5 Jenis Diet Untuk Obesitas Efektif Dan Aman

Apakah anda mengalamai obesitas ? jika iya maka anda harus membaca artikel ini hingga tuntas. Karena kami akan memberikan informasi mengenai berbagai jensi diet untuk obesitas untuk menurunkan berat badan tanpa efek samping. Obesitas merupakan penyakit yang sudah ada sejak zaman Mesir dan Yunnani purba. Salah satu cara yang disarankan dokter untuk memulihkan kondisi seseorang yang mengalamai obesitas adalah dengan cara menurunkan berat badan atau diet.

ads

Namun tidak semua cara diet boleh dilakukan oleh penderita obesitas. Cara Diet Yang Baik dan benar untuk penderita obesitas harus dilakukan di bawah pengawasan dokter atau ahli. Kelebihan berat badan atau obesitas dipengaruhi oleh banyaknya komposisi lemak tubuh. Pengukuran lemak tubuh dapat dilakukan dengan bantuan alat bernama skin fold atau body fat analyzer. Wanita yang dinyatakan terkena obesitas biasanya memiliki komposisi lemak tubuh lebih dari 25% berat badan. Sedangkan untuk laki-laki 20% berat badan.

Selain dapat terjadi pada wanita dan pria, penyakit obesitas juga dapat terjadi pada semua kalangan usia termasuk anak-anak. Cara Diet Untuk Anak Obesitas biasanya dilakukan dengan pendekatan dan cara yang khusus sehingga tidak hanya membutuhkan pendampingan dari dokter namun juga pengawasan dari orang tua. Karena ditakutkan Macam Macam Diet Yang Salah pada anak-anak akan mempengaruhi dan menghambat pertumbuhannya.

Macam Diet Untuk Penderita Obesitas

Beberapa tahun belakangan ini Cara Diet Alami mulai berkembang seiring dengan banyaknya orang yang mulai mengetahui bahaya cara diet yang instan, seperti dengan pil dan obat-oabatan pelangsing lainya. Namun belum tentu semua cara diet yang alami itu baik untuk penderita obesitas. Berikut jenis diet untuk obesitas yang dapat dilakukan untuk mengembalikan berat badan ke keadaan ideal.

  1. Diet rendah lemak

Untuk penderita obesitas, jenis diet yang aman dilakukan yang pertama adalah cara Diet Rendah Lemak. Sesuai dengan namanya, cara diet ini mewajibkan pelakunya untuk tidak mengkonsumsi makanan tinggi lemak atau hanya boleh mengkonsumsi makanan rendah lemak. Selain itu, saat melakukan cara diet ini, penderita obesitas juga dilarang mengkonsumsi makanan manis. Contohnya:

  • Cake
  • Es krim
  • Permen
  • Coklat
  • Sirup

Selain makanan manis itu anda juga harus menghindari gula pada makanan. Agar lebih aman anda bisa memilih gula rendah lemak sebagai pengganti gula dapur anda. Diet rendah lemak sebenarnya tidak hanya baik untuk penderita obesitas saja, namun juga baik dilakukan untuk semua orang yang memiliki kadar kolesterol di atas angka rata-rata normal. Karena diet rendah lemak bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol total seseorang termasuk kolesterol LDL dan triglyceride.


  1. Diet rendah kalori

Diet rendah kalori menjadi jenis diet untuk obesitas yang selanjutnya. Anda dapat mengganti makanan tinggi kalori dengan makanan tinggi serat dan rendah lemak seperti sayuran dan Buah Untuk Diet. Mengkonsumsi makanan itu akan membuat perut anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian anda dapat mengurangi nafsu makanan anda terutama makanan dengan kandungan tinggi kalori. Anda bisa memanfaatkan Khasiat Kiwi Untuk Diet rendah kalori dan buah lainnya seperti bengkoang.

Saat melakukan diet ini jumlah energy yang diberikan sebanyak 500 hingga 1000 kalori lebih rendah dibandingkan rata-rata jumlah energy per hari. Penurunan jumlah energy sebesar itu setiap harinya akan membantu penderita obesitas mengalami penurunan berat badannya sebanyak 0.5 atau 1 kg per minggu.

  1. Diet dengan makanan kukus dan rebus

Diet Makanan Rebus menjadi salah satu jenis diet untuk obesitas yang efektif. Makanan yang diproses dengan cara pemasakan direbus ataupun dikukus memiliki nutrisi yang lebih lengkap. Itu karena proses memasakan tersebut tidak membuat beberapa nutrisi hilang akibat pemasakan.

Untuk penderita obesitas dapat mengkonsumsi berbagai Sayuran Untuk Diet yang dapat direbus dan memiliki rasa yang enak. Contohnya labu siam, kacang panjang, jagung, dan beberapa jenis sayuran lainnya.


  1. Diet vegetarian

Hampir sama dengan diet rendah kalori, alasan orang yang mengalami obesitas baik melakukan diet vegetarian karena makanan vegetarian biasanya memiliki kandungan kalori yang rendah namun kaya serat. Sehingga tetap mengenyangkan dan memiliki rasa yang enak. Cara Diet Vegetarian dapat dilakukan dengan meniru pola makan orang vegetarian seperti hanya mengkonsumsi makanan nabati tanpa mengkonsumsi makanan hewani.

  1. Diet karbohidrat

Jenis diet untuk obesitas yang terakhir adalah diet karbohidrat. Cara diet karbohidrat dilakukan dengan cara membatasi makanan tinggi karbohidrat, seperti:

  • Nasi putih
  • Lontong
  • Mie
  • Talas
  • Bihun
  • Macaroni

Karbohidrat memang merupakan salah satu zat atau nutrisi yang penting di dalam tubuh. Namun jika masuk ke dalam tubuh secara berlebihan akan menyebabkan dampak negative. Karbohidrat di dalam tubuh akan diubah menjadi gula sehingga dapat mengakibatkan obesitas semakin parah. Untuk itu anda harus pintar-pintar memilih makanan sebagai  Sumber Karbohidrat Untuk Diet.

Itulah lima jenis diet untuk obesitas yang dapat anda lakukan. Namun ingat, anda perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan salah satu dari jenis diet di atas.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!