4 Manfaat Jahe dan Sereh untuk Diet Paling Cepat Bikin Kurus

Manfaat Jahe dan Sereh untuk DietJahe dan sereh biasanya digunakan untuk bumbu memasak. Cita rasa khas dari kedua rempah-rempah ini mampu memperkaya rasa masakan. Selain digunakan untuk memasak, ada juga manfaat jahe dan sereh untuk diet.

ads

Jahe adalah salah satu jenis tanaman rimpang. Jahe memberikan sensasi hangat dan pedas pada makanan dan minuman. Jahe biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu memasak, obat-obatan, dan minuman. Selain itu, jahe memiliki manfaat lainnya yaitu:

  1. Menjaga kadar kolestrol
  2. Menstabilkan metabolisme tubuh
  3. Melancarkan BAB (Buang Air Besar)
  4. Mengatasi mual dan muntah
  5. Menjaga kadar gula darah
  6. Menjaga tekanan darah

Sereh atau serai memiliki aroma wangi yang khas. Sereh mengandung sumber vitamin dan energi. Sereh juga bersifat antibakterial yang menguntungkan bagi kesehatan. Selain digunakan sebagai bumbu memasak, manfaat lain dari sereh diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh
  2. Aromaterapi pengusir nyamuk
  3. Menjaga kadar kolestrol
  4. Membersihkan zat-zat racun berbahaya
  5. Anti kanker
  6. Mengatasi insomnia
  7. Mengobati infeksi dan penyakit kulit

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, dapat dikatakan bahwa ada manfaat jahe dan sereh untuk diet. Manfaat jahe dan sereh untuk diet yakni:

  1. Menjaga kadar kolsetrol

Kolestrol sebenarnya adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kolestrol diperlukan untuk menghasilkan hormon, vitamin D, dan produk penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika kadar kolestrol dalam tubuh berlebihan maka dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Penurunan kadar kolestrol dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Saat Anda melakukan diet, Anda pastinya menginginkan jantung tetap sehat. Kandungan yang terdapat dalam jahe dan sereh dapat membantu Anda menjaga kolestrol dalam tubuh, sehingga tubuh Anda tetap sehat saat menjalani diet.

Anda dapat juga mencoba makanan rendah kalori yang menyenangkan atau makanan rendah kalori dan tinggi protein agar diet tidak membosankan. Selain itu, kesehatan jantung dapat diperoleh dari manfaat olahraga kardio atau melakukan diet mediterania untuk jantung.


  1. Menstabilkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh yang sehat pastinya dibutuhkan saat Anda sedang menjalani diet. Metabolisme tubuh diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi. Anda tidak hanya bisa mengandalkan manfaat jahe dan sereh saja dalam hal ini, tetapi Anda perlu melakukan olahraga untuk diet sehat.

  1. Menjaga kadar gula darah

Sama seperti kolestrol, gula juga diperlukan untuk tubuh Anda. Zat tersebut sangat penting sebagai sumber energi untuk sel-sel tubuh. Namun, jumlahnya yang terlalu berlebihan atau kurang dalam tubuh tidak baik untuk kesehatan.

Jahe dan sereh bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah. Lakukan cara diet gula yang baik selain memanfaatkan khasiat jahe dan sereh untuk menjaga kadar gula darah.

  1. Sebagai antioksidan

Para ahli menyatakan bahwa jahe dan sereh dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan Anda. Selain dapat menyehatkan jantung, antioksidan dapat mencegah penuaan dan menguatkan sistem imun. Selain jahe dan sereh, khasiat bawang putih dan  khasiat jeruk nipis  dapat bermanfaat sebagai antioksidan.

Itulah penjelasan manfaat jahe dan sereh untuk diet. Anda dapat mengkonsumsinya dengan mengetahui cara membuat teh jahe untuk diet. Namun, Anda juga perlu mengetahui efek samping jahe untuk diet supaya diet Anda tidak berbahaya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet