Pelajari 7 Cara Sit Up Yang Benar dan Aman

Sit up merupakan olahraga atau latihan fisik yang cocok untuk membentuk otot perut serta termasuk dalam olahraga yang bisa menguruskan badan. Perut yang berlemak dan menggelambir tentu ingin dihindari setiap orang khususnya wanita. Bentuk perut yang ramping, rata, dan bahkan berotot (six pack) sudah menjadi idaman setiap orang sejak dulu.

ads

Sit up sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan loh. Kalau anda tidak memperhatikan betul gerakan sit up yang anda lakukan ujung-ujungnya nanti malah berakhir pada cedera atau kram perut. Alih-alih perut mengecil dan tampak sehat serta ramping yang ada nanti anda malah mengalami salah urat.

Cara Sit Up Yang Benar

Sebelum melakukan sit up, jika anda seorang pemula anda dapat meminta bantuan teman atau orang lain untuk membantu anda melakukan sit up yang benar. Karena sit up yang benar merupakan salah satu cara membentuk otot badan dengan cepat serta cara menguatkan otot pinggang. Untuk lebih jelasnya yuk kita pelajari cara sit up berikut ini, yang aman untuk dilakukan baik oleh pemula maupun orang yang berpengalaman.

1. Tekuk lutut anda serta letakkan tumit anda rata dengan lantai atau alas tempat anda melakukan sit up. Usahakan agar kaki anda rapat

2. Letakkan tangan di depan dada anda secara bersilangan di atas bahu. Atau letakkan di belakang kepala anda, hal ini bertujuan untuk memudahkan anda bertumpu saat mengangkat badan.

Jika anda tidak ingin leher terasa tegang anda juga bisa mencoba untuk menempatkan ujung jari anda menyentuh telinga karena saat anda melakukan gerakan sit up anda akan mengangkat kepala sehingga ada kemungkinan leher akan ikut tertarik.

3. Setelah posisi sudah sesuai, luruskan badan di lantai kemudian secara perlahan angkat atau bangunkan badan anda dari lantai atau alas lalu dekatkan dada ke paha. Usahakan agar kaki tetap menjejak ke lantai atau alas dan saat mengangkat tubuh pastikan bahwa punggung bawah juga ikut terangkat.

4. Setelah dada menyentuh paha, kembali rebahkan tubuh anda secara ke lantai seperti ketika anda mengangkat tubuh agar dada mendekat ke paha.

5. Kembalikan tubuh ke posisi semula lakukan gerakan tersebut secara berulang. Jika anda merasa sudah menemukan ritme yang tepat serta gerakan sudah sempurna anda bisa menambah kecepatan ketika melakukan gerakan sit up.

6. Sesuaikan kecepatan anda melakukan sit up dengan kemampuan atau kekuatan tubuh. Hal ini untuk mengurangi risiko tubuh mengalami cedera.

7. Lakukan aktivitas sit up setidaknya 3 set masing-masing 10-15 kali. Namun jika anda masih pemula cukup lakukan di bawah 10 kali namun konsisten. Sit up cukup dilakukan kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu. Kenali pula ciri massa otot meningkat jika ingin tahu kapan waktunya anda menambah jumlah latihan sit up.

Jika ingin melakukan sit up dan terhindar dari rasa sakit yang berlebihan di area punggung sebaiknya anda menggunakan matras olahraga atau alas yang empuk. Hal ini akan mengurangi risiko tubuh mengalami pegal-pegal karena melakukan gerakan sit up di lantai atau alas yang keras.

Manfaat sit up memang sangat beragam sama dengan manfaat pull up, selain menunjang kesehatan juga dapat memperbaiki postur tubuh dan membentuk otot perut atau mengurangi lemak di perut. Cobalah untuk mulai rutin melakukan cara sit up yang benar di rumah secara rutin agar anda mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan