10 Penyebab Tidak Bisa Gemuk yang Perlu Anda Simak Baik-baik

penyebab tidak bisa gemukSuka makan tapi nggak bisa gemuk? Banyak wanita mengalami hal yang sama lho. Alih-alih menghakimi diri sendiri, mungkin Anda harus cek dulu kegiatan sehari-hari apa yang Anda lakukan. Siapa tahu sangat berbanding lurus dengan porsi makan Anda bukan? Penasaran apa penyebab tidak bisa gemuk yang mungkin selama ini menjadi beban pertanyaan dalam benak Anda? Berikut penjelasannya satu-satu.

ads
  1. Orang yang Super Busy

Bila Anda termasuk orang yang sibuk dan memiliki banyak aktivitas setiap hari, maka bersiap-siaplah karena sebanyak apapun makanan yang dilarang saat diet Anda konsumsi, tubuh Anda tetap tidak akan gemuk. Mengapa bisa seperti itu? Alasannya karena setiap aktivitas yang Anda lakukan membutuhkan sejumlah kalori tertentu. Makin banyak Anda melakukan aktivitas, maka makin banyak juga jumlah kalori yang berubah menjadi energi. Setiap ada makanan yang masuk yang berarti kalori masuk, maka setiap itu pula ketika Anda beraktivitas kalori tersebut keluar menjadi berupa energi untuk membantu aktivitas tadi.

Oleh karena langsung berubah menjadi energi makanya kalori tidak tersimpan menjadi lemak. Jadi untuk para ladies yang berkarir dan super sibuk, boleh merasa sedikit lega karena tidak perlu harus melakukan diet rendah lemak yang berlebihan, bahkan lemak bisa diperlukan tubuh sebagai pengganti energi saat tubuh mulai kelelahan beraktivitas.

  1. Kurang atau Malah Banyak Berolahraga

Sebagian besar orang tidak terlalu memikirkan pentingnya manfaat olahraga pagi secara rutin atau paling tidak seminggu satu atau dua kali, padahal olahraga sangatlah bermanfaat dalam menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh Anda. Kurang berolahraga dapat membuat tubuh Anda mudah terkena penyakit, dengan kata lain tubuh memiliki sistem imun yang tidak terlalu baik. Hal itu bisa menyebabkan tubuh Anda lebih cepat kurus atau susah untuk gemuk.

Namun, sebagaimana pepatah mengatakan bahwa “segala hal yang berlebihan tidak baik”, maka hal itu juga berlaku untuk olahraga. Terlalu banyak berolahraga berarti tubuh Anda pun “dipaksa” untuk terlalu sering membakar lemak dan kalori didalamnya sehingga mengakibatkan tubuh menjadi susah untuk gemuk.

Jadi, solusinya adalah tempatkan segala sesuatu sesuai dengan kadar dan batasannya. Janganlah terlalu sering berolahraga namun juga jangan tidak berolahraga sama sekali. Setidaknya, melakukan beberapa jenis-jenis sit-up ataupun melakukan macam-macam push-up ringan sebelum atau setelah bangun tidur setiap harinya, maka sudah cukup untuk membuat tubuh Anda lebih sehat dan kuat.

  1. Junk Food Lover

Junk food memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi junk food apalagi misalnya dilakukan setiap hari, maka berhati-hatilah karena akan menjadi sumber racun dalam sistem pencernaan Anda. Indikasi penumpukan racun di pencernaan ini akan membuat nutrisi dan vitamin tidak akan terserap secara maksimal oleh tubuh Anda.

Alhasil kesehatan organ-organ tubuh Anda wajib dipertanyakan. Ujung-ujungnya, bagi Anda yang mendambakan berat badan bertambah karena dengan sengaja memanfaatkan bahaya gorengan untuk diet ataupun mengkonsumsi junk food, menjadi tidak terpenuhi. Oleh karena itu, salah satu solusi yang tepat agar tubuh menjadi “normal” kembali adalah melakukan proses detoksifikasi racun dengan cepat dan benar.


  1. Alcoholic

Bagi Anda yang suka minum alkohol atau bahkan menjadi pecandu alcohol (alcoholic), maka bersiap-siaplah untuk tidak berharap banyak akan berat badan yang bertambah. Sebagai informasi, alkohol mengandung jumlah kalori yang sedikit serta dapat membuat lambung Anda penuh dengan gas.

Oleh karena itu, nafsu makan Anda pun menurun. Jikalau nafsu makan menurun, maka bagaimana Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh? Demi kesehatan tubuh Anda, berhentilah mengkonsumsi alcohol terlalu sering dan upayakan untuk mulai pola hidup sehat menyehatkan. Meskipun sangat jarang terjadi di Indonesia, namun banyak juga dari kalangan muda yang nekat meminumnya.

  1. Stress a.k.a Galau Terus

Pernah dengar tentang kebiasaan seseorang yang apabila sedang stress dan galau akut maka akan lebih banyak mengkonsumsi makanan? Anehnya mereka tidak kunjung gemuk, bukan? Itulah salah satu metode tubuh dalam mengatasi stres dengan mengalihkannya ke aktivitas lain seperti meningkatnya nafsu makan.

Namun, karena sedang stres berat dan galau tingkat dewa, pertambahan berat badan pun menjadi tidak terpengaruh. Dalam hal ini, penyebab tidak bisa gemuk adalah karena stres sangat berkaitan dengan kondisi psikologis serta sistem metabolisme dan pencernaan Anda.

Kondisi psikologis yang terganggu ini membuat otak “menyuruh” tubuh mengalihkannya dengan hal yang lain yaitu makan. Namun alih-alih lambat, malahan ketika stres sistem tubuh Anda yakni metabolisme dan pencernaan akan bekerja dengan cepat. Hasilnya bisa ditebak, bukan? Semua makanan yang Anda makan langsung terbakar menjadi energi. Stress pun membuat Anda lebih kurus.

Terkadang saat setres kita memerlukan makanan yang manis-manis, walaupun tidak menimbulkan kegemukan, makanan dengan pemanis ini bisa menyebabkan diabetes. Untuk itu, saat setres makan sewajarnya saja, dan selalu konsumsi makanan diet untuk penderita diabetes bagi Anda yang tidak ingin merasakannya.

  1. Suka Merokok

Anda adalah perokok dan tidak bisa kalau tiap hari tidak merokok? Maka usahakanlah mulai sekarang untuk menjauhi barang komoditi tersebut bahkan berhentilah merokok. Selain oleh karena memberikan banyak pengaruh negatif bagi kesehatan organ Anda, sebuah studi dari Yale University menjelaskan bahwa rata-rata para perokok memiliki berat badan lebih ringan 2,5 kg dibandingkan yang bukan perokok.

Oleh karena itu, jikalau Anda terlalu kurus bahkan berat badan jauh dibawah ketentuan berat badan ideal, segeralah ubah pola makan dengan mengkonsumsi manfaat makanan sehat dan sering-seringlah berolahraga agar dapat mengurangi bahaya daripada rokok untuk tubuh.

  1. Begadang…Jangan Begadang

Ingat kan lagu terkenal dari Raja Dangdut Rhoma Irama tentang begadang? Ya! Ternyata Bang Haji benar, lho. Begadang memang benar tidak memiliki faedah sama sekali, bahkan harus dihindari. Dari banyak segi, termasuk kesehatan, begadang membawa dampak buruk pada tubuh Anda. Begadang dapat mengganggu seluruh kerja organ-organ tubuh. Seperti halnya mesin, organ-organ tubuh Anda pun perlu untuk diistirahatkan sejenak agar tidak cepat rusak,

Salah satu cara mengistirahatkannya adalah dengan tidur. Saat tidur adalah saat-saat krusial bagi tubuh untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot dalam tubuh serta melepaskan hormon-hormon pertumbuhan. Selain itu, tidur juga adalah waktu dimana sel-sel dalam setiap organ tubuh Anda beregenerasi yakni mengganti yang rusak dengan yang baru.

Jadi, kalau Anda suka begadang alias sedikit tidur, maka bisa dibayangkan bagaimana organ-organ tubuh Anda bukan? Tak hanya organ-organ tubuh yang mulai aus, Anda pun akan tetap sulit gemuk karena tubuh Anda beraktivitas terus menerus.

  1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kopi

Mengkonsumsi kopi memang memiliki banyak kebaikan, namun terlalu banyak pun berbahaya lho. Kopi bisa memberikan pengaruh negatif pada organ-organ penting seperti lambung dan hati Anda. Oleh karena itu bagi Anda yang termasuk orang yang hobi minum kopi maka mulai sekarang janganlah terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Tak hanya itu, bagi Anda yang sedang program pertambahan berat badan tapi masih mengkonsumsi kopi maka siap-siaplah untuk kecewa. Alasannya karena mengkonsumsi kopi terlalu banyak pun akan menghalangi berat badan Anda bertambah, bahkan sebagian besar ladies yang punya masalah kegemukan memanfaatkan khasiat kopi untuk diet. Seberapa banyak pun Anda makan namun tetap aktif meminum kopi terlalu banyak setiap hari, maka tubuh Anda akan tetap kurus atau dengan kata lain berat badan tidak bertambah.

  1. Kurang Air Putih

Hampir 75% tubuh manusia terdiri atas air sehingga memang air adalah bagian paling penting dalam tubuh Anda. Kekurangan air putih bisa menyebabkan banyak hal. Salah satunya adalah tubuh Anda terlalu kurus dan susah untuk gemuk. Seperti diketahui, idealnya manusia harus minum air putih minimal delapan gelas per-hari. Air putih yang diminum pun merupakan air putih yang kaya akan mineral, yang biasa dikonsumsi. Bukan air minum isotonic atau air berasa dan berwarna apalagi berkarbonasi lho ya!

Sesuai dengan penyajiannya bahkan air putih berpengaruh pada cara kerja tubuh, banyak dari ladies yang sedang mengalami masalah kegemukan menggunakan manfaat air putih hangat untuk diet. Karena memang menurut riset, mengkonsumsi air putih hangat setiap hari bisa lebih membantu dalam metabolisme tubuh dan juga pencernaan dibanding dengan segelas air dingin.


  1. Faktor Keturunan

Sudah mencoba segala macam cara namun tetap saja tidak bisa gemuk? Atau telah meneliti bermacam alasan penyebab tidak gemuk misalnya Anda tidak suka junk food, cukup tidur, jarang stress namun tetap saja berat badan tidak bertambah? Maka tengoklah garis keturunan Anda. Ini bukan masalah “bibit-bebet-bobot” yang harus ditelisik lebih dalam untuk menentukan seseorang itu pantas menjadi jodoh Anda atau bukan lho ya? Namun ini masalah riwayat kesehatan keluarga Anda.

Bila Anda melihat Ayah dan Ibu adalah keturunan orang-orang kurus yang tidak bisa gemuk, maka terimalah dengan ikhlas. Hal itu boleh jadi menurun kepada Anda, karena berat badan juga dipengaruhi oleh bawaan gen dalam tubuh lho. Tak ada yang bisa dilakukan jikalau sudah menyangkut dengan faktor keturunan karena meski bagaimanapun upaya “penyembuhannya” tetap tidak akan berhasil.

Faktor ini bisa seperti kondisi usus yang hanya sedikit menyerap makanan sebanyak apapun yang dimakan, atau sistem pencernaan dan metabolisme cepat yang dimiliki oleh keluarga keturunan Anda. Oleh karena itu, disyukuri saja karena ini adalah faktor di luar kekuasaan manusia karena hal paling penting adalah Anda tetap bisa sehat dan kuat serta memiliki pola hidup yang teratur. Banyak lho wanita yang rela berganti posisi dengan Anda demi mendapatkan postur tubuh ramping yang sehat dan kuat.

Demikianlah kesepuluh penyebab tidak bisa gemuk-nya tubuh seseorang yang perlu Anda simak baik-baik bagi Anda yang ingin menambah berat badan atau tidak ingin terlihat kurus kerempeng. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, sebagian besar faktor penyebab berat badan tidak bisa bertambah karena pola hidup yang tidak ideal atau tidak teratur misalnya tidak cukup istirahat, begadang, merokok, minum alkohol berlebihan atau sedang stress. Oleh karena itulah, jikalau ingin mendapatkan apa yang Anda inginkan misalnya berat badan bertambah, atau malah ingin mengurangi berat badan, maka cobalah untuk menganut pola hidup yang teratur setiap hari.

, , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet