3 Menu Diet Atkins Di Bulan Puasa yang Enak dan Aman Dikonsumsi

Diet merupakan salah satu aktivitas yang belakangan ini banyak dilakukan pria maupun wanita demi mendapatkan bentuk tubuh ideal yang dapat memberikan pengaruh positif bagi penampilan seseorang. Memiliki tubuh dengan postur dan berat badan yang ideal merupakan salah satu bentuk tren belakangan ini.

ads

Dalam prosesnya menjalani diet, tentu ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan agar aktivitas diet tersebut tetap berlangsung dengan aman serta terhindari dari bahaya diet yang salah namun masih memberikan hasil yang efektif.

Memasuki bulan ramadhan, puasa menjadi salah satu bentuk pertimbangan dalam melaksanakan diet yang harus disesuaikan demi tetap menjalankan ibadah dengan baik dan aktivitas diet berjalan dengan lancar. Salah satu bentuk diet yang dapat dilakukan dibulan puasa adalah diet atkins yakni program diet yang dijalankan dengan membatasi konsumsi karbohidrat.

Selama bulan puasa tentu ada penyesuaian diet atkins agar dapat berjalan dengan baik yang salah satunya melalui pemilihan menu diet atkins di bulan puasa dalam uraian di bawah ini.

  1. Fase diet atkins

Sebelum memahami lebih jauh mengenai pilihan menu diet atkins yang dapat diplih selama bulan puasa, maka perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ada beberapa fase yang akan dilakukan selama menjalani program diet atkins.

Setiap fase memiliki aturan mengenai jumlah konsumsi karbohidrat dan menu makanan lainnya yang harus ditaati. Fase tersebut diantaranya seperti dijelaskan dibawah ini.

  • Fase induksi, tahapan awal dimana tubuh akan diganti sumber energi dari karbohidrat menjadi lemak sehingga berat badan yang dimiliki akan mengalami penurunan yang cukup drastis.
  • Fase balancing, merupakan fase dalam cara diet atikins dimana proses penyeimbangan dan penyesuaian kebutuhan energi menggunakan lemak dilakukan dengan menambahkan menu makanan seperti kacang kacangan dan buah.
  • Fase fine-tuning, merupakan tahapan dimana kondisi ideal berat badan sudah diperoleh sehingga dapat memberikan tambahan asupan karbohidrat sebanyak 10 gram perhari agar berat badan turun secara perlahan.
  • Fase maintenance, tahapan tubuh sudah dapat mentolerir karbohidrat tanpa menyebabkan peningkatan berat badan yang digunakan untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami perubahan berat badan lagi.
  1. Menu makanan yang dapat dikonsumsi

Penetapan menu diet atkins di bulan puasa sebenarnya cukup mudah yakni hanya dengan memastikan jumlah nutrisi dan kalori yang dibutuhkan serta memiliki menu makanan yang memang boleh dikonsumsi dalam program diet atkins dengan kondisi bervariasi.

Menu makanan dalam diet atkins sebaiknya terdiri dari protein hewani, sayuran, dan lemak sehat tanpa adanya sumber karbohidrat. Beberapa menu sehat untuk diet yang dapat dipilih sebagai bagian dari menu sahur dan berbuka puasa diantaranya seperti :

  • Protein hewani, dapat diperoleh dari beberapa jenis daging seperti ayam, sapi, seafood, kambing, dan telur yang memiliki kandungan omega 3 tinggi.
  • Sayuran, jenis sayuran yang dapat dikonsumsi selama menjalani diet atkins dibulan puasa diantaranya seperti kale, bayam, brokoli, dan asparagus.
  • Lemak sehat, seperti alpukat, minyak kelapa, dan minyak zaitun.
  • Kacang kacangan, seperti almond, macadamia, walnut, kwaci atau biji bunga matahari.

  1. Menu makanan yang perlu dihindari selama diet

Selain pilihan makanan yang dapat dikonsumsi, pelaku diet atkins juga harus memperhatikan beberapa pilihan makanan yang sebaiknya dihindari selama menentukan menu diet atkins di bulan puasa. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari sebagai pantangan diet atkins tersebut diantaranya seperti :

  • Buah dan Sayuran tinggi karbohidrat, seperti wortel, kentang, turnips, pisang, apel, jeruk, pir, anggur.
  • Makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi, seperti soft drink, permen, jus buah, dan es krim.
  • Biji bijian utuh, seperti nasi, gandum, barley, dan lainnya yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi.
  • Minyak, seperti minyak jenuh yang ditemukan pada makanan olahan cepat saji, minyak sayur, minyak kedelai, dan minyak jagung.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis menu makanan yang perlu dipersiapkan dan yang tidak boleh dikonsumsi selama menjalani diet atkins di bulan puasa.

Menjaga asupan makanan dengan nutrisi yang cukup dan mengkonsumsi banyak air putih menjadi kunci agar puasa tetap berjalan dengan lancar serta dapat mencegah terjadinya efek samping diet atkins yang tentunya merugikan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Menu