10 Khasiat Pisang untuk Diet Cepat Turunkan Berat Badan

tips Diet Pisang

ads

Salah satu jenis asupan banyak dipilih untuk diet adalah buah-buahan. Selain memberikan tambahan nutrisi penting, buah juga dianggap mengenyangkan. Di antara berbagai jenis buah, pisang menjadi salah satu pilihan yang populer untuk diet. Pisang bisa dikonsumsi secara langsung, bisa juga bisa diolah menjadi pelengkap sajian penutup.

Untuk bisa mendapatkan khasiat pisang untuk diet, salah satu metode populernya adalah dengan diet pisang ala Watanabe. Diet pisang ala watanabe ini di populerkan oleh Histoshi Wtanabe ia bahkan berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 18 bulan dengan mengonsumsi pisang. Cara yang dilakukan cukup sederhana, ia hanya mengonsumsi pisang dan air hangat sebagai menu sarapan. Serupa seperti cara diet detox buah lainnya, pilihlah pisang yang dipilih sebaiknya tidak terlalu matang dan masih segar. Yang tak kalah penting, tetap batasi porsi makan siang dan makan malam.

Selain sebagai menu sarapan, Anda juga bisa menjadikan pisang untuk diet sebagai menu camilan di siang atau sore hari. Yang paling praktis, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung untuk mendapatkan khasiat pisang untuk diet. Saat sedang bosan, Anda juga bisa mengolahnya menjadi smoothie atau ditambahkan sedikit madu. Yang terpenting, saat rutin mengonsumsi pisang untuk diet, jangan lupa untuk tetap banyak minum air putih untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dalam sehari. Saat diet pisang, Anda juga dianjurkan tetap rutin melakukan gerakan olahraga mengecilkan perut untuk membantu meningkatkan proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Selain memiliki rasa yang manis, pisang punya khasiat bagi kesehatan, terutama bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Berikut 10 khasiat pisang untuk diet yang perlu Anda ketahui:

  1. Kandungan lemak tidak tinggi

Meski memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, namun pisang memiliki lemak yang tidak terlalu tinggi. Maka dari itu, dengan mengonsumsi pisang maka Anda akan lebih cepat kenyang namun tidak membuat gemuk. Khasiat pisang untuk diet pun dianggap aman dijadikan program diet untuk obesitas.

  1. Punya kandungan kalium

Di balik rasa manisnya, buah pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga baik untuk diet. Kandungan ini diyakini memberikan manfaat besar dalam menstabilkan tekanan darah.

  1. Memberi energi tambahan

Dengan kandungan nutrisinya, pisang disebutkan mampu memberikan Anda tambahan energi ekstra tanpa membuat gemuk. Ya, kalori tinggi pada pisang dapat membantu menjaga kalori harian sebagai tambahan energi. Buah pisang pun bisa menjadi pilihan asupan ideal Anda saat sedang berupaya melakukan metode cara diet cepat.


  1. Berserat tinggi

Pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yakni sekitar 3 gram. Serat memiliki peran yang baik karena membantu melancarkan proses pencernaan tanpa membebani usus dan lambung. Hal ini juga membuat pisang cocok dijadikan buah untuk diet.

  1. Memiliki vitamin C tinggi

Selain jeruk, pisang juga merupakan salah satu jenis buah yang mengandung tinggi vitamin C. Seperti diketahui, konsumsi cukup vitamin C dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan membantu proses pembakaran lemak, terutama bagi Anda yang sedang menerapkan cara diet untuk badan yang susah kurus. Asupan vitamin C juga baik bagi kesehatan kulit dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit kanker.

  1. Tinggi akan kandungan potassium

Dalam sebuah pisang berukuran sedang, terdapat kandungan potassium mencapai 400 mg. Potassium sendiri memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan, serupa seperti dalam metode diet mediterania untuk jantung. Selain itu, nutrisi ini juga penting untuk cukup dikonsumsi karena dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mempercepat pertumbuhan otot.

  1. Mencegah sembelit

Salah satu hambatan dalam program diet adalah sembelit karena mengganggu proses pencernaan dan membuat frekuensi buang air besar (BAB) menjadi tak teratur. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan rutin makan pisang. Pilihlah pisang yang matang untuk membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit. Dengan efek ini, khasiat pisang untuk menurunkan berat badan pun jadi diet yang lagi trend.


  1. Mengandung tinggi vitamin B6

Pisang memiliki cukup tinggi kandungan vitamin B6 yang dikenal juga sebagai pyridoxine. Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembentukan sel-sel tubuh terutama akibat diet terlalu ketat. Hal ini tentu penting supaya tubuh tetap sehat dan tak mudah sakit, terutama saat Anda sedang diet.

  1. Memiliki indeks glikemik rendah

Meski rasanya manis, buah pisang memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah, yakni sekitar 51. Hal ini membuat pisang dapat membantu program diet dan menurunkan berat badan Anda. Indeks glikemik rendah berarti konsumsi pisang akan membantu tubuh mengontrol gula berlebih dalam darah. Dalam metode diet cara diet gula darah yang stabil berarti Anda tidak akan menjadi cepat lapar.

  1. Membuat cepat kenyang

Pisang sangat cocok dikonsumsi saat diet karena kandungan nutrisinya dapat membuat Anda cepat kenyang dan tidak mudah lapar kembali. Selain itu, pisang juga praktis dan bisa langsung dikonsumsi. Jadikan pisang sebagai asupan tambahan saat sarapan dan sebagai menu camilan untuk membantu program diet Anda.

, ,