengkonsumsi terlalu banyak garam, tidak hanya membuat berat badan menjadi naik, namun juga membuat perut kembung serta membuat rasa lapar serta haus meningkat.

8. Konsumsi Makanan Pedas

Tips selanjutnya, perbanyak makanan yang bercita rasa pedas, sebab bumbu panas seperti cabai akan membantu untuk mengurangi rasa lapar. Kandungan capsaicin pada cabai akan memicu otak untuk melepaskan endorfin lebih baik yang akan secara otomatis membantu kamu untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

Baca Juga :

 

Efek buruk dari diet yang salah juga bisa dirasakan untuk waktu jangka panjang yang akan menimbulkan berbagai masalah serius lainnya seperti diabetes, stroke, jantung, osteothritis dan berbagai masalah tubuh lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memperbaiki cara diet yang kamu jalani, supaya terhindar dari bahaya diet yang salah dan jangan terlalu batasi asupan kalori ke dalam tubuh kamu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan