Makan Setelah Olahraga Akan Membuat Gemuk? Ini Fakta Logisnya!

Makan Setelah Olahraga Akan Membuat GemukBanyak orang melakukan manfaat olahraga pagi hari misalnya dengan melakukan jogging atau sekedar jalan santai dan lari pagi. Namun, setelah itu mereka akan langsung membeli makan di tempat jajanan yang bertujuan sebagai penghilang rasa lapar. Misalnya saja di acara car free day, banyak orang yang akan melakukan hal tersebut setelah berolahraga.

ads

Namun apakah sudah tepat langkah yang diambil? Apakah benar bahwa makan setelah olahraga akan membuat gemuk? Sebagian besar orang berpikir bahwa makan setelah olahraga adalah hal yang sia-sia padahal sebenarnya hal tersebut bukanlah masalah yang besar, lho. Ada beberapa alasan mengapa makan setelah olahraga tidak akan sia-sia dan tidak akan membuat Anda menjadi gemuk. Alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai Pengganti Energi yang Hilang

Tubuh Anda jelas membutuhkan asupan manfaat makanan sehat sebagai pengganti energi yang sudah terkuras selama berolahraga sebelumnya. Dengan kata lain, ketika Anda berolahraga cadangan lemak yang terpakai digunakan sebagai bahan energi sehingga olahraga yang Anda lakukan tidak akan sia-sia meski Anda makan setelahnya. Prinsipnya, apa yang Anda makan setelah berolahraga akan mengganti makanan yang sudah terpakai sebagai energi selama berolahraga.

  1. Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Makanan Sel dan Jaringan Tubuh

Perlu diketahui bahwa makanan yang akan Anda santap setelah berolahraga tidak akan langsung berubah menjadi cadangan lemak. Hal itu disebabkan cadangan lemak sebelumnya sudah terbakar habis saat berolahraga. Suatu makanan berubah menjadi lemak bila kebutuhan makanan sel dan jaringan tubuh Anda sudah terpenuhi. Atau dengan kata lain, lemak tubuh adalah ketika ada sisa makanan yang tidak terpakai menjadi energi sehingga disimpan sebagai lemak.

Namun, bila kondisinya Anda baru saja selesai berolahraga, maka dapat dikatakan bahwa kebutuhan sel dan jaringan tubuh Anda tidak terpenuhi karena sudah terkuras habis sebelumnya sehingga makanan yang dimakan setelahnya tidak akan berubah menjadi cadangan lemak, sehingga asumsi bahwa makan setelah olahraga akan membuat gemuk itu tidak akan terjadi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memilih makanan sehat untuk diet kolesterol untuk dikonsumsi setelah berolahraga agar mengurangi asupan lemak yang masuk ke tubuh.

  1. Sebagai Pemulih Otot dalam Beraktivitas

Otot-otot Anda setelah berolahraga pun memerlukan energi, lho. Oleh karena itu, jikalau makan setelah berolahraga menjadi gemuk itu tidak akan terjadi. Hal itu disebabkan oleh “sibuknya” otot Anda untuk memulihkan diri dengan makanan pengganti setelah bekerja keras. Makanan yang dikonsumsi setelah olahraga itu dapat memulihkan otot Anda terlebih dahulu sehingga mampu melanjutkan aktivitas harian Anda.

Jadi, tidak perlu merasa bersalah atau khawatir jikalau Anda akan gemuk bila makan setelah berolahraga karena makanan yang Anda makan langsung digunakan otot sebagai sumber energi. Bagi Anda yang ingin makan setelah berolahraga, tidak ada salahnya mengkonsumsi sumber karbohidrat untuk diet agar pemulihan energi tubuh terjadi lebih cepat.

Konsumsi juga daftar makanan rendah lemak dan hindari segala makanan yang dilarang saat diet. Menambah sedikit karbohidrat dan makanan yang tinggi protein juga pas untuk Anda yang ingin makan setelah berolahraga.

Berdasarkan atas alasan-alasan tersebut di atas, Anda juga harus memperhatikan syarat-syarat agar makanan yang Anda santap setelah berolahraga benar-benar dapat memenuhi alasan-alasan di atas. Apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi?


  • Ambil Jeda Terlebih Dahulu

Olahraga jelas menguras fisik karena sebagian besar energi Anda akan terkuras ketika melakukan aktivitas tersebut. Untuk mengatasinya, tubuh Anda pun menjadi lebih cepat lapar dan haus setelah selesai melakukannya. Oleh karena itulah, dengan makan dan minum, rasa lapar dan haus Anda akan cepat teratasi.

Namun, berilah jeda hingga satu jam lebih setelah selesai berolahraga. Barulah setelah itu Anda bisa mulai mengkonsumsi makanan.

Jeda waktu tersebut merupakan waktu paling ideal untuk makan setelah selesai berolahraga. Alasannya, adalah saluran pencernaan manusia tidak ikut berkontraksi ketika berolahraga seperti organ-organ lain yakni jantung, otot dan paru-paru. Jadi, bila Anda makan sebelum satu jam jeda maka usus tidak akan bergerak dan tinggal menyerap sarinya saja.

Namun bila sudah satu jam, maka usus dapat bergerak normal kembali untuk mencerna makanan yang masuk. Saat Anda melakukan olahraga untuk diet sehat yang ringan pun meski merasa tidak terlalu menguras energi Anda, namun tetap jeda waktu tersebut berlaku.

  • Lihat Kandungan Makanan yang Dimakan

Tak ada salahnya makan setelah berolahraga, namun tentu saja Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis makanan apa saja yang harus Anda makan. Bila salah memilih makanan, hal itu dapat membuat olahraga Anda menjadi sia-sia. Jangan karena perut Anda sudah merasa sangat lapar, Anda bisa makan apa saja secara sembarangan dan dalam porsi yang langsung banyak.

Anda tetap harus mengatur serta memilih makanan sehat untuk diet bagi Anda yang menjalankannya. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang dianjurkan saat diet dengan nutrisi yang cukup dan seimbang antara protein, karbohidrat dan lemak.

Namun, hindarilah makanan-makanan berlemak tinggi serta makanan kategori berat setelah Anda berolahraga, agar perut Anda tidak menjadi “kaget”. Konsumsi makanan diet rendah kalori, dan Anda juga harus memilih makanan yang lebih ringan yang dapat mengganti energi Anda yang hilang.

  • Konsumsi Buah dan Sayur

Makanan yang bisa dikonsumsi tepat setelah selesai berolahraga adalah buah-buahan dan sayur-sayuran untuk diet. Mengkonsumsi buah untuk diet sangatlah berguna karena buah memiliki kandungan gula alami yang baik bagi tubuh. Sedangkan sayur-sayuran seperti salad sayur untuk diet ataupun gado-gado juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Setelah itu, barulah dengan jeda waktu 30 menit hingga satu jam Anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang lebih berat seperti nasi dan lauk pauk.

  • Lihat Porsi Makan

Sehabis olahraga, hindarilah memakan makanan secara berlebihan. Kontrollah porsi makan Anda agar tetap wajar. Mau seenak apapun makanan Anda, makanlah secukupnya. Bila lebih dari batas kewajaran, tubuh Anda akan merasa tidak nyaman bahkan mungkin akan terasa mual.

Jadi, bukannya segar setelah berolahraga malah sebaliknya menjadi menjadi lemas dan tidak semangat untuk beraktivitas. Hindari juga makanan yang berat – berat setelah berolahraga, Anda dapat mengkonsumsi sayuran pengganti nasi agar asupan karbohidrat tidak terlalu berlebih dan imbangi dengan makanan yang mengandung protein.

  • Perhatikan Asupan Cairan

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang menghilangkan banyak cairan dalam tubuh, sehingga minum sehabis berolahraga sangatlah penting demi asupan cairan yang cukup. Minumlah air putih yang sehat menyehatkan sehingga membuat tubuh Anda dapat segar dan terhidrasi kembali.

Hindari kopi, minuman ringan atau minuman beralkohol setelah berolahraga. Intinya, konsumsilah makanan kaya vitamin dan nutrisi setelah berolaraga seperti khasiat infused water untuk diet untuk memulihkan tubuh Anda, meningkatkan metabolisme, mempertahankan massa otot Anda serta meningkatkan kebugaran.

  • Jangan Mengkonsumsi Protein Berlebih

Banyak orang beranggapan bahwa mengkonsumsi karbohidrat berlebih dapat menyebabkan obesitas padahal yang sebenarnya adalah banyaknya jumlah makronutrien-lah yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan seseorang. Seperti diketahui bahwa jumlah protein yang dapat diterima tubuh tidak lebih dari 65 gram per-hari.

Oleh karena itu untuk memaksimalkan protein yang dimakan setiap harinya, Anda dapat membaginya dalam beberapa waktu untuk seharian. Jika Anda sedang melakukan diet, tidak ada salahnya untuk mengimbangi asupan nutrisi yang dimakan, tidak hanya protein saja, namun sedikit karbohidrat, dan lemak. Namun tidak lupa untuk mengurangi jumlah kalorinya, dan hindari makanan yang digoreng.

Demikianlah beberapa alasan apakah makan setelah olahraga akan membuat gemuk atau tidak, begitu juga dengan syarat-syarat apa saja yang tepat untuk dipenuhi agar Anda tidak berolahraga dengan sia-sia.

Kesimpulannya, bukanlah waktu makan setelah olahraga yang akan membuat Anda gemuk, namun pemilihan jenis makanan apa yang Anda konsumsi setelah aktivitas itulah yang menjadi alasan kuat olahraga dapat membuat Anda bertambah gemuk. Bagi Anda yang ragu-ragu akan hal tersebut dan menganggap bahwa makan setelah olahraga benar-benar dapat menaikkan berat badan, sebaiknya Anda menyimak tulisan ini dengan seksama!

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet