4 Cara Menghitung Kalori Untuk Menaikkan Berat Badan Mudah dan Akurat!

Cara Menghitung Kalori Untuk Menaikkan Berat BadanSemua orang, baik itu pria maupun wanita di manapun pasti mendambakan dan juga berlomba-lomba untuk memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Untuk mencapai bentuk tubuh yang proporsional itu tidak semuanya yang berkeinginan mengurangi berat badan, bahkan justru ada yang ingin menambah berat badan berat badan.

ads

Salah satu penyebab tidak bisa gemuk bagi kebanyakan orang adalah kurangnya penyerapan kalori di dalam tubuh dari makanan yang dikonsumsi. Salah satu solusinya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan mengandung kalori lebih banyak sebagai satu cara alami menggemukkan badan dan juga memberikan hasil yang efektif.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal tersebut kita juga harus memperhatikan beberapa hal dalam cara menghitung kalori untuk menaikkan berat badan berikut agar mendapat hasil yang efektif sesuai yang diharapkan.

  1. Mengecek dahulu apakah kita memang butuh untuk menambah berat badan

Ya, walaupun terlihat kurus namun bukan berarti seseorang tersebut perlu menambah berat badan,  karena memang kebutuhan tubuh untuk setiap orangnya bisa berbeda beda. Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan menghitung IMT (Indeks massa tubuh) sebagai patokan untuk mengukur berat badan yang sehat.

Cara menghitung IMT atau indeks massa tubuh ini adalah dengan cara membagi berat badan (kg) dan juga tinggi badan (m). Setelah didapatkan hasilnya, perhatikan penilaian berikut untuk menentukan apakah berat badannya memang perlu ditambah atau sudah terbilang normal.

  • IMT < 18,5 : Berat badan kurang
  • IMT 18,5–22,9 : Berat Badan Normal
  • IMT 23-24,9 : Berat Badan Berlebih
  • IMT > 25 : Obesitas

Setelah itu yang selanjutnya dilakukan adalah menghitung kebutuhan kalori kita, karena kebutuhan kalori seseorang berbeda-beda dan ditentukan oleh banyak faktor. Salah satu cara menghitung kebutuhan kalori adalah dengan menggunakan rumus IMT x nilai level aktivitas.

  1. Perhatikan Batas aman tambahan kalori untuk tubuh

Ya,walaupun tujuannya adalah untuk menambah kalori ke dalam tubuh, namun kita juga harus tetap memperhatikan batas amannya bagi tubuh kita. Karena bagaimanapun kalori yang dibiarkan menumpuk dari dalam tubuh bisa beresiko menimbulkan beragam penyakit yang berdampak tidak baik bagi tubuh.

Penambahan rata-rata jumlah kalori yang aman  adalah sebesar 500 hingga 1000 kalori per hari untuk  kenaikan berat badan sebanyak 1 kg dalam 1 minggu. Maka dari itu untuk tahap awal program menaikkan berat badan sebaiknya menambahkan 500 kalori dahulu kemudiam ditingkatkan hasilnya secara bertahap menjadi 1000 kalori sebagai salah satu cara menghitung kalori pada makanan per hari untuk program menambah berat badan.


  1. Perhatikan juga jenis dan jumlah makanan yang akan dikonsumsi

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam cara menghitung kalori untuk menaikan berat badan adalah jenis dan juga jumlah makanan yang akan dikonsumsi. Perhatikan pula cara memasak dan bahan lainnya dari makanan tersebut karena beda cara memasak beda pula jumlah kaloti yang dikandungnya.

  1. Mencarat kandungan kalori dari makanan yang dikonsumsi

Untuk mendapatkan hasil yang efektif dalam cara menghitung kalori untuk menaikkan berat badan adalah tentu dengan mencatat kandungan kaloti dari makanan yang dikonsumsi. Banyak juga sekarangg aplikasi di handphone yang juga bisa memudahkan untuk mencatat kalori dari makanan yang kita konsumsi dan juga menyajikan program yang bisa kita lakukan untuk menambah berat badan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara menghitung kalori untuk menaikkan berat badan. Imbangi juga dengan makanan sehat yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan saat diet menambah berat badan dan juga pola hidup sehat agar mendapat hasil yang maksimal.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel ini. Sampai Jumpa di artikel selanjutnya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Search
Info Diet

Mitos Diet Ini Tak Perlu Anda Percaya Lagi!