26 Buah Untuk Diet Cepat dan Efektif Menurunkan Berat Badan

Saat menjalani program diet, maka asupan makanan seperti buah dan sayuran merupakan jenis yang paling direkomendasikan supaya program diet bisa memberikan hasil yang maksimal sekaligus memberikan manfaat lain untuk kesehatan. Akan tetapi, untuk jenis buah sendiri, ada beberapa buah yang memiliki kandungan gula paling rendah yang sangat baik dikonsumsi dalam program diet.

ads

Artikel terkait:

Buah Untuk Diet

Sedangkan beberapa jenis buah lainnya mempunyai kadar gula tinggi yang kurang tepat di konsumsi saat diet karena tidak memberikan hasil yang terlalu maksimal. Kandungan vitamin C, serat dan beberapa nutrisi lain dalam buah sangat penting untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang lumayan cepat yang tentunya juga diimbangi dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan lain serta berolahraga secara rutin. Berikut ini, kami akan memberikan daftar buah yang digunakan untuk diet terbaik untuk anda konsumsi selama menjalani program diet selengkapnya.

1. Apel

ApelDalam satu buah apel memiliki kandungan serat tinggi, vitamin C, potasium, vitamin K, vitamin B6 dan juga mangan. Buah apel memiliki jumlah antioksidan yang sangat tinggi yang dinamakan dengan flavonoid. Antioksidan flavonoid ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes dan juga asma serta berguna sebagai penghilang bau mulut alami serta membersihkan gigi anda. (Baca Juga : Cara Diet Buah Apel)

Kandungan serat tinggi, kolesterol rendah serta antioksidan tinggi dalam buah apel akan berperan penting untuk menurunkan berat badan dengan cara mempertahankan kadar gula dalam darah supaya tetap seimbang. Mengkonsumsi buah apel secara teratur juga akan membuat perut anda merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah anda untuk ngemil terlalu berlebihan. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Cuka Apel)

2. Alpukat

Dalam satu buah alpukat berukuran sedang mengandung 114 kalori, 4.5 gram serat, folat dan juga sumber vitamin E yang sangat tinggi. Kandungan lemak tak jenuh dalam buah alpukat merupakan asupan sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan bukan memberikan lemak jenuh yang bisa membahayakan tubuh anda. Buah alpukat juga bisa digunakan sebagai pengganti mentega untuk isi sandwich yang akan membuat jantung tetap terjaga kesehatannya dengan baik. Mengkonsumsi alpukat secara teratur tidak hanya membantu dalam program diet anda, namun juga mencukupi kebutuhan tubuh akan berbagai vitamin dan mineral, menurunkan kadar kolesterol sekaligus mencegah berbagai penyakit berbahaya.

3. Pisang

PisangDalam satu buah pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori, 3 gram serat dan menjadi sumber vitamin serta mineral lainnya seperti potasium, vitamin B6 dan juga folat yang sangat dibutuhkan tubuh dalam menurunkan berat badan secara alami.

Kandungan potasium tertinggi dalam segala jenis buah yakni sekitar 422 miligram, membuat pisang menjadi asupan terbaik untuk menurunkan tekanan darah jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Makan buah pisang juga akan mencukupi kebutuhan energi harian anda sekaligus membantu proses penurunan berat badan secara bertahap.

Baca Juga :

4. Blackberry

Dalam setengah cangkir buah blackberry segar atau setara dengan 125 Ml mengandung 31 kalori, 4 gram serat dan tinggi akan kandungan antioksidan, vitamin serta mineral lain. Buah blackberry yang memiliki warna ungu tua ini merupakan zat antioksidan tinggi bernama antosianin yang bisa membantu dalam mengurangi resiko stroke dan juga kanker. Dalam sebuah studi juga menunjukkan jika ekstrak dari buah blackberry  sangat baik untuk menghentikan pertumbuhan dari sel kanker paru  paru serta mengobati asam urat.


5. Blueberry

BlueberryBuah Untuk Diet selanjutnya adalah blueberry. Dalam setiap setengah cangkir atau 125 ml buah blueberry segar mengandung 41 kalori, 1.5 gram serat dan tinggi akan kandungan mineral, antioksidan serta vitamin lain yang akan membantu program diet anda. Blueberry menjadi buah peringkat pertama dalam aktivitas antioksidanya jika dibandingkan dengan 60 jenis buah serta sayuran yang lain.

Blueberry juga menjadi asupan tepat untuk penyakit yang berkaitan dengan usia seperti parkinson dan juga alzheimer. Untuk menyantap buah blueberry sebagai menu diet harian, anda bisa membekukan blueberry segar yang bisa awet sampai 1 tahun lamanya yang nantinya bisa anda olah sebagai smoothie, jus, campuran sereal untuk sarapan, pancake, muffin dan berbagai makanan atau minuman olahan lain.

Baca Juga :

6. Goji Berry

Goji BerryMengkonsumsi setidaknya setengah cangkir atau 125 ml buah goji berry akan memberikan kalori sebanyak 90, 2.5 mg serat dan juga sumber vitamin A serta tinggi akan antioksidan serta serat. Lebih lengkapnya, dalam buah goji berry mengandung protein, serat, vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, omega 3, omega 6, omega 9, asam amino, mineral, besi, magnesium, betain, asam lemak esensial, asam lemak tak jenuh, betasitosterol, fitositosterol dan juga beberapa jenis antioksidan seperti likopen, betakeroten, zeaxanthin dan juga xantofil.

Goji berry adalah buah pembangkit tenaga yang juga mengandung enam buah vitamin serta 21 mineral dan antioksidan. Buah goji berry dikatakan sebagai buah baik untuk dikonsumsi penderita kanker serta diabetes. Namun, untuk mendapatkan nutrisi terbaik dari buah goji berry ini, hindari untuk mengkonsumsinya dalam keadaan yang sudah dikeringkan karena sudah ditambah dengan gula dan kadar gizinya berkurang.

7. Anggur

Menyantap setengah cangkir buah anggur akan mencukupi kebutuhan serat, mengandung 53 kalori, sumber mangan dan juga sumber antioksidan tinggi, kalsium, yodium, kalium, seng, selenium dan juga gula alami yakni dektrosa, mineral serta vitamin lainnya. Dalam buah anggur juga mengandung resveratrol yang merupakan antioksidan untuk membantu pencegahan penyakit jantung, tekanan darah dan juga menurunkan resiko pembekuan darah. Selain itu, antioksidan resveratrol akan membantu dalam menghentikan penyebaran kanker payudara, kanker perut dan juga kanker usus besar. Buah anggur juga bermanfaat untuk mengurangi jumlah lemak yang berada di organ hati serta perut yang menjadi penyebab berat badan bertambah karena kandungan resveratrol sejenis antioksidan. Selain itu, buah anggur juga mendukung keberhasilan diet anda karena bisa melancarkan pencernaan dan membuat asupan gizi dari makanan bisa terserap dengan baik.

8. Kiwi

KiwiDalam setiap satu buah kiwi segar berukuran besar mengandung 56 kalori, 3 gram serat, vitamiin C, vitamin E, potasium dan juga magnesium. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah kiwi bahkan kadarnya lebih tinggi dari buah jeruk sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi dan gusi sekaligus menurunkan kadar trigliserida dalam darah yang menjadi penyebab utama resiko penyakit jantung. Meskipun banyak orang yang hanya mengkonsumsi bagian daging buah kiwi, namun bagian kulitnya yang tampak berbulu tersebut juga bisa anda konsumsi. Buah kiwi yang memiliki kandungan rendah kalori serta tinggi akan vitamin C, membuatnya menjadi buah yang bagus dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dan juga metabolisme tubuh saat berolahraga.

Baca Juga :

9. Mangga

Buah Untuk Diet selanjutnya adalah mangga. Apabila anda mengkonsumsi setengah buah mangga matang berukuran sedang, maka sudah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi diet harian anda seperti 1.5 gram serat, vitamin A, vitamin E, kalori dan berbagai mineral serta vitamin lain yang terkandung dalam buah mangga. Selain itu, dalam mangga juga mengandung antioksidan lutein serta zeaxanthin yang bisa menjaga kesehatan mata sekaligus mengurangi degenerasi makula berkaitan dengan usia yang menjadi penyebab utama kebutaan orang dewasa. Untuk mengkonsumsi mangga sebagai menu diet, anda bisa makan dalam keadaan mentah, dibuat jus atau sebagai campuran salad dan juga smoothie.

10. Jeruk

JerukBuah jeruk berukuran sedang mengandung 3 gram serat, sumber folat, vitamin C dan juga potasium tinggi yang baik untuk menurunkan berat badan anda. Karena kandungan folat yang tinggi, maka buah jeruk sangat cocok untuk diet ibu hamil karena akan mengurangi resiko bayi lahir cacat. Sedangkan kandungan fitokimia yang dinamakan hesperidin sangat ampuh untuk menurunkan kadar trigliserida serta kolesterol di dalam darah anda. Sementara pada bagian kulit jeruk juga bisa dikonsumsi karena mengandung vitamin C tinggi yang hampir sama dengan bagian daging buahnya.

Baca Juga :

11. Pepaya

Dalam buah pepaya ukuran sedang, mengandung 59 kalori, 3 gram serat, sumber vitamin A, vitamin C dan juga folat yang sangat penting untuk menurunkan berat badan anda. Secara lengkap, dalam buah pepaya mengandung folat, niacin, pantothenic acid, pyridoxine, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, fosfor dan zinc. Enzim papain yang terdapat dalam buah pepaya ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan anda sehingga penumpukkan lemak akan ikut larut bersama dengan kotoran dan dibuang dari dalam tubuh. Sedangkan kandungan vitamin A tinggi yang ada dalam pepaya tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan mata, namun juga menjaga kesehatan kulit anda. Sedangkan bagian biji buah pepaya yang berwarna hitam tersebut mengandung antioksidan tinggi yang juga bisa dikonsumsi sebagai saus salad pengganti lada hitam sebab akan memberikan rasa pedas yang cukup tajam. (Baca Juga : Cara Diet Buah Pepaya)

12. Pir

PirBuah pir yang memiliki rasa segar, nikmat dan manis ini mengandung 96 kalori, 5 gram serat dan menjadi sumber berbagai jenis vitamin serta mineral. Dalam buah pir secara lengkap mengandung nutrisi seperti kalium, vitamin C, vitamin K, fenolik, folat atau vitamin B9, tembaga, serat, magnesium, mangan dan juga vitamin B Kompleks.

Serat larut yang terkandung dalam buah pir sangat baik untuk mencegah peradangan, menurunkan kadar kolesterol dan juga mencegah penyakit jantung sekaligus menurunkan berat badan anda secara signifikan. Tidak seperti kebanyakan buah lainnya, buah pir ini dipanen dari pohon dalam keadaan yang masih mentah dan baru dimatangkan dengan proses tertentu. Ini membuat buah pir tidak mengandung terlalu tinggi kadar gula sehingga sangat baik dikonsumsi untuk program diet anda.

Artikel terkait:

13. Nanas

Buah Untuk Diet selanjutnya adalah nanas. Mengkonsumsi setidaknya setengah cangkir atau setara dengan 125 ml buah nanas adalah pilihan terbaik sebagai salah satu menu diet anda karena mengandung 40 kalori, 1 gram serat dan berbagai vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat penting dalam membantu program diet anda. Secara lengkap, dalam buah nanas mengandung vitamin B, vitamin C, betakaroten, vitamin A, vitamin B6, folat dan juga asam pantotenik. Dalam nanas mengandung enzim alami yang dinamakan bromelain. Enzim bromelain ini mampu memecah protein sekaligus melancarkan pencernaan anda sekaligus mencegah pembekuan darah, menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. (Baca Juga : Cara Diet dengan Buah Nanas)

14. Delima

DelimaBuah delima juga menjadi jenis buah baik untuk diet karena dalam setiap setengah buah delima mengandung 53 kalori, serat dan juga sumber vitamin A serta potasium. Dalam buah delima juga mengandung antioksidan tanin yang akan berperan penting dalam memberikan perlindungan kesehatan jantung sehingga mengolah delima menjadi jus akan menurunkan resiko serangan jantung lebih baik sekaligus menjaga tekanan darah dalam keadaan normal.

Secara lengkap, dalam buah delima atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama promegranate ini mengandung energi, karbohidrat, protein, thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, vitamin C, folat, besi, magnesium, kalsium, fosfor, kalium dan juga seng.

15. Raspberry

Tambahkan juga setengah cangkir buah raspberry segar sebagai menu diet anda karena mengandung 32 kalori, 4 gram serat dan juga sumber potasium serta magnesium yang sangat tinggi. Secara lengkap, dalam buah raspberry terkandung karbohidrat, serat, lemak tak jenuh, vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, beta karoten, protein, monounsaturated, polyunsaturated, sodium, mangan dan juga anthocyanin. Raspberry juga tinggi akan kandungan asam ellagic yang merupakan jenis antioksidan untuk mencegah kanker serviks, kanker esfagus dan juga kanker usus besar. Buah raspberry tidak hanya lezat dikonsumsi dalam keadaan segar, namun juga sangat nikmat untuk dicampur dalam menu diet anda seperti selai, campuran yogurt atau sereal dan berbagai menu makanan lainnya.

Baca Juga :


16. Strawberry

Nilai gizi yang terkandung di setiap setengah cangkir atau 125 ml buah strawberry segar adalah 23 kalori, 1.5 gram serat dan juga sumber vitamin C serta serat yang sangat tinggi. Strawberry juga memiliki beberapa kandungan antioksidan yang bersifat anti inflamasi sehingga ampuh untuk mencegah aterosklerosis atau pengerasan arteri dan juga menekan perkembangan dari tumor kanker. Buah strawberry yang tinggi akan serat dan vitamin C ini akan sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi penumpukkan lemak dalam tubuh anda sehingga berat badan ideal bisa anda dapatkan.

17. Tomat

Mengkonsumsi 1 buah tomat segar berukuran sedang bisa mencukupi kebutuhan diet anda akan kalori, serat, vitamin A, air, folat dan juga potasium. Tomat juga merupakan sumber alami likopen yang merupakan salah satu jenis antioksidan kuat untuk mengurangi kolesterol dan melindungi tubuh dari serangan kanker prostat stadium lanjut. Memasak tomat yang ditambahkan dengan minyak zaitun bahkan semakin meningkatkan kandungan likopen dalam buah tomat lebih tinggi dibandingkan dengan mengkonsumsinya dalam keadaan mentah. Ini membuat buah tomat menjadi campuran masakan menu diet terbaik untuk anda konsumsi setiap hari. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Tomat)

18. Semangka

Seperti yang kita ketahui, buah semangka merupakan buah yang tinggi akan kandungan air, serat dan sumber vitamin A tinggi yang akan melancarkan pencernaan dan menghindari tubuh mengalami dehidrasi. Kandungan air tinggi dalam buah semangka menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan anda sekaligus juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Sementara bagian biji semangka juga bisa dikonsumsi dengan cara di panggang untuk dikonsumsi sebagai camilan menu diet anda sehari-hari. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Buah Semangka)

19. Buah Kelapa

Buah Untuk Diet selanjutnya adalah buah kelapa. Kelapa juga menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi dalam program diet karena mengandung nutrisi yang bisa meningkatkan fungsi hati, meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan juga memperoleh berat badan yang ideal. Namun, hindari untuk mengkonsumsi kelapa yang sudah diolah menjadi santan dan dimasak karena akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mengkonsumsi buah kelapa secara mentah akan sangat baik untuk meningkatkan asam lemak baik dalam tubuh anda dan mempertahankan bentuk tubuh ideal secara alami dan tidak akan mengendap di dalam tubuh.

20. Jeruk Bali

Seperti buah pada umumnya, jeruk bali mengandung serat yang tinggi namun rendah kadar kalorinya sehingga baik dikonsumsi saat sedang menjalani program diet sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu proses pembakaran lemak. Sedangkan kandungan air tinggi dalam buah jeruk bali akan lebih banyak membantu program diet hanya dengan cara mengkonsumsi setengah buah jeruk bali secara rutin sebagai menu diet harian anda.

21. Buah Ara

Jenis buah lain yang sangat bermanfaat untuk mendukung program diet anda adalah buah ara yang akan menjaga kesehatan serta memperlancar pencernaan anda. Buha yang berwarna merah, hijau atau ungu pada bagian luarnya ini mengandung serat tinggi yang sangat baik untuk pencernaan dan juga proses menurunkan berat badan khususnya untuk anda yang menjalani program diet golongan darah O.

Artikel terkait:

22. Melon

Buah melon yang berwarna hijau atau oranye ini juga menjadi salah satu buah baik dalam program diet. Tidak hanya menyegarkan karena tinggi kandungan air, namun melon juga mengandung banyak vitamin serta mineral penting yang akan melancarkan pencernaan, menghilangkan tumpukan lemak di dalam tubuh dan mencegah anda dari dehidrasi. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Buah Melon)

23. Buah Naga

Buah NagaDalam buah naga mengandung banyak mineral dan vitamin seperti serat, protein, kalori, zat besi, vitamin C, vitamin B2, vitamin B1, vitamin B3, fosfor dan juga kalsium yang tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, namun juga menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam buah naga mengandung phytoalbumin yang merupakan antioksidan tinggi untuk mencegah kanker prostat, payudara, hati dan juga kanker kulit sekaligus menjaga kesehatan kulit untuk tampilan lebih awet muda. Selain itu, buah naga juga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes, menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan karena kandungan serat tinggi dan juga meningkatkan imun tubuh dari vitamin C buah naga yang akan mencegah anda dari berbagai penyakit yang disebabkan virus serta bakteri seperti flu. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Buah Naga)

24. Persik

Dalam setiap buah persik berukuran sedang mengandung 58 kalori, 2 gram serat dan juga sumber vitamin A serta mineral dan vitamin lainnya. Tingginya vitamin A dalam buah persik ini akan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagai penghambat berbagai infeksi. Sedangkan kandungan serat dalam buah persik tentu saja berperan untuk menurunkan berat badan anda secara alami, aman dan juga menyehatkan.

25. Ceri

CeriDalam setiap setengah cangkir buah ceri mengandung 46 kalori, 1.5 gram serat dan tinggi akan kandungan antioksidan. Dalam buah ceri juga mengandung antosianin glikosida dan juga flavonoid yang merupakan antioksidan pemberi warna merah pada buah ceri.

Sedangkan nutrisi lain yang terkandung dalam buah ceri diantaranya potasium, zat besi, seng, mangan dan juga tembaga. Buah ceri lebih banyak mengandung anthocyanin yang merupakan sejenis antioksidan kuat dan kadarnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Buah ceri ini juga sangat nikmat untuk diolah menjadi selai, jus, smoothie dan berbagai menu makanan diet sehari-hari.

26. Lemon

Buah lemon sudah dikenal sejak lama menjadi buah penurun berat badan paling ampuh khususnya saat dikombinasikan dengan madu. Lemon memiliki kandungan riboflavin, vitamin B dan juga berbagai mineral seperti fosfor, magnesium serta vitamin C tinggi. Semua kandungan bermanfaat dalam buah lemon ini akan membantu proses detoksifikasi, melancarkan pencernaan, menghancurkan penumpukkan lemak dan membantu tubuh dalam melawan berbagai penyakit yang disebabkan virus serta bakteri.

Artikel terkait:

Beberapa buah untuk diet yang kami sudah berikan diatas menjadi pilihan jenis buah terbaik yang akan membantu proses penurunan berat badan anda. Selain itu, ada banyak manfaat lain yang bisa anda peroleh selain menurunkan berat badan, yakni menjaga kesehatan tubuh dan kulit serta mengatasi berbagai penyakit dari mulai yang ringan sampai yang kronis.

, , ,




Oleh :
Kategori : Makanan