14 Sumber Karbohidrat Untuk Diet yang Sehat dan Wajib Diketahui

Sumber Karbohidrat Untuk DietKarbohidrat menjadi salah satu zat gizi yang dibutuhkan tubuh agar bisa memperoleh energi dan melakukan aktivitas dengan cara membakar karbohidrat yang terdapat di dalam makanan. Asupan karbohidrat ini juga sangat penting dalam menu diet dengan cara memilih sumber karbohidrat terbaik agar diet yang sedang kamu jalani bisa maksimal.

ads

Karbohidrat yang juga mengandung serat tinggi yang sering disebut dengan karbohidrat kompleks bisa tersimpan di dalam tubuh lebih lama karena lebih sulit dicerna tubuh sehingga sangat baik jika kamu memilih karbohidrat kompleks untuk menu diet kamu. Karbohidrat yang juga mengandung serat ini sekaligus akan membantu penurunan kadar kolesterol sebab serat akan bertugas mengikat kolesterol darah yang nantinya akan dibuang bersama dengan feses. Agar kamu tidak salah memilih sumber karbohidrat yang baik, berikut ini akan kami berikan beberapa sumber makanan karbohidrat untuk diet yang paling tepat untuk mendukung program diet kamu.

Artikel terkait:

Sumber Karbohidrat Untuk Diet

1. Kentang

KentangKentang menjadi sumber karbohidrat pertama yang sangat baik untuk kamu konsumsi. Mungkin, kamu sering menyantap kentang sebagai lauk teman makan nasi. Namun sebenarnya, kentang juga dapat kamu jadikan makanan utama sebagai pengganti nasi. Dalam kentang mengandung pati resisten atau pati yang tidak bisa dicerna sehingga proses penurunan berat badan bisa lebih cepat.

Akan lebih baik jika kamu menyantap kentang tanpa mengupas kulitnya, sebab dalam kulit kentang menjadi sumber serat tinggi yang sangat bermanfaat untuk tubuh kamu serta mengandung vitamin C dan kalium tinggi. Untuk mengolah kentang, hindari untuk memasaknya dengan cara goreng karena asupan lemak akan bertambah dari minyak yang digunakan dan akan menghambat penurunan berat badan kamu. Masak kentang tersebut dengan cara kukus atau rebus yang jauh lebih menyehatkan.

2. Beras Merah

Seperti halnya kentang, dalam beras merah juga mengandung serat yang tinggi bahkan lebih tinggi dari beras putih. Apabila kamu harus selalu mengkonsumsi nasi setiap hari, maka gunakan beras merah ini untuk menu program diet. Tidak hanya membantu proses penurunan berat badan, namun beras merah menjadi makanan baik untuk penderita diabetes sebab kandungan serat tinggi dalam beras merah akan mengendalikan kadar gula dalam darah kamu.

3. Pasta Gandum

Dibandingkan kamu mengkonsumsi pasta putih, akan lebih baik jika menggantinya dengan pasta gandum yang mempunyai kandungan serat jauh lebih tinggi sampai 3 kali lebih banyak dari pasta biasa. Kandungan serat dalam pasta gandum ini akan membuat kamu kenyang lebih lama sehingga secara otomatis akan mengurangi porsi makan kamu sekaligus menurunkan berat badan lebih cepat. Pasta gandum ini juga bisa kamu kreasikan menjadi berbagai jenis makanan lezat sesuai dengan selera kamu.

4. Roti Gandum

Roti GandumSumber Karbohidrat Untuk Diet selanjutnya adalah roti gandum. Sama seperti pasta gandum, roti yang terbuat dari bahan dasar gandum dan bukan tepung terigu ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi dibandingkan dengan roti putih.

Roti gandum ini menjadi salah satu rekomendasi asupan karbohidrat sehat untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Dalam 100 gram roti gandum setidaknya mengandung serat sebanyak 7 gram, sementara pada 100 gram roti putih hanya mengandung serat sebanyak 2.6 gram saja.

Artikel terkait:

5. Oatmeal

Oatmeal memang sudah dikenal sejak lama sebagai sumber karbohidrat baik untuk menu makanan diet. Serat dalam oatmeal ini akan membuat kamu kenyang lebih lama sekaligus menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga mengendalikan kadar gula dalam darah kamu. Hal yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi oatmeal ini adalah jangan menambahkan dengan bahan yang memiliki lemak, gula atau karbohidrat tinggi lainnya. Akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi oatmeal dengan madu atau buah-buahan.


7. Quinoa

QuinoaUntuk masyarakat Indonesia mungkin masih agak asing dengan sumber karbohidrat bernama Quinoa ini. Akan tetapi dalam Quinoa memiliki kandungan nutrisi tinggi yang sangat bermanfaat untuk tubuh khususnya kamu yang sedang menjalani program diet.

Selain itu, Quinoa juga mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis biji bijian lainnya dan tentunya menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik untuk di konsumsi. Quinoa ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai supermarket yang tersedia dalam kemasan dan bisa langsung kamu masak.

7. Aneka Jenis Buah

Aneka Jenis BuahBuah tidak hanya menjadi sumber vitamin, serat dan air yang tinggi, namun juga menjadi sumber karbohidrat baik dalam program diet. Dalam buah mengandung gula alami yang nantinya akan diubah menjadi energi saat berada dalam tubuh.

Konsumsi buah yang mengandung serat tinggi sehingga kamu juga bisa merasa kenyang lebih lama hanya dengan mengkonsumsi buah buahan. seperti contohnya pisang, apel, pir dan raspberry yang banyak mengandung vitamin C, kalium dan mineral penting. Kamu juga bisa mencampur aneka buah ini dalam yogurt, salad atau oatmeal agar menu diet kamu lebih sempurna.

Artikel terkait:

8. Aneka Jenis Kacang

Aneka Jenis KacangSumber Karbohidrat Untuk Diet selanjutnya adalah beberapa jenis kacang. Beberapa jenis kacang juga menjadi sumber karbohidrat kompleks yang bisa kamu santap saat sedang menjalankan program diet. Beberapa jenis kacang tinggi karbohidrat kompleks diantaranya adalah kacang merah, kedelai, buncis dan kacang polong.

Tidak hanya mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup, namun kamu juga akan merasa kenyang lebih lama hanya dengan mengkonsumsi beberapa jenis kacang ini. Beberapa kandungan lain yang terdapat dalam kacang dan sangat baik untuk mendukung program diet kamu diantaranya adalah serat, vitamin, protein dan folic acid.

9. Aneka Jenis Sayuran

Aneka Jenis SayuranDalam sayur mengandung beberapa jenis zat penting yang sangat baik untuk tubuh seperti contohnya protein, serat, mineral, zat besi, potasium dan juga karbohidrat. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi banyak sayuran tidak hanya saat menjalankan program diet namun untuk semua orang.

Sementara kandungan lemak yang terdapat di dalam sayur merupakan lemak rendah kalori yang tidak akan membuat berat badan kamu bertambah. Beberapa jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi diantaranya adalah selada, brokoli, bayam, wortel dan juga lobak. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mencoba Cara Diet Dengan Sayuran.

10. Ubi

UbiUbi yang sering dianggap sebagai makanan merakyat ini ternyata juga menjadi sumber karbohidrat sehat yang tidak akan membuat berat badan kamu bertambah dan cocok dijadikan menu utama pengganti nasi.

Dengan mengkonsumsi ubi, kamu juga mendapatkan keutungan lainnya yakni kadar gula dalam darah bisa tetap terjaga dengan baik sebab proses memasaknya memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan sumber karbohirat lainnya. Dalam ubi juga mengandung vitamin C serta potasium yang juga dibutuhkan tubuh dan untuk mengolah ubi lebih baik dikukus yang jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan menggorengnya.

Artikel terkait:

11. Kismis

Kismis atau buah anggur yang sudah dikeringkan ternyata juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang baik untuk kamu konsumsi. Sedangkan kandungan serat yang ada dalam kismis juga akan bertindak sebagai pengikat kolesterol dalam tubuh penyebab berat badan berlebih. Selain itu, kismis sangat baik dikonsumsi oleh kamu yang menjalani diet vegetarian atau penderita anemia. Konsumsi kismis ini sebagai camilan penunda lapar atau bisa dicampur dengan makanan lainnya sebagai salah satu menu diet kamu.

12. Bit

Buah bit yang terlihat sangat segar dengan warna merah, ungu tua atau pink ini juga menjadi sumber karbohidrat tinggi yang baik di konsumsi saat kamu menjalankan program diet. Selain itu, bit juga mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa melawan berbagai radikal bebas yang berasal dari polusi di samping menurunkan berat badan kamu dengan maksimal. Buah bit ini bisa kamu olah dengan cara di potong-potong atau pun dihaluskan menjadi seperti jus untuk dijadikan saus atau campuran bahan makanan lainnya.

13. Buncis

BuncisSaat kamu ingin menyantap salad atau ingin membuat tumisan sebagai menu diet, akan lebih baik jika kamu memilih buncis sebagai salah satu sayuran utamanya. Dalam buncis mengandung folat, serat, mangan dan juga karbohidrat yang sangat penting dalam program diet dan juga mendukung kesehatan tulang serta pertumbuhan sel baru.

Buncis juga mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama. Selain sehat, buncis menjadi jenis sayuran yang mudah di dapat dan harganya terjangkau sehingga bisa kamu konsumsi setiap hari.

14. Buah Pisang

Buah PisangBuah pisang terkenal dengan kandungan kalium yang sangat tinggi sekaligus tinggi akan karbohidrat. Dalam satu buah pisang berukuran sedang setidaknya mengandung 27 gram karbohidrat yang sangat baik kamu konsumsi untuk camilan penunda lapar di tengah-tengah jam makan kamu.

Dengan mengkonsumsi pisang ini, kamu juga merasa kenyang lebih lama sehingga sangat mendukung program diet kamu. Kamu bisa membawa pisang kemana pun sebagai pengganjal lapar yang sehat.

Artikel terkait:

Beberapa sumber karbohidrat untuk diet yang sudah kami sampaikan merupakan pilihan terbaik yang bisa kamu konsumsi saat menjalani program diet untuk mengganti nasi putih yang tidak sehat. Gunakan beberapa sumber karbohidrat ini mulai sekarang dan kreasikan cara memasaknya agar kamu tidak bosan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan