4 Cara Membentuk Otot Badan Dengan Cepat dan Aman

Semua orang pasti mendambakan bentu tubuh yang ideal seperti kurus, langsing, sehat, dan terlihat bugar. Tubuh seseorang yang terlihat ideal dengan otot badan yang terbentuk dengan baik tentu tidaklah terjadi semalam atau secara instan.

ads

Jika menginginkan tubuh anda terlihat ideal namun dalam jangka waktu yang lama, anda harus melakukan berbagai hal secara bertahap. Untuk meningkatkan kekuatan tubuh anda, ada baikny ketahui cara menguatkan otot pinggang dan jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan.

Anggapan yang sering kurang dipahami di kalangan masyarakat adalah bahwa jika mereka sudah masuk pusat kebugaran atau menjadi member gym cukup dengan latihan disana tubuh akan terbentuk. Padahal tidak semudah itu, olahraga angkat beban saja tidak akan cukup sebagai cara membentuk otot badan.

Ada beberapa cara yang harus kita lakukan dan terapkan agar proses tersebut dapat berlangsung cepat dan aman. Nah apa saja sih cara membentuk otot badan dengan cepat dan aman tersebut? Simak ulasan berikut.

1. Olahraga rutin

Yak, olahraga memang tetap menjadi hal dasar dalam membentuk otot badan. Kita harus melakukan berbagai olahraga secara rutin dan terjadwal agar efeknya dapat terlihat. Pada pemula semua latihan dan olahraga dapat membantu pembentukan otot atau meningkatkan pembentukan protein.

Namun setelahnya anda dapat melakukan latihan lain yang fokus untuk membentuk otot-otot besar seperti dada, punggung, dan kaki. Banyak alat angkat beban yang dapat membantu anda untuk melakukan hal tersebut. Sebaiknya kombinasikan juga dengan gerakan squat, pull up, deadlift, dan juga bench press.

2. Konsumsi karbohidrat dan protein yang cukup

Nah selain berolahraga cara membentuk otot badan yang lain adalah dengan menjaga asupan karbohidrat dan protein dalam tubuh.

Olahraga angkat beban akan membuat protein kita pecah dan tubuh menjadi cepat lelah. Oleh karena itu sebelum menjalani olahraga ada baiknya kita konsumsi makanan atau minuman kaya protein. Hal tersebut dapat membantuk untuk meningkatkan pembentukan protein otot.

Selain itu konsumsi keduanya dapat meningkatkan penyerapan asam amino di otot menjadi lebih besar. Untuk menambah asupan protein anda juga bisa coba menu makanan yang boleh dimakan saat diet karbo yang banyak mengandung protein seperti ikan dan daging.

Karbohidrat juga diperlukan setelah latihan sepanjang hari. Karena tubuh membutuhkan energi untuk pemulihan dan aktifitas selanjutnya maka kita harus menjaga cadangan karbohidrat tetap ada dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak mengambil protein dalam otot untuk diubah menjadi energi yang dapat mengurangi massa otot.

3. Menjaga asupan kalori

Tubuh tidak akan membentuk otot baru jika kita kekurangan kalori. Membangun atau membentuk otot badan yang efektif adalah dengan tetap mempertahankan berat badan. Orang yang mengkonsumsi kalori tinggi yang kaya akan protein akan menyimpan 45% kalorinya dalam bentuk otot.


Sebaliknya jika orang yang kekurangan protein atau diet protein dengan kalori yang sama akan menyimpan 95% cadangan kalorinya dalam bentuk lemak. Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Anggapan bahwa makan setelah olahraga akan membuat gemuk itu ternyata tidak sepenuhnya benar bukan? Jadi jangan khawatir selama konsumsi makanan anda tidak berlebihan.

4. Istirahat yang cukup dan teratur

Setelah berolahraga keras seharian tentu tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat agar dapat memulihkan diri. Selain itu proses pembentukan otot juga diketahui terjadi saat kita istirahat atau tidur. Otot memerlukan waktu 8 jam per malam untuk pemulihan.

Dan selama tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon untuk mengembangkan otot dan juga hormon kortisol pengendali stress. Ada beberapa ciri massa otot meningkat loh, yang bisa dilihat dari metabolisme yang meningkat dan menghilangnya tumpukan lemak.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips