Diet Rendah Lemak Paling Cepat dan Aman

Diet rendah lemak merupakan salah satu jenis diet dengan cara mengurangi jumlah lemak dalam makanan yang bertujuan untuk mengurangi jumlah kadar lemak yang ada dalam tubuh, tak hanya itu jenis diet ini juga bisa bertujuan sebagai pencegahan dari penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan lemak seperti obesitas dan jantung koroner. Sebenarnya diet ini hanya ditujukan kepada pasien displipidemia namun tidak memungkinkan juga bagi orang yang menginginkan berat badan normal. Dislipidemia merupakan gangguan metabolism lemak dalam darah yang ditandai dengan adanya peningkatan kadar kolesteroltotal, kolesterol LDL, kadar trigliserida serta penurunan kadar kolesterol HDL. Dislipidemia sendiri merupakan factor utama dengan resiko terjadinya penyakit jantung koroner (PJK) dan stroke.

ads

Artikel terkait:

Ketika kamu menjalankan diet rendah lemak, adapun dua jenis lemak yang harus kamu konsumsi dalam jumlah sedikit bahkan harus kamu hindari. Yaitu yang pertama adalah lemak yang berasal dari hewan, lemak yang berasal dari hewan sendiri memiliki dua jenis yaitu yang sifatnya jenuh dan tidak jenuh. Lemak bersifat jenuh banyak sekali ditemui pada produk susu, mentega, keju, dan daging hewan besar seperti sapi, kerbau dan kambing. Sedangkan lemak tidak jenuh terdapat pada produk ikan dan hewan unggas seperti ayam, bebek dan burung puyuh. Lemak tak jenuh ini juga bisa digunakan untuk memasak layaknya minyak goring ataupun minyak zaitun. Adapun jenis lemak lain yang berasal dari hewan, yaitu lemak dengan sifat tak jenuh ganda seperti minyak ikan salmon. Lemak tak jenuh ganda sendiri sebenarnya sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari karena sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu jenis lemak berikutnya yaitu lemak nabati, adalah lemak yang berasal dari tumbuh- tumbuhan seperti minyak zaitun, walnut, susu almond, canola, minyak kelapa dan minyak jerami. Minyak yang berasal dari kelapa sawit ataupun minyak goreng memiliki sifat jenuh sehingga dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam darah. Dengan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah maka itu akan menyebabkan tersumbatnya pembuluh arteri atau sering juga disebut sebagai penyakit kardiovaskuler. Sehingga untuk mencegah serta mengatasi penyakit tersebut maka, kamu bisa menjalankan diet dengan rendah lemak. Selain itu, diet dengan rendah lemak dapat mengatasi penyakit kegemukan atau yang biasanya disebut obesitas yaitu merupakan masalah yang cukup serius bagi kesehatan jangka panjang yang dapat menyebabkan penyakit kronis lain seperti diabetes dan stroke.

Selain itu, banyak pula manfaat yang bisa kamu peroleh ketika kamu menjalankan diet yang satu ini yaitu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol total, kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah serta meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah. Selain itu dengan menjalankan diet dengan rendah lemak, kamu akan memperoleh berat badn yang normal bahkan bisa menurunkan berat badanmu secara efektif dan efisien sehingga tubuhmu akan terlihat lebih ramping dan indah.

Adapun manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari menjalankan diet dengan rendah lemak yaitu kamu dapat meningkatkan asupan karbohidrat kompleks dan menurunkan asupan karbohidrat sederhana, sehingga kadar karbohidrat pada tubuhmu merupakan karbohidart yang penyerapannya akan lebih makasimal di dalam tubuhmu. Dengan menjalankan diet dengan rendah lemak, kamu juga bisa mengubah jenis serta asupan lemak yang baik dan mudah dicerna di tubuhmu sehingga tidak akan menumpuk dan menimbulkan penumpukan lemak yang dapat mempengaruhi kenaikan berat badan serta bentuk tubuh yang lebih gendut. Dan yang lebih penting yang kamu bisa dapatkan dari menjalankan diet dengan rendah lemak ini yaitu kamu bisa menurunkan asupan kolestrol pada makananmu, sehingga kamu akan dengan mudah sekali mengontrol kadar lemak darah dalam tubuhmu.


Kunjungi Juga:

Seperti jenis diet- diet lainnya, diet renddah lemak ini juga memiliki aturan serta cara yang harus kamu taati agar kamu berhasil dan bisa menjalankan diet ini dengan lancar. Untuk mempermudah menjalankan persyaratan pada diet dengan rendah lemak ini, kamu disarankan untuk menimbang berat badanmu terlebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana kamu harus menjalani diet ini. Dengan begitu kamu juga bisa menyesuaikan energimu dengan berat badan serta aktivitas fisik apa saja yang memungkinkan kamu lakukan ketika kamu menjalani diet dengan rendah lemak ini. Persyaratan berikutnya yaitu kamu harus menghitung kadar protein yang sesuai pada menu makananmu yaitu sekitar 10% hingga 20% dari energy totalmu.

Kadar lemak yang dianjurkan pun haruslah sekitar 20% hingga 25% saja dari energi total, lemak ini terdiri dari 10% hingga 15% lemak tak jenuh dan kurang dari 10% lemak jenuh. Sedangkan kadar kolesterol yang harus kamu penuhi yaitu sekitar 200mg hingga 300mg per hari tidak boleh lebih dari itu karena jika lebih akan membuat proses dietmu gagal. Tidak hanya itu saja, Jumlah karbihidrat yang harus kamu penuhi yaitu sekitar 50% hingga 60% dari energy total, untuk karbohidrat sendiri utamakan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki jenis karbohidrat kompleks seperti nasi merah. Dan jangan lupa untuk selalu memperbanyak mengkonsumsi serat lebih dari 25 gram per harinya, untuk serat sendiri kamu bisa memilih serat yang berasal dari sayur- sayuran hijau seperti baying, kangkung ataupun sawi karena sayuran hijau memiliki jenis serat yang sangat baik untuk proses dietmu.

Itulah aturan- aturan yang harus kamu penuhi ketika menjalankan diet rendah lemak, selain aturan- aturan tersebut kamu juga harus memperhatikan selalu jenis makanan apa yang harus kamu konsumsi. Untuk lebih jelasnya, jenis dan macam makanan apa saja yang harus kamu konsumsi, berikut adalah makanan- makanan yang harus kamu konsumsi dan kamu hindari saat menjalankan diet rendah lemak ini.

Baca Juga:

Makanan Rendah Lemak

1. Sumber karbohidrat

Sumber karbohidrat yang dapat kamu konsumsi yaitu karbohidrat kompleks yang bersumber dari beras merah, roti, gandum, havermout, macaroni, jagung, kentang, ubi- ubian ( jenis ubi ungu sangat disarankan), talas, oatmeal dan sereal.

2. Sumber Protein Hewani

Sumber protein hewani yang dapat kamu konsumsi yaitu jenis protein hewani yang memiliki kadar lemak sedikit seperti ayam tanpa kulit (bagian dada ayam sangat disarankan untuk memenuhi jenis program (diet dengan rendah lemak), ikan segar (ikan segar jenis salmon sangat dianjurkan untuk memenuhi program diet dengan rendah lemak ini), dan susu low fat milk.

3. Sumber Protein Nabati

Sumber protein nabati yang sangat baik untuk menunjang keberhasilan diet ini yaitu tempe, tahu, oncom, dan kacang- kacangan seperti jenis kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai dan kacang almond yang memiliki kandungan lemak baik serta sangat baik untuk kadar kolesterol dalam darah.

4. Sayuran

Untuk menunjang kelancaran serta keberhasilan diet rendah lemakmu, kamu boleh memakan segala jenis sayuran. Namun jenis sayuran hijau sangatlah dianjurkan karena sayuran hijau memiliki serat yang sangat baik, sayuran hijau seperti sawi, kangkung dan terutama bayam sangatlah dianjurkan.

5. Buah

Ketika menjalani diet dengan rendah lemak semua jenis buah sangatlah baik dan dianjurkan, tetapi ada pula jenis buah yang tidak boleh kamu konsumsi ketika menjalani diet ini yaitu nangka dan durian, karena kedua jenis buah ini sangatlah berbahaya dan dapat mengancam tekanan darah serta kadar kolesterolmu.

6. Lemak dan Minyak

Lemak yang bisa kamu konsumsi yaitu jenis lemak tak jenuh dalam jumlah yang sesuai kebutuhan, dan minyak yang harus kamu gunakan ketika menjalani diet ini yaitu minyak yang berasal dri tumbuha atau minyak nabati seperti minyak jagung, minyak kedelai, minyak biji bunga matahari, minyak zaitun (sangat disarankan). Gunakan minyak hanya untuk menumis saja, karena menumis lebih dianjurkan daripada menggoreng.

Makanan yang Harus Dihindari

1.Sumber karbohidrat

Makanan mengandung karbohidrat yang harus kamu hindari yaitu : kue, cake, biscuit, pastries dan gula.

2.Sumber Protein Hewani

Sumber protein hewani yang harus kamu hindari yaitu : udang, bebek, kuning telur, jerohan, cumi dan sarden kalengan.

3.Buah

Ada dua macam buah yang harus kamu hindari yaitu nangka dan durian.

4.Lemak dan Minyak

Minyak dan lemak hewani haruslah kamu hindari seperti : lemak sapi, babi, kambing, susu full cream, cream, keju dan mentega.

5.Lain- Lain

Yaitu : minuman beralkohol, minuman berkarbonasi, minuman bertenaga, makanan yang mengandung MSG, dan mie instant.

Itulah beberapa makanan yang harus kamu konsumsi serta kamu hindari. Dan untuk kamu yang masih bingung dengan penerapan serta cara yang benar agar dietmu berhasil, berikut adalah cara- cara mudah untuk menjalani diet rendah lemak ini :

Cara Diet Rendah Lemak

1. Atur Pola Makanmu

Gunakan minyak kedelai, minyak kacang tanah, minyak zaitun, minyak bekatul hanya dalam jumlah yang sesuai dengan anjuran dan pemakaiannya hanya untuk menumis saja. Lalu untuk penggunaan daging tidak berlemak paling banyak 50gr tiap kali makan dan makanlah ikan sebagai pengganti daging. Batasi juga penggunaan telur, maksimum hanya boleh 2 butir saja per minngunya. Makanlah banyak sayuran serta buah segar, dan untuk sebagian sayuran sebaiknya dimakan mentah. Dan jangan lupa untuk proses memasak makanan, masaklah dengan cara direbus, dikukus ataupun memanggang, hindari proses pemasakan dengan cara menggoreng.

2. Perhatikan Kondisi Tubuhmu

Sebelum kamu menjalani diet ini, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ataupun ahli kesehatan lainnya dan jangan lupa untuk mengecek kesehatanmu. Bila kamu memiliki riwayat darah tinggi ada baiknya selain menjalani diet rendah lemak, kamu juga menjalani diet rendah garam. Itu sangat baik untuk kesehatanmu dan menjaga tekanan darahmu agar tetap stabil.

3. Perhatikan Selalu Asupanmu

Ketika kamu menjalani diet ini, kamu harus selalu memperhatikan serta mencermati makanan ataupun minuman apa saja yang boleh dikonsumsi serta tidak boleh dikonsumsi. Salah satunya yaitu minuman berenergi. Berhati- hatilah dengan minuman yang satu ini ketika kamu sedang menjalankan diet dengan rendah lemak. Selain tidak baik untuk kesehatanmu, minuman yang satu ini akan menggagalkan proses dietmu.

4. Olahraga Teratur

Untuk menunjang proses dietmu kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga, tentunya kamu bisa berolahraga ringan saja. Lakukan gerakan- gerakan ringan secara rutin maka itu akan membantu mempermudah proses dietmu dan keberhasilan dalam waktu singkatpun akan kamu dapatkan.


5. Disiplin dan Jangan menyerah

Sama seperti ketika kamu menjalani jenis diet lainnya, ketika kamu menjalani diet dengan rendah lemak ini kamu harus disiplin menjalankan aturan- aturan serta tata cara yang benar demi keberhasilanmu. Selain itu jangan mudah menyerah karena hasil yang didapatkan oleh setiap individu akan berbeda, tetaplah semangat.

Itulah cara- cara yang dapat kamu terapkan saat menjalani diet dengan rendah lemak ini, sangat mudah bukan?. Selain caranya mudah dan memiliki banyak manfaat dan hasil yang sangat menjanjikan kamu harus tetap waspada dengan diet yang satu ini. Karena walaupun baanyak sekkali manfaat yang bisa kamu dapatkan, adapun resiko yang harus kamu perhatikan. Resiko yang pertama yaitu diet dengan rendah lemak ini dapat meningkatkan resiko kanker, hal ini karena asam lemak omega 3 merupakan salah satu zat yang dapat memperlambat pertumbuhan tumor pada prostat serta pertumbuhan sel- sel kanker. Rendahnya asam lemak yang kamu konsumsi juga menjadi salah satu penyebab serangan kanker usus besar, kanker payudara, serta kanker prostat.

Selain itu, diet dengan rendah lemak juga memiliki resiko meningkatkan kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan apabila kamu mengurangi asupan lemak terlalu banyak, maka kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuhmu akan menurun. Padahal tubuhmu sangat membutuhkan kadar HDL yang tinggi agar bisa dapat melindungi diri dari penyakit jantung, sebab HDL dapat mengusir kolesterol jahat dari tubuh. Jika kadar HDL terlalu rendah dan kadar LDL atau kolesterol jahat meningkat, maka kamu dapat memiliki masalah kolesterol dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Asam omega3 merupakan lemak yang baik dan dapat melindungi kesehatan jantung.

Artikel terkait:

Itulah sedikit info mengenai diet dengan rendah lemak, mulai dari cara yang mudah dan dapat kamu aplikasikan sehingga kamu akan berhasil dalam menjalankan diet dengan rendah lemak ini. Selain itu ada juga berbagai macam makanan yang perlu kamu cermati. Tidak hanya itu berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menjalani diet rendah lemak ini sangatlah baik tidak hany pada bentuk tubuh yang indah tetapi juga kesehatanmu yang tetap terjaga. Namun kamu pun harus berhati- hati terhadap resiko yang ada pada diet dengan rendah lemak ini yang jika salah memahaminya akan sangat berdampak buruk bagi kesehatanmu. Selalu cermatlah dalam menjalankan diet dan selamat mencoba.

, ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!