Diet Makanan Rebus Ketahui Manfaat dan Bahayanya!

Sebelum kita membahas lebih jauh apa itu diet menggunakan makanan rebus, mari kita perhatikan intro berikut. Diet pada dasarnya adalah sebuah kegiatan dimana seseorang akan memulai suatu program yang mengatur pola makan. Diet sebenarnya cukup identik dengan proses menurunkan berat badan, namun diet dalam artian luas juga dapat berarti mengatur asupan gizi seseorang agar menjaga kesehatan jasmani dan bahkan rohani dari seseorang. Banyak cara dan metode yang telah hadir dan ditawarkan kepada anda sekalian yang berminat untuk menjalankan diet, memilih metode  yang tepat tentu akan dapat membuat anda dapat dengan optimal segera menyelesaikan dan mendapatkan manfaat dari diet yang anda jalani.

ads

Bagi anda yang tertarik atau tidak memiliki masalah dalam mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, ada sebuah metode diet yang mewajibkan anda untuk senantiasa memakan makanan yang direbus. Mari kita sebut metode tersebut dengan metode diet makanan rebus. Pada dasarnya dalam melakukan diet ini, anda diharuskan untuk hanya mengonsumsi sejumlah makanan yang diolah dengan cara dipepes, dikukus, ditumis, dipanggang, dan direbus dengan jangka waktu yang cukup panjang.

Baca Juga :

Diet menggunakan makanan rebus cukup identik dengan perubahan gaya hidup seseorang. Pasalnya, apabila anda mengidamkan penurunan berat badan dalam waktu yang singkat, diet menggunakan makanan rebus mungkin bukan menjadi salah satu metode favorit. Karena metode diet ini sebenarnya memiliki fungsi utama yaitu membuat tubuh bugar, sehat, dan penurunan berat badan sebagai bonus tambahanya. Ada beberapa orang yang mengalami penurunan berat badan hingga 10-15 kg dalam waktu 5-10 bulan dengan metode diet ini.

Cara Diet Makanan Rebus

Untuk melakukan metode diet menggunakan makanan rebus, anda cukup mencari sebanyak-banyaknya menu makanan yang diolah dengan cara dikukus, dipanggang, direbus, atau ditumis. Hal ini cukup penting untuk anda lakukan karena selama beberapa waktu ke depan anda akan mulai berkreasi dengan menu makanan tersebut.

Diet menggunakan makanan rebus pada dasarnya akan membuat pola hidup yang lebih sehat karena menghindari makanan goreng-gorengan. Minyak yang digunakan dari menggoreng makanan tentunya akan terakumulasi dalam tubuh dan menjadi sumber naiknya berat badan. Selain itu makanan gorengan yang tidak menggunakan minyak berkualitas akan membuat anda harus mengonsumsi minyak bekas yang dapat menimbulkan sejumlah penyakit mematikan bagi anda.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, diet menggunakan makanan rebus juga erat kaitanya dengan perubahan pola hidup. Metode diet ini mungkin tidak memberikan anda manfaat pengurangan berat badan langsung secara signifikan, karena pada dasarnya anda tetap boleh mengonsumsi semua jenis makanan tanpa pantangan tertentu selama pengolahanya adalah direbus, dikukus, ditumis, dan dipanggang. Pengolaborasian dan pembatasan menu makan serta pengurangan porsi makan lah yang dapat membantu anda menurunkan berat badan secara lebih cepat.

Pada metode diet makanan rebus ini, anda diperbolehkan untuk membatasi jumlah hari penerapan diet ini. Namun disarankan anda melakukanya sebanyak 6 hari dalam seminggu, dan anda boleh menyisihkan satu hari pada hari minggu untuk boleh mengonsumsi makanan apapun yang anda sukai tanpa perlu diolah dengan cara direbus.


Pada penerapan metode diet makanan rebus, anda juga disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti kentang, dan asupan gizi lainya tetap harus terjaga seperti protein, vitamin, air, dan mineral. Anda juga dapat mengonsumsi teh hijau untuk membantu proses pembakaran lemak serta memperbanyak penggunaan rempah pada masakan anda untuk membantu metabolisme pada tubuh.

Baca Juga:

Menu Selama Diet Makanan Rebus

Bagi anda yang hendak menjalankan metode diet menggunakan makanan rebus, jangan khawatir. Anda mungkin akan langsung mengurungkan niat ketika mendengar metode ini. Beberapa orang akan segera berpikir bahwa dia tidak akan bisa lagi menikmati makanan yang enak dan sedap di lidah. Namun sebenarnya semua hanya masalah perspektif dan pembiasaan, seorang yang telah terbiasa tentunya tidak akan merasa kesulitan ataupun menjadi beban.

Nah untuk lebih meyakinkan anda bahwa sebenarnya dalam diet ini, anda tetap dapat mengonsumsi makanan yang lezat dan nikmat, berikut kami akan memberikan beberapa gambaran bagi anda mengenai menu makanan yang dapat anda konsumsi selama diet menggunakan makanan rebus selama beberapa bulan ke depan.

Untuk beberapa menu dengan olahan daging, anda dapat mencoba beberapa makanan berikut ini

  1. Ayam rebus bawang putih
  2. Ayam suwir sayur rebus
  3. Ikan kembung rebus rempah
  4. Tongkol rebus pedas asam
  5. Omelete tahu tempe
  6. Tumis labu udang
  7. Ayam masak saus madu
  8. Telur penyet sambal mangga muda
  9. Pepes ikan patin
  10. Daging sapi kukus
  11. Sup dada ayam
  12. Tumis daging kentang jamur
  13. Boneless breast dengan sup tomat
  14. Steak ayam (panggang) lada hitam
  15. Cumi udang saos padang
  16. Ayam BBQ
  17. Sapi lada hitam
  18. Steak tuna

Baca Juga:

Untuk beberapa menu pelengkap lainya anda juga dapat mengonsumsi makanan seperti berikut

  1. Tempe bacem
  2. Kentang kornet
  3. Perkedel daging giling
  4. Tahu rebus
  5. Kentang rebus rempah
  6. Tempe orek
  7. Tahu gejrot
  8. Tahu sayur
  9. Ubi-ubian
  10. Jagung manis

Untuk menu olahan sayur sendiri anda dapat mencoba

  1. Tumis brokoli
  2. Cah kangkung
  3. Capcay
  4. Telur rebus vegetarian
  5. Sup bayam
  6. Jamur rebus rempah
  7. Edamame rebus
  8. Sayur asem
  9. Sayur lodeh
  10. Sup tomat
  11. Tumis pok coy toge
  12. Salad sayur dan buah
  13. Bayam jagung rebus
  14. Karedok
  15. Gado-gado

Anda juga dapat mengonsumsi

  1. Sereal
  2. Sup banana milk
  3. Oat meal
  4. Roti panggang
  5. Mie rebus
  6. Mashed potato
  7. Sosis rebus

Menu diatas tentunya adalah sekian contoh makanan yang nikmat yang tetap dapat anda konsumsi selama menjalankan diet menggunakan makanan rebus. Tentunya masih ada banyak lagi menu yang dapat anda konsumsi sebagai makanan sehari-hari ataupun sebagai camilan selama anda menjalankan diet menggunakan makanan rebus. Tidak begitu sulit bukan? Anda hanya perlu membiasakan diri dan lidah anda untuk mengonsumsi makanan yang digoreng.

Pada dasarnya setiap orang membutuhkan waktunya sendiri untuk segera terbiasa dengan metode diet menggunakan  makanan rebus. Namun dengan komitmen dan keinginan yang kuat dibarengi dengan disiplin diri yang tinggi, bukanya tidak mungkin bagi anda untuk segera terbiasa dengan jenis makanan yang ada tanpa perlu digoreng.

Baca juga:

Manfaat Diet Makanan Rebus

Nah bagi anda yang hendak memulai diet menggunakan makanan rebus, kami sarankan agar anda memulainya secepat mungkin untuk dapat segera merasakan manfaat dari diet ini. Berikut adalah beberapa manfaat diet mengguankan makanan rebus yang akan anda nikmati ketika menjalaninya

  1. Menurunkan berat badan
  2. Mencegah asam lambung
  3. Pengobatan dan melindungi batu ginjal
  4. Mempermudah proses pencernaan
  5. Merawat kesehatan kulit
  6. Meningkatkan pertumbuhan rambut
  7. Membantu pengobatan peradangan perut
  8. Menghindari kanker
  9. Mengurangi kadar lemak dalam tubuh
  10. Menghindarkan diri dari obesitas
  11. Menurunkan resiko sakit jantung
  12. Meningkatkan antioksidan dalam tubuh

Nah berikut tadi adalah beberapa manfaat yang bisa langsung anda dapatkan ketika memulai pola hidup yang lebih sehat dengan diet menggunakan makanan rebus. Masih ada banyak lagi manfaat secara spesifik yang bisa anda dapatkan dengan memakan makanan rebus, seperti sejumlah sayuran dan buah-buahan yang memiliki manfaat dan khasiatnya masing masing. Menggunakan rempah yang ada di pasaran untuk membuat makanan anda lebih nikmat tentunya juga dapat memberikan manfaat tambahan pada kesehatan.

Beberapa orang yang telah menjalankan metode diet menggunakan makanan rebus juga merasakan efek lain seperti stamina yang lebih terjaga, tidak gampang terserang sakit, serta lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Adapula yang terbebas dari penyakit maag yang mengidap pada dirinya. Namun pada dasarnya memang metode diet menggunakan makanan rebus memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin tidak dapat dijelaskan satu persatu kepada anda sekalian

Bahaya Diet Makanan Rebus

Setiap metode diet tentu memiliki nilai positif dan negatifnya tersendiri. Hal tersebut tentunya tak luput dari diet menggunakan makanan rebus ini. Bagi anda yang hendak melakukan diet menggunakan makanan rebus harap memperhatikan beberapa hal berikut agar tidak terjadi pada diri anda:


  1. Hilangnya nutrisi pada sayur

Bagi anda yang hendak melakukan diet menggunakan makanan rebus, anda harus memperhatikan waktu atau durasi dalam merebus sayur. Ada beberapa jenis sayuran seperti wortel yang apabila direbus terlalu lama justru akan menghilangkan nutrisi yang ada pada sayuran tersebut. Apabila anda merebus segala jenis sayuran terlalu lama, justru anda tidak akan mendapatkan nutrisi sehat yang terkandung dalam sayur-sayuran dan membuat tubuh anda lemah

  1. Kurangnya sumber tenaga

Bagi anda  yang hendak melakukan diet ini, harap diingat bahwa diet ini tetap memperbolehkan anda untuk mengonsumsi karbohidrat seperti nasi, kentang, dan umbi umbian. Beberapa orang yang menginginkan hasil yang instan malah sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat tersebut dan dengan ekstrim mengganti menu makanan dengan sayur dan buah saja. Hal ini tentunya akan berbahaya bagi anda yang belum terbiasa. Anda mungkin dapat kehilangan sumber tenaga dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah itu tadi mungkin bahaya dari diet menggunakan makanan rebus yang dapat terjadi pada diri anda ketika melakukanya. Memang relatif sedikit, karena diet ini tidak mengharuskan anda untuk melakukan diet ekstrim atau bahkan sampai tidak makan sama sekali. Apabila anda menjalankan diet menggunakan makanan rebus yang seimbang, anda tidak perlu khawatir akan terkena segala resiko yang ada pada diet menggunakan makanan rebus, karena diet ini relatif aman dan menyenangkan bagi anda.

Nah itu tadi sekilas informasi yang dapat kami bagikan terkait diet menggunakan makanan rebus yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan anda serta turunya berat badan sebagai bonus. Kami senantiasa mengingatkan bahwa pola hidup sehat harus dimulai sedini mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari. Selamat mencoba!

Baca Juga :

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!