Ketahui 3 Cara Menghitung Lemak dalam Tubuh Yang Mudah dan Hasilnya Efektif

Cara Menghitung Lemak dalam TubuhLemak pada dasarnya dibutuhkan juga oleh tubuh sebagai salah satu cadangan energi, namun jika menimbun terlalu banyak di tubuh justru akan menimbulkan penyakit. Maka dari jumlah lemak yang ada di dalam tubuh sangat penting untuk dipantau kadarnya sebelum berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh.

ads

Di zaman sekarang yang sudah modern ini tentu sudah banyak alat-alat yang bisa digunakan untuk mengukur kadar lemak yang ada di tubuh. Namun tanpa menggunakan alat-alat khusus pun kita juga bisa menggunakan cara menghitung lemak dalam tubuh dengan menggunakan rumus prediksi lemak tubuh berikut :

  1. Menghitung Indeks Massa tubuh

Salah satu hal yang pertama dilakukan dalam cara menghitung lemak dalam tubuh adalah dengan mengetahui terlebih dahulu Indeks massa tubuh kita. Indeks massa tubuh bisa dihitung dengan rumus BMI= Berat badan (kg)/ tinggi badan (m)2

Dari indeks massa tubuh ini kita sebenarnya juga sudah bisa menilai apakah berat badan kita ini termasuk kurang, mormal,atau bahkan masuk kedalam kategori obesitas atau kelebihan berat badan.

  1. Menghitung Kadar Lemak tubuh

Setelah sudah mengetahui berapakah angka Indeks massa tubuh kita, kini kita bisa menghitung kadar lemak yang ada di tubuh kita. Cara menghitung  lemak dalam tubuh kita tersebut bisa menggunakan rumus berikut ini:

  • Pria : (1,20 x Indeks Massa Tubuh) + (0,23 x usia) – 10,8 – 5,4
  • Wanita : (1,20 x Indeks Massa Tubuh) + (0,23 x Usia) – 5,4

Sebagai contoh, seorang pria berumur 25 tahun memiliki tinggi 170 cm dan berat badan 60 kg maka perkiraan perhitungan kadar lemak di tubuhnya adalah sebagai berikut:

Indeks Massa tubuh

= 60/(1,7)² =20,76

Perkiraan Kadar lemak di tubuh

= (1.20*20,76) + (0,23*25)-10,8-5,4

= 14,46

Jadi perkiraan kadar lemak yang ada dalam tubuh orang tersebut adalah sebesar 14,46%.  Total perkiraan kadar lemak ini adalah presentase lemak yang ada di dalam tubuh jika dibandingkan dengan semua organ dan cairan yang ada di tubuh.


  1. Menganalisa hasil presentase perkiraan kadar lemak di tubuh

Lemak yang ada pada tubuh tersebut sekitar 10-12 % pada pria atau sekitar 2-4 persen pada wanita merupakan lemak asli dan sisanya adalah lemak yang berasal dari makanan.  Untuk mengetahui apakah kadar lemak dalam tubuh kita masih terhitung normal atau tidak, bisa dilihat dari batasan berikut yang dibuat oleh American Council berikut ini :

  • Atlet, prediksi batas kadar lemaknya sekitar 14-20% untuk pria dan 6-13% untuk wanita
  • Orang yang sering melakukan berolahraga biasanya memiliki 21-24% pada wanita dan 14% pada pria
  • Orang yang jarang berolahraga kadar lemaknya bisa dikatakan normal jika berada di angka sekitar 25-31 % untuk wanita dan 18-25% untuk laki-laki.

Jika kadar lemak kita tersebut melewati presentase perkiraan tersebut di atas , ada baiknya perlu berhati-hati karena bisa berpotensi terkena obesitas. Untuk mengobati maupun mencegah terjadinya obesitas, ada baiknya untuk melakukan beberapa jenis diet untuk obesitas seperti diet rendah lemak dan diet makanan rebus yang efektif mengatasi obesitas dan yang tetap menjaga nutrisi yang dibutuhkan saat diet

Demikianlah beberapa hal yang menjadi cara menghitung lemak dalam tubuh yang perlu kita ketahui demi menjaga kesehatan tubuh kita. Namun yang terpenting adalah tetap menjaga pola hidup sehat dan  memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi tersebut mempunyai manfaat makanan sehat bagi tubuh

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menginspirasi untuk menjalankan pola hidup sehat. Terimakasih sudah membaca artikel  ini dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.

, , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet