5 Gerakan Membakar 1000 Kalori yang Mudah untuk Dicoba

gerakan membakar 1000 kaloriSeberapa banyaknya kalori yang dikeluarkan sangat tergantung dari berat badan serta berapa lama aktivitas seseorang. Seseorang yang memiliki tubuh yang tinggi dan besar, tentu akan membutuhkan jumlah pembuangan kalori yang lebih banyak. Sebaliknya, bila tubuh Anda kurus maka jumlah kalori yang dibuang pun lebih sedikit.

ads

Perlu diketahui, bahwa aktivitas di rumah pun sebenarnya sudah bisa membakar kalori dalam tubuh Anda. Sisihkan waktu minimal 30 menit untuk melakukan pekerjaan tangan, seperti menggosok baju, mencuci baju tanpa mesin cuci, membersihkan jendela, menggosok baju, mengepel dan menyapu lantai. Semua kegiatan itu cukup untuk menjaga atau meningkatkan kesegaran jasmani tubuh Anda.

Namun, bagaimana bila Anda ingin membakar kalori tubuh Anda dalam jumlah tertentu misalnya 1000 kalori? Nah, ada beberapa macam olahraga yang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak suka melakukan gerakan memusingkan serta yang memiliki intensitas dan biaya perlengkapan tinggi sebagai cara membakar 1000 kalori dalam sehari. Berikut 5 gerakan membakar 1000 kalori yang potensial bagi Anda dan sangat mudah untuk dicoba.

  1. Berlari

Berlari termasuk olahraga paling ringan yang tidak memerlukan keterampilan untuk melakukannya, seperti olahraga berenang, bulu tangkis, atau tenis. Satu-satunya yang Anda butuhkan hanyalah kedua kaki Anda untuk berlari. Itu saja! Namun banyak orang tidak terlalu suka dengan berlari padahal lari dapat mengurangi 800 – 1000 kalori tubuh Anda. Lari bisa membakar lemak tubuh yang tertimbun serta menguatkan otot-otot Anda.

Sebagai permulaan, Anda bisa mencobanya di sekitar perumahan Anda sebanyak satu hingga dua kali putaran dalam waktu 15 hingga 30 menit untuk menghindari sakit pada otot dan sendi Anda. Lakukan olahraga ini seminggu berikutnya supaya Anda dapat menambah waktu latihan Anda. Berlari memberi manfaat olahraga pagi yang banyak juga untuk tubuh, sehingga jangan enggan untuk berlari, ya!.

  1. Zumba Dance

Ada yang mengetahui tentang zumba dance? Nah, kalau gerakan yang satu ini pasti sudah banyak orang yang tahu. Seperti diketahui, zumba dance adalah rangkaian dansa gerak cepat yang merupakan kombinasi antara step aerobik dan musik dengan bermacam gerakan tarian Latin seperti salsa, mambo, samba, reggae, hip hop, rumba, calypso atau flamenco dan masih banyak yang lain.

Berasal dari bahasa Kolombia yakni dari kata zum zum dan mulai diperkenalkan pada tahun 1990-an di USA, kini zumba dance menjadi populer ke seluruh dunia. Bagi Anda yang tidak suka nge-gym tapi ingin mendapatkan tubuh menarik sekaligus membakar kalori maka zumba dance adalah cara yang menyenangkan. Olahraga sekaligus bahagia dengan tarian-tarian unik, tidak ada salahnya bukan?

Perbedaan zumba dance dengan beberapa tarian latin adalah bahwa zumba tidak memerlukan pasangan dalam beraksi. Seluruh gerakan zumba merupakan perpaduan antara gerak pinggul ala tarian Latin, kelincahan aerobic, dan goyangan pinggul ala hip hop atau dikenal dengan ciri khas tradisi Afrika dan Latin bernama cumbia. Cumbia sendiri adalah rangkaian musik yang memiliki nada khas dan unik. Dari suara musik yang unik itu, orang pun bergerak dan menari mengikuti alunan sehingga muncullah gerakan cumbia atau zumba.


Tak sekedar gerak, zumba adalah gerakan cepat dan bertenaga yang mampu membakar kalori dan lemak, menimbulkan kontraksi otot serta menyehatkan jantung. Target latihan zumba ialah all core, dengan sasaran orang-orang yang fat dan perlu calorie burning. Bila zumba dilakukan secara biasa seperti dansa, maka bisa membakar kalori hingga 800 kalori, namun bila zumba tingkat mahir, gerakan tarian unik ini dapat membakar lebih dari 1000 kalori dalam waktu satu jam.

Tak seperti beberapa gerakan lain yang tidak terlalu aktif dan terkadang hanya menggerakkan bagian tertentu saja, zumba melatih seluruh tubuh Anda mulai dari kepala hingga kaki. Gaya tariannya terfokus pada gerakan pundak, perut serta pinggul sehingga bokong dan lutut Anda pun makin kencang. Ditambah lagi dengan fleksibilitas tubuh yang semakin baik. Jika Anda mencari cara diet cepat kurus maka zumba dance perlu untuk dicoba sebagai cara diet tanpa menyiksa.

  1. Lompat Tali

Salah satu gerakan membakar kalori 1000 kalori lain yang bisa dicoba adalah lompat tali. Ya! Olahraga ini diyakini merupakan salah satu jenis olahraga yang membakar kalori tubuh lebih banyak. Khasiat lompat tali untuk diet yaitu bisa membakar kalori Anda karena dalam melakukan gerakan ini, hampir seluruh otot dalam tubuh Anda terlibat.

Tak hanya itu, olahraga ini juga merupakan latihan kardio yang dapat membantu tubuh Anda dalam proses pembakaran lemak. Menakjubkannya adalah ketika Anda melakukan olahraga ini selama sepuluh menit, maka itu sudah setara dengan melakukan olahraga jogging selama 8 menit per-mil. 

Cara melakukan gerakan lompat tali sangatlah mudah. Pertama-tama jaga konsentrasi Anda dan mulailah untuk memegang kedua ujung tali dengan kedua tangan sambil berdiri tegak. Tempatkan tali pada bagian belakang tubuh Anda dan lompatlah hingga 30 kali ulangan dengan ayunan tali mengarah ke belakang. Setelah itu, lompat lagi ke depan sebanyak 30 kali. Bila Anda ingin istirahat maka manfaatkan waktu Anda sebanyak 30 detik untuk melakukannya. Melakukan gerakan ini sebanyak empat hingga delapan set dalam sehari disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Semakin sering Anda berlatih melakukan olahraga ini, maka khasiatnya pun akan semakin cepat terasa. Untuk lebih mendukung gerakan pembakaran kalori yang Anda inginkan, maka sesuaikanlah dengan pola makan Anda misalnya dengan selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, kemudian konsumsi air putih dan istirahat yang cukup. Konsumsi makanan penambah tenaga sebelum olahraga juga bagus untuk memberi stamina tubuh.

  1. Bersepeda

Mengkonsumsi makanan berkalori sangatlah mudah namun ketika melakukan cara diet alami, diperlukan usaha besar untuk membakar kalori. Anda mengkonsumsi satu loyang pizza saja sudah menambah 1000 kalori ke dalam tubuh. Namun berkebalikan dengan itu, diperlukan aktivitas yang melelahkan untuk membuang 1000 kalori lagi. Ada banyak usaha yang bisa dicoba untuk membakar 1000 kalori dalam sehari. Salah satunya adalah dengan bersepeda.

Bagi Anda yang suka dengan bersepeda, tentu saja aktivitas ini tidak memberatkan sama sekali, namun bagi yang belum pernah diperlukan usaha lebih untuk mencobanya pertama kali. Cobalah untuk menyukai bersepeda karena sebenarnya aktivitas ini sangatlah menyenangkan. Bersepeda selama satu jam saja dapat membakar kalori Anda dari 850 hingga 1000 kalori lho.

Bahkan bila Anda hanya bersepeda selama kurang lebih 30 menit saja, jumlah kalori yang terbakar sudah hampir setara dengan olahraga jogging yang dilakukan selama 20 menit. Pembakaran kalori dalam olahraga bersepeda bisa terjadi oleh karena gerakan dan beban kayuhan serta jarak yang ditempuh membuat tubuh melakukan proses oksidasi sehingga mampu menghasilkan energi dan membakar timbunan lemak.

Bagi Anda yang tidak terlalu mahir bersepeda, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah kondisi tubuh Anda yang harus dalam keadaan fit ketika belum bersepeda. Setelah itu, lakukan pemanasan, dan siapkan perlengkapan diri seperti helm pengaman. Telapak kaki Anda yang menyentuh pedal seharusnya direntangkan lurus hingga posisinya rata, dan jangan lupa posisi sadel sepeda harus lebih tinggi daripada setir. Alasannya adalah agar otot Anda tidak terlalu tegang. Kepala Anda harus tetap menghadap ke depan meski posisinya agak membungkuk.

Bila Anda ingin mendapatkan tenaga maksimum, maka gunakan ujung kaki Anda sebagai tumpuan. Konsumsilah karbohidrat dan makanan diet rendah kalori untuk menjaga energi Anda tetap stabil. Jangan lupa meminum air putih penuh mineral dan isotonic ketika sedang bersepeda atau setelahnya. Sebaiknya jarak paling ideal yang ditempuh dengan bersepeda adalah 40 km dalam satu kali jalan.

Untuk latihan lebih intensif dan hasil lebih maksimal, Anda bisa melakukan olahraga ini rutin dan teratur, setidaknya 3 kali seminggu. Bersepeda merupakan cara membakar lemak di paha dan betis yang paling efektif jika dilakukan rutin.

  1. Berenang

Salah satu tips menjaga berat badan tetap ideal yang banyak disukai oleh orang adalah berenang karena dianggap tidak mengeluarkan banyak keringat. Namun justru disitulah masalahnya. Berenang haruslah memiliki stamina yang kuat karena tubuh bisa cepat lelah. Oleh karena itu kerap kali setelah selesai melakukan olahraga ini, seseorang cepat merasa lapar.


Hal itu membuktikan bahwa olahraga ini dapat membakar kalori Anda dengan cepat. Tak hanya itu, saat berenang juga tubuh membutuhkan energi yang tinggi karena susah untuk bergerak di dalam air. Oleh karena penggunaan energi tinggi maka pembakaran kalori yang terjadi pun juga tinggi.

Ada banyak tipe renang yang bisa dicoba, misalnya renang gaya kupu-kupu, renang gaya punggung, renang gaya dada, atau renang gaya bebas. Hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum berenang diantaranya melakukan peregangan otot leher, lengan, punggung, pinggang, kaki dan perut serta minum air putih banyak-banyak sebelum melakukan olahraga renang agar tidak terjadi dehidrasi. Mengkonsumsi khasiat infused water untuk diet juga akan terasa lebih segar setelah berenang.

Demikianlah kelima gerakan membakar 1000 kalori yang bisa dilakukan dengan mudah. Melakukan gerakan-gerakan olahraga seperti lari, renang, bersepeda hingga zumba dance mau tak mau dapat membuat aktivitas pembakaran kalori Anda menjadi semakin menyenangkan.

Anda juga perlu mengatur pola makan dan minum serta tips-tips lainnya yang sekiranya berguna agar proses pembakaran kalori Anda lebih maksimal. Selalu siapkan menu sarapan pagi sehat untuk diet sebelum melakukan olahraga, dan selalu atur pola makan bahkan setelah berolahraga.

, , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet