4 Menu Diet Atkins Untuk Ibu Menyusui Yang Aman Dikonsumsi

Diet merupakan salah satu proses yang dilakukan untuk membantu dalam menurunkan berat badan yang dianggap kurang ideal meskipun secara definisi diet merupakan jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi oleh makhluk hidup termasuk manusia.

ads

Dalam perkembangannya, ada banyak jenis diet yang dapat diikuti untuk membantu menurunkan berat badan yang salah satunya adalah diet atkins. Diet atkins menjadi jenis diet yang memiliki umur cukup tua dengan prinsip mengurangi asupan karbohidrat di dalam tubuh dan mengubah kebutuhan energi dari karbohidrat menjadi lemak.

Salah satu kondisi yang seringkali membutuhkan proses diet adalah ibu menyusui pasca menjalani proses kehamilan. Selama proses kehamilan, berat badan ibu pasti akan meningkat cukup signifikan sehingga ada keinginan untuk menurunkannya.

Diet atkins menjadi salah satu pilihan cara diet ibu menyusui dalam membantu menurunkan berat badannya namun harus diperhatikan terkait menu diet yang tepat agar tidak menganggu proses menyusui. Berikut beberapa menu diet atkins untuk ibu menyusui yang dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

  1. Makanan rendah karbohidrat

Menjalani diet atkins pada ibu menyusui sebenarnya menjadi hal yang cukup berbahaya ketika bentuk diet atkins yang dilakukan terlalu ekstrim dalam mengurangi kebutuhan karbihidrat pada tubuh ibu menyusui. Resiko bahaya tersebut dapat lebih besar mengingat selam menyusui, nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dua kali lipat lebih banyak karena harus dibagi dengan bayi yang disusuinya.

Dalam menu diet atkins untuk ibu menyusui sebaiknya karbohidrat yang dihilangkan tidak langsung banyak melainkan bertahap terutama dalam fase induksi. Beberapa makanan rendah karbohidrat yang dapat dikonsumsi diantaranya seperti roti gandum, oats, buah buahan, dan sayuran sebagai penganti nasi. Menu rendah karbohidrat bagi ibu menyusui ini hampir  sama dengan menu diet atkins di bulan puasa.

  1. Makanan tinggi protein

Menu selanjutnya yang perlu disipakan dan dipilih dalam proses diet atkins untuk ibu menyusui adalah protein tinggi. Makanan dengan protein tinggi akan membantu memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi bagi ibu menyusui agar proses menyusui dapat berangsung dengan baik.

Jenis makanan bernutrisi tinggi dalam menu diet atking untuk ibu yang sedang menyusui diantaranya seperti ikan, seafood, daging ayam, daging sapi atau daging merah dengan takaran saji yang cukup besar melebihi kebiasaan jumlah konsumsi ketika tidak melakukan diet.

  1. Makanan tambahan

Makanan tambahan bagi ibu menyusui juga perlu disetiapkan dalam sajian yang diseseuaikan dengan fase diet atkins yang dijalani.

Beberapa menu tambahan guna menyeimbangkan nutrisi di dalam tubuh ibu menyusui tersebut diantaranya seperti sayuran berdaun hijau seperti bayam dan selada, sayuran renyak seperti timun, asparagus, zukini, brokoli, dan buncis, camilan sehat seperti kacang kacangan, keju, granola, dan menu camilan diet lainnya. Menu tersebut harus diperhatikan dalam cara diet atkins yang efektif bagi ibu menyusui.


  1. Konsumsi suplemen makanan dan air dalam jumlah yang cukup

Selain beberapa menu yang disebutkan diatas denga kombinasi yang sepenuhnya diserahkan kepada ibu menyusui, dalam proses diet atkins tambahkan juga suplemen makanan atau vitamin untuk ibu menyusui demi terjaganya kualitas air susu ibu serta perhatikan selalu jumlah air yang diminum agar terhindar dari resiko dehidrasi yang berbahaya.

Ibu perlu menyusun menu diet atkins untuk seminggu agar pola makannya tetap terjaga dan nutrisi harian terpenuhi.

Itulah beberapa pilihan menu diet atkins untuk ibu menyusui yang sebenarnya proses diet ini sebaiknya dihindari atau dilakukan secara perlahan dengan penyesuaian yang tidak terlalu ekstrim karena adanya resiko bahaya diet atkins bagi ibu menyusui sendiri maupun bayinya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Menu