7 Manfaat Diet Kentang Sebagai Salah Satu Menu Penurunan Berat Badan

Setiap orang tentu menginginkan dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal baik secara postur maupun berat badan. Memiliki berat badan yang berlebihan bukan hanya akan menjadikan tubuh kurang baik dalam penampilan namun juga dapat menyebabkan resiko permasalahan kesehatan yang cukup tinggi.

ads

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan tidak berlebih, diet dan pola hidup sehat serta berolahraga secara rutin menjadi salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan oleh setiap individu.

Ada banyak bentuk atau metode diet yang dapat dilakukan dan dipilih sesuai dengan kebutuhan maupun minat tertentu. Beberapa jenis diet yang efektif tersebut diantaranya seperti cara diet atkins, diet mayo, diet paleo, diet GM dan lain sebagainya selalu dilakukan dengan mengatur menu dan pola makan.

Diantara beberapa jenis makanan, kentang menjadi salah satu menu yang kerap kali masuk dalam berbagai macam metode diet, Beriku penjelasan mengenai manfaat diet kentang dalam ulasan di bawah ini.

  1. Pengganti karbohidrat

Dalam berbagai jenis diet yang efektif, sehat dan aman, setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh harus tetap tersedia meskipun jumlahnya ditekan seminim mungkin agar berat badan cepat turun salah satunya adalah karbohidrat.

Bagi mereka yang menjalani aktivitas diet dapat memiliki kentang sebagai salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi.

  1. Menjadikan diet lebih efektif

Manfaat lain dari diet kentang adalah membantu dalam menjadikan proses diet lebih efektif dan tidak berhenti ditengah jalan. Konsumsi kentang tetap dapat membantu tubuh untuk merasa kenyang karena adanya sumber karbohidrat sehingga bagi individu yang sedang menjalani aktivitas diet tidak akan merasa sangat tertekan dan terus menerus menahan rasa lapar yang menjadi salah satu penyebab berhentinya diet ditengah jalan dan hilangnya motivasi terkait alasan orang melakukan diet.

  1. Baik untuk diet hipertensi

Salah satu manfaat diet kentang yang paling utama adalah sangat cocok dijadikan sebagai salah satu bentuk diet pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hal ini dikarenakan, konsumsi kentang dapat membantu tubuh dalam menjaga agar tekanan darah selalu dalam kondisi yang normal.

  1. Diet untuk penderita diabetes

Selain hipertensi yang merupakan permasalahan kesehatan paling umum di masyarakat, kentang juga dapat menjadi salah satu makanan diet untuk penderita diabetes atau kondisi tingginya kadar gula dalam darah.

Hal ini dikarenakan kentang banyak mengandung pati resisten yang tidak sepenuhnya dapat diserap oleh tubuh sehingga  tidak akan menjadikan kadar gula darah naik.


  1. Sumber antioksidan

Selain membantu dalam menurunkan berat badan, manfaat lain yang diperoleh dari kentang sebagai menu diet merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mencegah adanya radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas tersebut merupakan penyebab banyak penyakit kronis yang berbahaya.

  1. Baik untuk pencernaan

Hampir setiap jenis diet ketat kerap kali menjadikan resiko besar munculnya permasalahan pada pencernaan. Kondisi permasalahan pada pencernaan tersebut tentu harus dihindari agar efektifitas dan fungsi dari proses diet tetap berjalan dengan baik. Kentang dapat membantu dalam menjaga kondisi kesehatan pencernaan selama menjalani aktivitas diet.

  1. Manfaat lainnya

Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas, ada manfaat lain dari diet kentang yang baik untuk kondisi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat tersebut diantaranya seperti bebes gluten sehingga cocok untuk diet gluten free, menjaga kesehatan sistem saraf dan otak, serta menjaga kesehatan jantung.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat diet kentang yang baik sebagai salah satu menu dalam berbagai macam jenis diet dan juga dapat membantu meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan