Pengertian Karbohidrat Sederhana dan Juga Jenisnya Yang Wajib Kamu Tahu

Pengertian Karbohidrat SederhanaKarbohidrat merupakan suatu zat yang terbentuk dari molekul karbon, hidrogen dan oksigen dan berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh manusia. Senyawa atau zat Karbohidrat berdasarkan dari jumlah molekulnya tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu karbohidrat sederhana dan juga karbohidrat  kompleks.

ads

Pengertian karbohidrat sederhana adalah senyawa atau zat karbohidrat yang terbentuk hanya dari satu atau dua molekul gula saja. Sedangkan karbohidrat kompleks sendiri merupakan senyawa atau zat  karbohidrat yang terbentuk dari hampir sekitar 20.000 unit molekul karbohidrat sederhana.

Berdasarkan Jumlah molekulnya juga karbohidrat sederhana juga dapat digolonkan menjadi 2 jenis, yaitu Monosakarida dan juga Diasakarida. Berikut adalah penjelasan mengenai Monosakarida dan juga Diasakarida serta beberapa contoh makanan karbo simplex atau karbohidrat sederhana dari jenis-jenis karbohidrat sederhana tersebut.

  1. Monosakarida

Monosakarida adalah jenis senyawa atau zat karbohidrat sederhana yang hanya terdiri dari satu molekul  gula saja. Karbohidrat sederhana jenis Monosakarida ini sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu Glukosa, Fruktosa, dan Galaktosa

  • Glukosa

Glukosa merupakan salah satu jenis karbohidrat sederhana Monosakarida yang juga dikenal dengan nama gula darah atau gula anggur. Glukosa ini ini merupakan salah satu zat utama gula darah yang menyusun 0,065-0,11% darah dalam tubuh manusia.

Dalam proses metabolisme di salam tubuh manusia, glukosa merupakan jenis karbohidrat yang beredar di dalam sel tubuh sebagai sumber energi. Glukosa biasanya ditemukan pada berbagai jenis makanan seperti nasi dan juga beberapa jenis buah-buahan dan juga beberapa jenis sayur-sayuran.

  • Fruktosa

Fruktosa merupakan karbohidrat sederhana monosakarida yang sering di sebut gula buah dan banyak terdapat pada  madu dan buah-buahan bersama glukosa. Fruktosa merupakan salah satu jenis gula yang paling manis.

  • Galaktosa

Galaktosa merupakan salah satu bentuk dari karbohidrat sederhana monosakarida yang merupakan pembentuk laktosa, yaitu gula yang terdapat pada susu. Jika dibandingkan dengan glukosa dan fruktosa, Galaktosa ini memiliki rasa yang kurang manis.

  1. Disakarida

Disakarida merupakan jenis karbohidrat sederhana yang mempunyai 2 molekul gula atau dengan kata lain ialah gabungan dari 2 molekul monosakarida. Disakarida ini juga merupakan salah satu jenis karbohidrat sederhana yang paling banyak dikonsumsi oleh manusia sehari-hari.

Karobohidrat sederhana Disakarida ini juga dapat digolongkan menjadi 3 jenis yaitu Sukrosa, Maltosa dan juga Laktosa.


  • Sukrosa

Sukrosa merupakan salah satu jenis karbohidrat sederhana Disakarida yang terbentuk dari glokosa dan fruktosa yang akan terlihat terpecah ketika proses pencernaan. Sukrosa biasa juga disebut gula tebu dan banyak  ditemukan pada gula pasir, gula merah, dan juga beberapa jenis buah dan tumbuh-tumbuhan

  • Maltosa

Maltosa merupakan jenis karbohidrat yang terbuntuk dari gabungan dua buah molekul glukosa, dan Glukosa bisa ditemukan dalam biji berkecambah seperti gandum. Maltosa juga sering digunakan dalam pembuatan bir, minuman ringan dan juga makanan

  • Laktosa

Laktosa adalah henis kerboidrat Disakarida ang terbentuk dari glukosa dan galaktosa dan zat ini hanya terdapat pada susu.


Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian karbohidrat sederhana dan juga beberapa jenis dan contoh makanan dengan kerbohidrat sederhana.

Namun dikearenakan karbohidrat sederhana ini bisa mengakibatkan peningkatan kadar gula darah yang tidak baik bagi tubuh, sebaiknya tidak mengkonsumsinya berlebihan. Para ahli gizi juga menyarankan untuk sebaiknya mengkonsumsi Makanan rendah kalori dan karbohidrat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain itu juga saat ini juga ada program diet kabohidrat yang dicap sebagai salah satu cara diet yang baik  untuk mengatur kadar karbohidrat yang masuk ke tubuh. Cara diet karbohidrat ini adalah dengan mengurangi makanan yang tinggi karbohidrat dan menggantinya dengan makanan lain untuk menjadi sumber karbohidrat untuk diet yang lebih menyehatkan.

Semoga artikel ini bisa bermanfat dan menambah wawasam, terutama tentang karbohidrat. Terimakasih juga sudah membaca dan share artikel ini.

, , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet