Ketahui 7 Manfaat Yoghurt Untuk Diet yang Baik untuk Proses Dietmu

Diet merupakan sebuah hal yang seringkali dilakukan oleh para wanita tidak terbatas oleh usia. Jarang ditemukan metode diet yang benar dan sehat. Seringkali, diet dituntut untuk menghasilkan hasil secara instan meskipun ternyata metode yang digunakan justru merusak tubuh. Terdapat cara mudah untuk mencoba gerakan pilates untuk pemula dan gerakan yoga penurun berat badan.

ads

Yoghurt merupakan produk susu yang dihasilkan dari proses fermentasi susu. Probiotik atau bakteri baik yang berada di dalam yoghurt, merupakan mikroorganisme yang bekerja memfermentasi laktosa menjadi asam laktat. Asam laktat membuat yoghurt menjadi kental dan memiliki tekstur serta bau yang khas. Yoghurt sendiri berasal dari berbagai jenis susu.

Metode fermentasi susu telah dikenal sejak 6000 tahun yang lalu dengan tujuan untuk mengawetkan susu. Diyakini bawa fermentasi susu dimulai di Asia Tengah. Namun ternyata, terdapat manfaat yoghurt untuk diet yang belum semua orang tahu.

1. Mengatur Level Kolesterol

Manfaat yoghurt untuk diet yang pertama berhubungan dengan jantung. Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang cukup tinggi. Salah satu probiotik tersebut adalah Lactobacillus Acidophilus. Mikroorganisme ini efektif dalam menurunkan tingkat LDL atau low-density lipoproteins yang berada di dalam darah.

LDL sendiri dikenal dengan nama kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini sering dikaitkan dengan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Konsumsi yoghurt membantu dalam mengontrol tingkat kolesterol jahat pada tubuh. Manfaat yoghurt untuk diet sangat banyak, tidak seperti teh diet yang memiliki efek samping minum teh diet.

2. Membantu Sistem Pencernaan

Manfaat yoghurt untuk diet selanjutnya didapat karena yoghurt memiliki kandungan Lactobacillus Acidophilus dan Bifidobacterium cukup tinggi. Probiotik ini memiliki efek meredakan kembung, sembelit, dan diare. Yoghurt juga membantu merangsang mikroflora di usus dan memungkinkan proses peristaltik yang lancar.

Karenanya, salah satu manfaat yoghurt untuk diet adalah membantu sistem pencernaan. Kedua jenis probiotik tersebut juga membantu melawan H. pylori, sejenis bakteri yang menyebabkan infeksi di lambung dan usus.

3. Menyediakan Omega-3

Manfaat yoghurt untuk diet selanjutnya adalah menyediakan asam lemak omega-3. Asam lemak ini membantu penurunan berat badan, mengatur tekanan darah, mengurangi peradangan, dan mencegah kanker. Produk-produk susu (termasuk yoghurt) berasal dari sapi-sapi yang diberi makan rumput.

Dimana terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Apabila diet dilakukan oleh orang-orang yang vegan, maka yoghurt bisa menjadi pilihan sebagai salah satu jenis produk dairy. Untuk menghindari makanan berlemak, dapat dicoba juga diet rendah lemak.

4. Memperkuat Sistem Imun

Probiotik yang berada pada yoghurt merangsang sistem kekebalan mukosa usus dengan cara mendorong sel-sel penghasil sitokin dalam usus. Dengan adanya sistem pencernaan yang baik, maka penyerapan nutrisi dapat dilakukan secara optimal. Hal ini menghasilkan peningkatan kekebalan tubuh. Hal tersebutla yang menghasilkan manfaat yoghurt untuk diet. Namun untuk antisipasi, dapat digunakan alternatif cara menjaga berat badan agar tetap stabil.


5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat yoghurt untuk diet selanjutnya berkaitan dengan tulang. Yoghurt memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi. Kalsium meningkatkan kesehatan tulang dan dapat mengurangi risiko osteoporosis, sedangkan protein yang cukup juga dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

6. Mengurangi Rasa Lapar

Manfaat yoghurt untuk diet selanjutnya adalah mengurangi rasa lapar. Yoghurt memiliki protein dalam jumlah besar, sehingga dengan mengonsumsi produk tersebut akan terasa kenyang lebih lama. Penelitian menunjukkan bahwa orang dapat makan lebih sedikit sepanjang hari setelah makan yang tinggi protein.

Sebuah studi lebih lanjut menemukan bahwa peningkatan protein menyebabkan orang mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan, yang berkontribusi pada penurunan berat badan yang lebih besar. Dapat juga mencari informasi mengenai cara diet penderita maag atau mencoba diet mayo bagi penderita maag.

7. Membantu Mempertahankan Berat Badan

Kandungan protein pada yoghurt meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh setiap harinya. Protein mampu meningkatkan produksi hormon tertentu yang menandakan kenyang.

Hal tersebut mendorong pengurangan asupan kalori yang menguntungkan dalam penurunan berat badan. Untuk pola diet yang ideal juga harus menyisipkan olahraga untuk diet sehat. 

Itulah tujuh manfaat yoghurt untuk diet. Apabila ingin mencoba alternatif lain, alangkah lebih baik untuk mencari informasi lanjut mengenai cara diet alami cepat turunkan berat badan dan mencoba cara diet alami dalam waktu singkat.

 

, , , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet