Ini 10 Manfaat Senam Bagi Tubuh Kita Yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat Senam Bagi TubuhSama seperti olahraga lainnya, senam juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan berlaku baik bagi pria, wanita, dan juga anak-anak. Selain itu salah satu keunggulan senam lainnya ialah salah satu olahrga yang mudah untuk dilakukan kapan saja dan dimana saja.

ads

Namun ada baiknya untuk melakukan senam di pagi hari supaya juga mendapatkan manfaat olahraga pagi hari yang maksimal. Berikut ini adalah manfaat senam bagi tubuh kita yang tentu saja akan maksimal jika dilakukan dengan teratur dan juga diimbangi dengan pola hidup yang sehat :

  1. Mengurangi resiko penyakit yang berbahaya

Salah satu tujuan dari gerakan-gerakan yang dilakukan ketika senam adalah untuk melancarkan peredaran darah dan juga membuang kotoran di tubuh. Hal ini membuat organ tubuh seperti jantung dan juga paru-paru menjadi berfungsi dengan baik sehingga mencegah berbagai resiko penyakit.

  1. Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh

Beberapa jenis senam, seperti senam lantai dan akrobatik  dapat melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh secara efektif. Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh ini juga bisa bermanfaat untuk mengurangi terjadinya cedera karena jatuh.

  1. Mengembangkan tingkat kemampuan motorik tubuh

Manfaat senam bagi tubuh lainnya adalah dapat meningkatkan kemampuan motorik pada tubuh secara efektif. Gerakan-gerakan pada senam yang berulang dapat menjadikan kekuatan motorik pada tubuh, terlebih lagi pada anak-anak dapat lebih berkembang.

  1. Menurukan berat badan

Gerakan-gerakan yang ada pada senam merupakan gerakan membakar 1000 kalori yang juga membuang semua lemak dan kotoran dari dalam tubuh. Manfaat senam bagi tubuh yang satu ini tentu juga bisa dibantu dengan makanan yang dianjurkan saat diet yang efektif membakar lemak untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Melatih dan meningkatkan daya ingat

Manfaat senam bagi tubuh yang satu ini juga sangat dibutuhkan, terutama pada anak-anak dan orang usia lanjut yang rentan terkena pikun atau alzaimer. Gerakan-gerakan pada senam juga mampu melancarkan aliran oksigen masuk ke otak secara penuh sehingga dapat meningkatkan daya ingat.

  1. Mengurangi resiko osteophorosis

Osteophorosis atau pengeroposan tulang mungkin merupakan sesuai yang tidak bisa terhindarkan lagi seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Untuk mengurangi reiko dari osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang, bisa dilakukan dengan olahraga senam yang teratur serta minum susu untuk menurunkan berat badan yang juga tinggi kalsium untuk memaksimalkan hasilnya.


  1. Mencegah insomnia

Insomnia merupakan salah satu gangguan sulit tidur yang dialami oleh banyak orang. Dari berbagai penelitian mengungkapkan dengan melakukan olahraga senam teratur serta juga sedikit berolahraga ringan akan mengurangi insomnia dan membuat tidur menjadi lebih berkualitas

  1. Menghilangkan stress

Irama musik olahraga senam cenderung berimara cepat dan juga menyenangkan cenderung meningkatkan hormone endorphin yang dapat mengurangi tingkat stress seseorang. Selain itu senam juga melonggarkan otot-otot di kepala yang tegang sehingga juga bisa meredakan strsss seseorang

  1. Membuat tubuh lebih berenergi dan tidak mudah lelah

Manfaat senam bagi tubuh selanjutnya adalah dapat melatih otot untuk bekerja dan berkembang dengan lebih efektif sehingga jadi lebih berstamina. Aliran oksigen pun juga berjalan lancer ke seluruh tubuh sehingga membuat tubuh tidak cepat lelah.

  1. Membantu keseimbangan hormon

Melakukan olahraga senam secara teratur juga mampu menjaga keseimbangan hormon, terutana pada wanita , agar siklus menstruasinya juga menjadi teratur. Hormon yang tidak seimbang bisa menyebabkan beberapa penyakit serius seperti pendarahan dan juga bisa terkena kanker.

Demikianlah beberapa manfaat senam bagi tubuh kita yang perli kamu tahu. Imbangi juga dengan pola makan untuk menjaga berat badan agar mendapat hasil maksimal.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet