13 Daftar Sayuran Pengganti Nasi yang Mudah Didapat

sayuran pengganti nasiPada dasarnya nasi memang merupakan makanan pokok penduduk Indonesia, namun nasi mengandung karbohidrat dan juga kalori yang tinggi yang dapat menjadi penyebab obesitas. Tidak hanya obesitas, bahkan kebanyakan mengkonsumsi nasi juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit berbahaya lainnya, seperti diabetes atau gula darah tinggi.

ads

Oleh karena itu, pada pelaku diet rendah lemak atau cara diet cepat kurus, dianjurkan untuk mengganti asupan nasi dengan sumber lainnya, seperti pada sayur – sayuran atau buah – buahan. Karena pada sayur – sayuran atau buah – buahan memiliki kandungan karbohidrat dan juga kalori yang tidak terlalu tinggi sehingga sangat cocok bagi para pelaku cara diet ampuh.

Nasi ini memang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi namun rendah kandungan serat serta protein. Secangkir nasi saja yang telah dimasak, memiliki kandungan 250 kalori, 53 gram karbohidrat dan hanya mengandung 4 gram protein serta hampir tidak memiliki serat di dalamnya. Hal ini tentunya kurang tepat dijadikan sebagai menu sehari – hari dalam cara diet alami dan cara diet cepat.

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa pada orang dewasa sebaiknya tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi terlalu banyak, terkecuali jika pekerjaan orang tersebut mengandalkan aktifitas fisik yang berat seperti kuli. Para peneliti, juga lebih menyarankan para orang dewasa mengkonsumsi sayuran lebih banyak sebagai pengganti nasi, hal ini karena sayuran mengandung serat yang tinggi yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini sangatlah sesuai bagi orang yang sedang menjalankan cara mengurangi berat badan dengan cepat.

Sayuran pengganti nasi

Oleh karena itu, disini ada beberapa daftar sayuran pengganti nasi, yang dapat Anda jadikan sebagai menu pengganti nasi. Dan berikut beberapa daftar sayuran pengganti nasi yang dapat Anda jadikan sebagai makanan sehat untuk diet :

      1. Wortel

Wortel dengan kandungan serat nya serta beta karoten dan vitamin A yang mana sangat baik untuk dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Karena selain rendah kalori dan karbohidrat. Sayuran wortel ini kaya akan nutrisi dan serat nya, sehingga mampu menahan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, wortel juga sangat baik dalam upaya menurunkan berat badan sehingga sangat cocok bagi cara diet yang baik dan cara diet yang benar.

      2. Tomat

Sayuran pengganti nasi berikutnya yaitu tomat, tomat ini mengandung kaya akan gizi nutrisi serta serat yang mana sangat baik bagi kesehatan Anda. Serta memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi pula yang mampu mencegah dari radikal bebas. Selain itu kandungan vitamin C nya juga menjadikan tomat ini sangat baik untuk dikonsumsi sebagai pengganti nasi bagi Anda yang sedang program menurunkan berat badan, karena tomat ini dapat mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.


      3. Kembang kol

Kembang kol ini merupakan sayuran persilangan brokoli, kubis atau sawi. Yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik, sehingga ia masuk ke dalam daftar sayuran pengganti nasi. Kembang kol ini juga memiliki kandungan kalori, karbohidrat serta lemak yang rendah.

Namun ia mempunyai kandungan senyawa glukosinates yang mampu menghalangi pembentukan karsinogen dalam tubuh. Dan membuat tubuh mampu melawan zat kanker. Kembang kol juga memiliki kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan imunitas tubuh, serta sangat baik untuk menurunkan berat badan.

      4. Brokoli

Brokoli telah kita ketahui merupakan sayuran yang kaya akan manfaat. Tidak hanya kaya akan kandungan nutrisi dan gizi nya, namun kandungan kalori serta karbohidrat nya pun rendah sehingga sangat baik dikonsumsi bagi pelaksana diet. Kandungan vitamin C serta serat nya juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, senyawa glukorafanin nya juga mampu mencegah sel kanker.

      5. Buncis

Buncis juga merupakan sayurang yang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Karena kandungan gizi serta nutrisinya yang tinggi. Selain itu, buncis juga memiliki kandungan vitamin A, B, antioksidan, klorofil yang terkandung di dalamnya juga mampu menghambat sel penyebab kanker. Selain itu, dengan mengkonsumsi buncis ini juga mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung serta obesitas atau berat badan berlebih.


      6. Bayam

Banyak yang menjadikan bayam ini sebagai jus sayur untuk diet. Kandungan zat besi serta serat nya yang tinggi membuat bayam ini sangat baik untuk ditambahkan dalam menu diet Anda. Kandungan nutrisi serta vitamin nya yang tinggi juga sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Sehingga tidak heran jika bayam ini dijadikan sebagai sayuran pengganti nasi.

      7. Daun singkong

Daun singkong juga kaya akan kandungan gizi serta seratnya yang sangat baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Selain itu ia juga kaya akan kandungan mineralnya, seperti kalsium, fosfor, dan zat besi.

      8. Daun pepaya

Daun pepaya ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup beragam, diantaranya yaitu, vitamin A, B dan juga C. Serta kandungan karbohidrat nya pun rendah, sehingga sangat cocok bagi para pelaku diet.

      9. Jamur

      10. Paprika

      11. Labu

     12. Asparagus

     13. Daun ubi

Itulah tadi beberapa sayuran pengganti nasi yang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi, sehingga nutrisi yang dibutuhkan saat diet pun tetap terpenuhi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!