4 Diet Mediterania Untuk Jantung Terbukti Bikin Jantungmu Sehat

Siapa yang sedang mencarai cara diet sehat ? jika itu anda, maka anda harus mencoba Program Diet Mediterania. Beberapa ahli mengatakan bahwa diet mediterania merupakan cara diet tersehat di dunia. Jika anda belum mengetahui apa itu diet mediterania, maka kami sarankan anda membaca artikel kami yang berjudul Pengertian Diet Mediterania. Beberapa artikel mengenai Syarat Diet Mediterania, Aturan Diet Mediterania, hingga Pantangan Diet Mediterania juga sudah kami tulis sebelumnya.

ads

Selain mampu membuat tubuh anda kurus tanpa efek samping, Manfaat Diet Mediterania lainnya juga sangat banyak, seperti menjaga kesehatan otak dan jantung. Diet Mediterania Mampu Menjaga Kesehatan Otak dengan pola makan sehat yang dilakukan saat melakukan diet tersebut. Hal itu juga sudah diteliti oleh para ahli dan hasilnya memang sangat baik untuk menjaga fungsi dan kesehatan organ tubuh tersebut.

Yang tidak kalah penting, diet mediterania juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Diet mediterania untuk jantung sudah diteliti oleh beberapa ahli di beberapa penelitian nasional maupun internasional. Berikut beberapa hasil penelitian yang membuktikan bahwa diet mediterania mampu menjaga fungsi dan kesehatan organ jantung:

  1. Penelitian yang dipublikasi di dalam Journal Of The American Medical Association (JAMA)

Penelitian yang dilakukan tim peneliti dari King’s College London dan University of California membuktikan bahwa seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan pola makan diet mediterania memiliki High-density lipoprotein atau LDL atau lemak baik yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi pola makanan ala diet mediterania.

Makanan Diet Mediterania terdiri dari makanan sehat seperti sayuran segar, buah, dan minyak zaitun, serta tidak mengkonsumsi daging merah. Namun para pakar menyebutkan bahwa terdapat dua makanan utama diet mediterania untuk jantung yang sangat baik dikonsumsi, yaitu sayuran segar seperti Salad Sayur Untuk Diet dan minyak zaitun.

Menurut penelitian bila kedua bahan makanan tersebut dikonsumsi secara bersamaan maka akan membentuk asam lemak nitro yang dapat menurunkan tekanan darah dan berdampak pada kesehatan jantung. Jantung yang sehat akan membaut kerja atau fungsi jantung dapat berjalan secara maksimal.

  1. Penelitian mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Penelitian yang dilakukan Dian dan Zulfa, mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung juga membuktikan bahwa diet mediterania memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk menjaga kesehatan organ tubuh seperti jantung.

Menurut mereka manfaat diet mediterania untuk jantung terjadi karena perubahan pola makan yang sehat saat menjalani diet yang berasal dari masyarakat wilayah mediterania ini. Saat melakuakn diet mediterania Daftar Menu Diet Mediterania terdiri dari makan sehat seperti sayuran, buah, kacang-kcnagan, sereal, dan minyak zaitun sebagai sumber lemak satu-satunya.

Kandungan asam linolenat di minyak zaitun dapat mencegah aterosklerosis. Dengan begitu minyak zaitun juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung iskemik.


Mereka juga menyimpukan bahwa diet mediterania dapat diterapkan sebagai salah satu pencegahan penyakit jantung dan kardiovaskular. Diet mediterania mampu mencegah faktor resiko mayor penyakit kerdiovaskular dengan meningkatkan aktivitas Glucagonelike Peptide-1 dalam reaksi insulin dan disfungsi pada penderita diabetes.

Selain itu dengan pola makan yang sehat saat melakukan deit mediterania juga mampu menurunkan faktor resiko sindrom metabolic seperti tekanan darah dan kadar kolesterol.

  1. Penelitian yang dilakukan di Horokopiyo University, Athena

Hampir sama dengan hasil dua penelitian sebelumnya, bahwa diet mediterania untuk jantung lebih baik dibandingkan dengan olahraga sekalipun. Pola hidup sehat dengan melakukan pola makan yang sehat menjadi faktor utama diet ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Penelitian yang dilakukan kurang lebih selama 10 tahun ini juga membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan sehat ala diet mediterania memiliki resiko 47% lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan yang tidak melakukan diet ini.


Menurut para peneliti kedisiplinan melakuakan diet mediterania lebih memiliki manfaat protektif dibandingkan dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Diet ini juga memiliki dampak langsung terhadap kesehatan jantung dan dapak tidak langsung terhadapa penyakit diabetes, hipertensi, serta peradangan.

Menurut peneliti, pola makan diet mediterania mudah ditiru oleh semua orang. Itu karena makanan yang dimakan saat melakukan diet ini tergolong mudah ditemukan dibelahan dunia manapun. Contohnya Buah Untuk Diet, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan mengurangi daging merah.

  1. Penelitian yang dipublikasi di Journal Of Epidemiology

Penelitian yang melibatkan 18.991 orang berusia 35 ini juga membuktikan diet mediterania untuk jantung. Mereka menyimpulkan bahwa makanan diet mediterania dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular setidaknya 15% selama empat tahun. Pola makan kaya serat dan protein pada diet mediterania dapat menurunkan resiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan juga angka kematian akibat penyakit berbahaya lainnya.

Itulah berbagai penelitian baik di dalam negeri atau pun di luar negeri yang dapat meyakinkan anda bahwa diet mediterania untuk jantung yang sehat sangat baik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet