Patut Dicoba! 10 Pola Makan Sehat untuk Diet Alami yang Tepat Untukmu

pola makan sehat untuk diet alamiMenurunkan berat badan memang tidaklah mudah. Menahan rasa lapar sepanjang hari pun bukanlah metode yang tepat, karena tubuh juga memerlukan energi dari makanan untuk berativitas.  Ada yang sudah melakukan program diet berminggu – minggu namun tidak berhasil, bahkan setelah berat badan turun, sangat mungkin untuk naik lagi jika pola makan tidak selalu dijaga.

ads

Kenali tubuhmu dan cara diet yang tepat untukmu serta pilih pola makan untuk diet yang sehat dan cocok untuk tubuhmu. Berikut pola makan sehat untuk diet alami yang perlu anda coba, diantaranya :

  1. Memilih menu makanan untuk diet sehat

Untuk menjalankan cara diet alami anda, mengatur dan memilih menu makanan untuk diet sehari hari memang suatu keharusan. Jadwalkan menu makanan apa saja yang harus anda konsumsi dan beri target waktu diet yang ingin anda lakukan.

  • Pada hari pertama memang menjadi hari yang paling berat karena godaan makanan yang sering kita santap, tapi dengan bertekad dan niat yang tinggi pasti bisa teratasi. Pada hari pertama, sebaiknya mengonsumsi makanan rendah karbohidrat seperti nasi atau kentang. Ganti dengan umbi – umbian seperti ubi, nasi merah, dan biji – bijian. Perbanyak makan sayur dan buah sebagai menu cemilan dan makan malam anda.
  • Pada hari keempat dan hari – hari berikutnya boleh untuk mengkonsumsi makanan berkarbohidrat normal, namun tetap pilih yang rendah lemak.
  • Siasati menu makanan pada setiap waktu makan dengan memilih menu yang tepat.
  • Saat sarapan, ganti menu nasi dengan menu rendah karbohidrat seperti gandum, beras merah, atau ubi. Bisa juga dengan hanya mengkonsumsi telur rebus. Tempe dan tahu juga menjadi menu yang tepat saat sarapan, namun hindari cara memasak yang digoreng. Kalau ingin simpel, makan buah seperti apel atau pisang sudah cukup menjadi menu sarapan yang sehat untuk anda.
  • Saat makan siang, anda dapat mengkonsumsi nasi namun dalam porsi yang kecil, atau dapat diganti dengan nasi merah. Lauknya boleh mengkonsumsi ayam atau daging tanpa lemak dan sayuran.
  • Saat sore hari, merupakan waktu yang tepat untuk ngemil. Pilih makanan yang rendah kalori dan lemak seperti biskuit gandum, buah, atau kacang – kacangan. Hindari makan yang manis – manis seperti permen atau kue, serta jangan minum kopi yang mengandung krim. Cukup pilih teh atau jus untuk diet rendah lemak anda.
  • Saat makan malam, pilih menu ikan tanpa lemak dengan susu rendah lemak atau yogurt. Dapat juga hanya mengkonsumsi salad buah sebagai menu makan malam yang tidak berat. Usahakan untuk berhenti makan setelah pukul 8 malam.
  1. Tidak mengurangi waktu makan yaitu 3 kali sehari

Melakukan program diet tidak mengharuskan anda untuk tidak makan seharian, karena tubuh juga perlu nutrisi untuk beraktivitas dan bekerja. Pola makan sehat alami untuk diet dengan tidak mengurangi waktu makan merupakan diet yang ideal. Nutrisi tetap terpenuhi sepanjang hari namun tidak meningkatkan berat badan anda. Anda dapat makan dengan kenyang namun asupan kalori dan lemak tetap rendah.

Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti ikan yang rendah lemak, telur, atau daging tanpa lemak untuk pemenuhan protein anda. Kurangi konsumsi karbohidrat, dan perbanyak makan buah dan sayur. Cocok bagi anda yang memiliki jadwal kerja teratur karena memiliki jam makan siang.


  1. Makan dengan porsi kecil

Pola makan sehat ini sering dilakukan karena lebih mudah untuk mengontrol rasa lapar saat melakukan diet. Saat diet keinginan untuk makan terkadang menjadi meningkat. Pola makan ini memungkinkan anda untuk makan dengan sering, namun dengan mengurangi porsinya. Anda dapat menikmati makanan yang anda inginkan dengan mengurangi setengah dari porsi atau gunakan porsi mangkuk kecil.

Keuntungan pola makan ini, anda dapat sering makan 4-5 kali sehari dan juga menikmati waktu untuk beberapa cemilan. Pola makan ini cocok dilakukan oleh anda sebagai cara diet untuk penderita diabetes, karena dapat mengurangi asupan gula dan mengontrol kolesterol. Bagi anda yang gemar ngemil, pola makan ini efektif untuk cara diet ampuh anda.

  1. Dianjurkan makan sebelum dan sesudah berolahraga

Bagi anda yang gemar berolahraga atau sekedar melakukan gerakan senam untuk menurunkan berat badan dirumah, sangat baik untuk mencoba pola makan untuk diet ini. Saat diet anda diharuskan menjauhi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi atau lemak. Saat melaksanakan pola makan sehat untuk diet alami ini, anda dapat mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah tinggi seperti nasi, kentang, atau roti dan melakukan olahraga setelahnya.

Anda akan kenyang dan karbohidrat yang masuk tidak akan menjadi kalori tapi akan lebih diolah tubuh untuk meningkatkan fungsi otot. Tidak hanya olahraga, kegiatan ringan seperti berjalan atau naik turun tangga juga dapat membantu membakar lemak, jika itu terjadi anda diperbolehkan mengkonsumsi karbohidrat walau tidak terlalu banyak. Srtelah itu, anda hanya boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak tak jenuh, dan sayur dan buah.

  1. Konsumsi hanya buah dan sayur sebelum pukul 7 malam

Pola makan ini juga populer dilakukan, yaitu dengan hampir tidak mengkonsumsi apapun kecuali sayur dan buah sepanjang hari hingga pukul 6-7 malam. Setelah pukul 7 malam, anda diperbolehkan memakan apa saja dan sebanyak yang anda inginkan. Jika dilakukan dalam beberapa minggu, bobot tubuh anda akan menurun secara drastis.

Walau bebas makan setelah pukul 7 malam, tapi perlu diingatkan untuk tetap mengontrol diri dan membatasi kalori dari makanan yang dikonsumsi. Pilih makanan yang kaya protein seperti ikan, ayam, atau daging yang rendah lemak, boleh makan nasi dengan porsi sedang, minum susu tanpa lemak atau buah. Jika diperlukan, anda dapat berpuasa sebagai cara diet yang benar dilakukan untuk tubuh.

  1. Tidak menyentuh makanan setelah pukul 8 malam

Makan setelah pukul 8 malam sangat tidak dianjurkan bagi anda yang sedang diet, karena asupan makanan yang masuk sebelum tidur akan sulit dicerna tubuh diengan baik dan menimbun kalori. Pastikan anda makan sebelum pukul 8 malam dan berhenti setelahnya hingga pagi hari. Agar tidak kelaparan saat tengah malam, pilih menu makanan yang mengandung protein dan serat yang tinggi pada saat makan malam.

  1. Kurangi konsumsi nasi terutama dimalam hari

Pola makan ini sangat dianjurkan karena mengkonsumsi makanan berat dimalam hari dapat lebih cepat meningkatkan berat badan. Aktivitas dimalam hari lebih sedikit sehingga proses pembakaran lemak pun berkurang tidak seperti di pagi hari. Jauhi makanan dengan karbohidrat dan lemak tinggi, dan perbanyak mengkonsumsi makanan berprotein dan berserat tinggi seperti ikan, telur, sayur dan buah – buahan.

  1. Kenali dan konsumsi makanan yang mengandung lemak baik

Tidak semua makanan berlemak itu berbahaya bagi anda yang sedang menjalan program diet, karena lemak juga diperlukan oleh tubuh sebagai penambah energi. Yang perlu dihindari saat diet adalah makanan yang mengandung banyak minyak goreng seperti gorengan, junk food, atau susu berlemak. Sedangkan makanan yang mengandung lemak baik dapat anda temukan dalam ikan air tawar, ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, kacang, buah alpukat, dll. Hindari juga cara memasak yang digoreng, cukup dikukus atau dipanggang.

  1. Ngemil hanya disore hari

Saat anda ingin ngemil terutama saat lapar melanda sebelum waktunya makan, anda hanya diperbolehkan untuk ngemil di sore hari yaitu sekitar pukul 3-4 sore, karena waktu jeda dari makan siang ke makan malam cukup jauh. Sambil menunggu waktunya makan malam khususnya bagi anda yang bekerja, dapat memilih cemilan seperti salad sayur untuk diet, kacang – kacangan, yogurt, biskuit gandum, ikan tanpa lemak, atau ayam rebus. Hindari snack – snack ringan yang tidak mengenyangkan dan mengandung lemak jenuh dan gula tinggi seperti permen, coklat, kopi, soda, atau kue.

  1. Cobalah untuk selalu menghitung kalori makanan yang dikonsumsi

Sebelum melakukan program diet yang sempurna, cobalah terlebih dahulu mempelajari aturan makan saat diet dan makanan – makanan apa saja yang tepat anda konsumsi saat diet. Lihat kandungan dan kalorinya sebelum ditentukan untuk menjadi menu pola makan sehat untuk diet alami anda.

Sehingga saat anda harus makan diluar, anda dapat memperhitungkan jumlah kalori dan lemak dari makanan yang akan anda konsumsi dan memilih makanan yang tepat. Pilih makanan yang tidak memiliki kalori yang tinggi ataupun rendah, sesuaikan dengan kebutuhan kalori harian anda untuk cara diet tanpa menyiksa.

Memilih dan mengatur pola makan sehat untuk diet alami yang tepat penting untuk anda dan tubuh anda. Anda yang tidak terbiasa dengan cara diet ketat yang benar, dapat menyebabkan efek samping seperti sakit perut, diare, dan maag, serta tidak makan sepanjang hari pun dapat menyiksa tubuh dan tubuh menjadi lesuh untuk beraktivitas.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!