5 Manfaat Pull Up Terbaik Bagi Tubuh

Pull up adalah olahraga dengan gerakan menggantungkan badan pada tiang dengan bertumpu pada tangan. Latihan pull up cukup sederhana hanya membutuhkan bar atau biasanya orang-orang menggunakan palang pintu atau ventilasi pintu sebagai alat.

ads

Manfaat pull up sendiri sangat baik bagi tubuh kita apalagi jika anda ingin membentuk tubuh pada bagian atas. Pull up adalah salah satu jenis olahraga calisthenic, yakni olahraga yang menggunakan berat badan sebagai bebannya. Latihan ini merupakan cara membentuk otot badan dengan cepat.

Gerakan pull up memang terlihat sederhana namun tidak semua orang dapat melakukannya. Dengan bertumpu pada tangan tubuh ditarik ke atas hingga dagu sejajar bar atau palang dan akan lebih baik jika melebihi tinggi palang.

Mari kita simak apa saja manfaat pull up bagi tubuh kita, dan kenapa olahraga ini sering direkomendasikan.

1. Membentuk tubuh bagian atas

Olahraga ini memang banyak terkonsentrasi pada tubuh bagian atas termasuk lengan. Nah latihan ini sangat baik untuk melatih kekuatan serta membentuk otot pada bagian punggung, pundak, bahu, otot dada serta otot sayap. Latihan ini juga dapat menjadi salah satu cara menguatkan otot pinggang.

2. Menghilangkan lemak

Dengan latihan pull up secara rutin maka tubuh akan membakar kalori lebih besar setiap harinya sehingga akan berdampak pada berkurangnya lemak dalam tubuh. Selain itu jika and ingin melakukan diet tidak ada salahnya mengkombinasikan dengan menu diet mayo ala Indonesia.

3. Menjaga kesehatan jantung

Dengan melakukan latihan pull up secara rutin maka dapat membantu memacu kerja jantung. Ketika tubuh melakukan banyak aktivitas jantung akan berdetak dengan cepat.

Hal ini merupakan stimulus yang baik agar jantung kita tetap sehat. Gerakan pada pull up juga ternyata dapat merangsang otot lain untuk bekerja termasuk otot jantung.

4. Melatih keseimbangan tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya latihan pull up terlihat sederhana. Namun jika dijalani memang tidak semudah kelihatannya. Latihan ini dapat membantu tubuh melatih keseimbangan. Koordinasi antar organ tubuh serta otot-otot pada tubuh ketika melakukan aktivitas pull up inilah yang menjadi manfaat pull up utama.

5. Melatih kekuatan tangan (genggaman tangan)

Latihan pull up juga akan terkonsentrasi pada kekuatan tangan kita menahan beban serta melatih kekuatan genggaman tangan.


Untuk menahan dan menopang beban tubuh maka tangan akan secara bertahan meningkat kekuatannya. Jari-jari tangan yang bertugas untuk menahan tubuh agar stabil pada tiang atau bar juga akan terlatih menjadi lebih kuat.

Nah begitu banyak bukan manfaat dari pull up sendiri bagi tubuh. Dari keseluruhan manfaat latihan tersebut yang akan menjadi tujuan utama pull up adalah tercapainya inti kekuatan tubuh serta memperbaiki postur tubuh.

Secara tidak langsung gerakan koordinatif dalam menjaga keseimbangan tubuh akan menstimulus tubuh sesuai dengan posturnya karena jika tidak tubuh atau otot dalam hal ini akan mengalami cedera.

Jika anda ingin melakukan diet melakukan kombinasi dengan olahraga ini bisa menjadi solusi. Selain itu anda juga harus mempelajari dan waspada terhadap efek samping diet paleo serta diet lain yang jika tidak dikonsultasikan dengan tenaga medis dapat berbahaya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips