22 Efek Samping Diet Yang Berlebihan yang Mengancam Jiwa

Efek Samping Diet Yang BerlebihanMendapati berat badan yang semakin bertambah setiap waktu terkadang menyebabkan sebagian orang stress. Akan tetapi, ada pula beberapa orang yang biasa saja ketika mengetahui berat badannya bertambah.

ads

Bagi sebagian orang yang langsung panik bahkan stress mengakibatkan seseorang melakukan berbagai macam cara untuk diet. Beberapa orang menggunakan jus untuk diet pagi hari sebagai menu sarapan, akan tetapi ada juga yang melakukan cara diet ekstrimyang dilakukan tanpa olahraga.

Beberapa cara diet tersebut bisa dilakukan tidak hanya untuk menurunkan berat badan, melainkan juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Melakukan gerakan senam untuk menurunkan berat badan juga bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan. Akan tetapi, sangat disayangkan jika seseorang melakukan diet ekstrim hanya untuk segera mendapatkan berat badan yang semakin menurun.

Selain itu, macam-macam diet yang salah juga terkadang dilakukan oleh sebagian kecil orang merasa bahwa tubuhnya belum proporsional dan ideal, sedangkan menurut perhitungan dokter berat badan yang dimiliki telah mencapai tingkat ideal.

Hal tersebut akan menimbulkan efek samping diet yang berlebihan. Sebab diet yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping diet yang berlebihan seperti timbulnya penyakit lain, badan yang terlalu kurus dan lain sebagainya.

Diet yang berlebihan biasanya dilakukan seperti melakukan cara diet keto yang tidak sesuai aturan, atau membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Untuk lebih mengetahui efek samping diet yang berlebihan, bisa menyimak tulisan berikut ini :

1. Timbulnya penyakit

Alasan orang melakukan diet setidaknya untuk menjaga kesehatan serta menurunkan berat badan. Akan tetapi jika diet yang dilakukan berlebihan akan menyebabkan timbulnya penyakit lain. Jika tidak ingin efek samping diet yang berlebihan ini menghinggapi tubuh, sebaiknya lakukan cara diet yang baik sesuai dengan aturan yang benar.

2. Kelelahan serta perubahan mood

Efek samping diet yang berlebihan dengan sangat membatasi pasokan kalori maupun gula ke dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh cepat lelah. Karena tubuh mendapatkan lebih sedikit makanan untuk pembakaran menjadi energi. Selain itu, kurangnya pasoka gula juga dapat menyebabkan mood sering berubah serta menambah nafsu makan untuk mengkonsumsi makanan yang lebih dari biasanya.

3. Melambatnya metabolisme tubuh

Kurangnya khasiat kentang rebus untuk diet yang memiliki kalori akan mengakibatkan tubuh juga kekurangan energi. Sehingga akan berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh yang akan melambat. Sebab pasokan energi didalam tubuh lebih sedikit serta dapat menyebabkan otot mengendur.


4. Dehidrasi

Proses pembakaran lemak didalam tubuh sangat membutuhkan cairan yang lebih. Jika cairan yang ada didalam tubuh berkurang, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Efek samping diet yang berlebihan seperti ini harus dihindari dengan mengkonsumsi daftar menu diet sehat dan murah seperti buah-buahan yang mengandung banyak air seperti khasiat pepaya untuk diet.

5. Malnutrisi

Mengganti menu makan dengan salad sayur untuk diet serta beberapa buah-buahan mungkin akan menjadikan tubuh dapat menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh dalam membentuk energi.

Jika membatasi karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, akan menyebabkan kurangnya gizi serta nutrisi yang harus dipenuhi. Hal ini akan menimbulkan efek samping diet berlebihan seperti malnutrisi yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh.

6. Otak mengalami penurunan fungsi

Tubuh akan memproduksi asam lemak yang akan memicu sinyal lapar di otak. Sinyal yang terangsang dari asam lemak tersebut akan memberikan dorongan kepada seseorang untuk makan. Jika nutrisi serta energi yang masuk kedalam tubuh sangat sedikit, bisa menjadikan sel-sel otak memakan dirinya sendiri sebagai sumber energi terakhir.


Selain itu, otak juga akan mengalami penurunan fungsi seperti medapati masalah pada memori dan konsentrasi. Untuk menghindari efek samping diet berlebihan seperti ini hendaknya lakukan diet secara bijak, agar tubuh tetap bisa sehat.

Itulah beberapa efek samping diet yang berlebihan yang akan berdampak negatif pada anggota tubuh lainnya. Selain itu, ditemukan pula beberapa efek samping diet yang berlebihan lainnya yaitu :

  1. Batu empedu
  2. Pencernaan berubah
  3. Kestabilan pada kesuburan janin terganggu
  4. Gusi Berdarah
  5. Menghambat proses penyembuhan luka
  6. Turunnya sistem imun
  7. Menghambat pembangunan otot
  8. Menyebabkan massa otot berkurang
  9. Tulang melemah
  10. Penuanaan dini
  11. Kulit kering
  12. Selulit di bagian-bagian tubuh tertentu
  13. Rambut rontok
  14. Berat badan naik dua kali lipat
  15. Mual, pusing, sakit perut dan lelah
  16. Berpengaruh pada psikis

Itulah beberapa efek samping diet yang berlebihan yang dapat diulas pada tulisan kali ini, semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet