7 Akibat Diet Terlalu Ketat Merugikan Tubuh

Bahaya Diet Yang SalahBanyak orang berhasil menguruskan badan dengan Cara Diet Ketat. Cara diet ini memang ampuh untuk menurunkan berat badan dengan drastis dan waktu singkat. Namun biasanya diet ketat identik dengan hal buruk. Beberapa Macam Macam Diet Yang Salah akibat diet terlalu ketat akan menyebabkan tubuh mengalami masalah kesehatan. Mulai dari masalah ringan hingga berat. Kali ini kami akan memberikan beberapa bahaya yang mungkin saja dapat terjadi pada anda jika melakukan diet yang teralalu ketat.

ads

Dampak Buruk Diet Teralu Ketat

Kebanyakan orang Indonesia mengenal diet untuk menguruskan badan. Padahala Manfaat Diet Bagi Kesehatan juga sangat banyak. Bahkan ada beberapa dokter yang menyarankan pasiennya untuk melakukan diet dengan cara tertentu untuk membantu memulihkan kondisinya. Diet dengan cara yang benar akan memberikan efek positif untuk tubuh dan tidak hanya dapat melangsingkan badan. Tetapi diet yang dilakukan dengan salah seperti cara diet yang terlalu ketat akan menimbulkan dampak negative untuk tubuh. Berikut beberapa dapak negative untuk tubuh saat melakuakn diet yang terlalu ketat:

  1. Gangguan pada pola makan

Diet memang lebih sering dikaitkan dengan perubahan pola makan dari yang tidak sehat menjadi sehat. Namun pelaku diet kadang merubah pola makannya menjadi sangat drastis, seperti tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali, hanya makan Buah Untuk Diet dengan porsi yang terlalu sedikit setiap hari, dan pola makan salah lainnya.

Akibatnya pola makan dengan diet terlalu ketat itu membuat tubuh kekurangan nutrisi. Lebih bahaya lagi dapat menyebabkan gangguan makan seperti penyakit anoreksia dan bulimia. Beberapa dokter juga mengatakan akibat diet yang terlalu ketat dapat menyebabkan pendarahan gastrointestinal bahkan kematian.

  1. Lemah jantung

Bahaya Diet Yang Salah dengan melakukan diet ketat juga berdampak pada kesehatan jantung. Diet yang terlalu ketat dapat mengganggu metabolisme tubuh serta meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah yang berbahaya. Sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit arteri dan gangguan pada organ jantung. Kurangnya makanan saat melakukan diet ketat juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan jantung berdebar serta mengalami stress jantung.

  1. Gangguan Mental

Pada beberapa kasus diet yang salah juga dapat mempengaruhi kesehatan mental pelaku. Hal ini biasanya terjadi akibat rasa depresi atau putus asa seseorang akibat dietnya tidak kunjung berhasil. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa cara diet yang teralalu ketat terkadang justru tidak akan membuat tubuh langsing namun justru membuat tubuh mengalami gangguan kesehatan.

Akibat diet terlalu ketat juga menyebabkan tubuh cepat merasa capek, sering berubah suasana hati, serta kurang konsentrasi. Dan akibanya mengalami depresi atau gangguan mental tadi.


  1. Penurunan berat badan tidak permanen

Diet ketat memang menjadi salah satau solisi Cara Diet Cepat yang dapat menurunkan berat badan seseorang. Namun cara diet ketat yang dilakukan dengan cara tidak tetap dan terlalu berlebihan akan menyebabkan penurunan berat badan tidak permanen.

Diet ketat identik dengan mengurangi porsi makan secara drastis dengan harapan tubuh akan langsing dengan cepat. Hal itu mungkin akan terjadi namun tidak untuk selamanya. Saat anda tidak melakukan diet maka tubuh anda akan kembali mebesar sesuai dengan pola makan yang dilakukan.

  1. Penuaan dini

Akibat diet terlalu ketat juga dapat menyebabkan penuaan dini. Ciri-ciri penuaan dini adalah kulit kendur, terlihat garis-garis halus pada wajah, dan warna kulit mengusam. Hal itu dapat terjadi akibat anda melakukan diet terlalu ketat dengan tidak memperhatikan Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Diet. Padahal beberapa nutrisi itu juga penting untuk kesehatan kulit seperti mineral dan vitamin E.


  1. Kekurangan gizi

Berkurangnya asupan makanan setiap hari saat melakukan cara diet ketat juga dapat menyebabkan anda menglami kurang gizi. Hal itu dapat menyebabkan masalah lain untuk tubuh seperti masalah pada batu empedu, rambut rontok, dan melemahnya sistem inum tubuh. Karena itu anda sangat disarankan untuk memilih Cara Diet Yang Baik tidak hanya dapat melangsingkan tubuh dengan cepat namun juga menjaga kesehatan tubuh.

  1. Berikurangnya masa otot

Beberpa cara diet ketat seperti Cara Diet Kenogenik memiliki metode dengan memperbanyak konsumsi makanan berlemak dan menghindari makanan tinggi karbohidrat. Dengan harapan lemak yang masuk ke dalam tubuh dapat menggantikan fungsi karbohidrat untuk dirubah menjadi energi.

Padahal dibeberapa kasus akibat diet terlalu ketat seperti ini memungkinkan seseorang justru menyimpan lemak di dalam tubuh dan membakar otot sebagai gantinya. Jika itu terjadi maka tubuh akan kehilangan banyak otot dan melemahkan otot serta mengurangi stamina hingga melemahkan tulang.

Itulah beberapa akibat diet terlalu ketat yang mungkin dapat mengincar anda. Untuk menghindari hal itu anda dapat memilih berbagai macam cara diet yang aman tanpa efek samping seperti Cara Melakukan Diet Mediterania atau cara diet lainnya yang tepat untuk tubuh anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!