12 Cara Diet Alami Dalam Waktu Singkat yang Sayang Dilewatkan

cara diet alami dalam waktu singkatSemua orang mendambakan memiliki tubuh ideal baik bentuk maupun beratnya, baik pria maupun wanita. Bila berat badan tidak ideal misalnya obesitas atau kegemukan yang berlebih maka acapkali menurunkan kepercayaan diri orang yang mengalaminya, terutama bila itu terjadi pada kaum wanita. Beberapa cara yang kerap kali dilakukan misalnya olahraga, cara diet cepat, hingga membeli alat-alat pelangsing.

ads

Salah satu diantara cara-cara tersebut yang sudah umum dilakukan oleh sebagian besar kaum wanita sekarang ini adalah diet. Mengapa? Alasannya adalah sebagian kalangan banyak yang malas melakukan olahraga, serta ada juga yang tidak mampu membeli obat serta alat-alat pelangsing.

Oleh karena itu, cara yang paling murah, aman, sehat dan mungkin dilakukan oleh semua orang adalah cara diet alami. Tetapi, meski terlihat mudah, diet tidak boleh dilakukan secara sembarangan tanpa pengetahuan. Jika Anda salah memilih serta menerapkan metode cara diet yang benar dan tepat, maka akan menyebabkan efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh Anda.

Ada beberapa resiko bila melakukan diet tidak sehat, diantaranya adalah terjadi kerusakan jaringan otot, kekurangan nutrisi, mengalami gangguan tubuh seperti rambut rontok, haid tidak lancar atau konstipasi, serta mudah lelah, lemas, dan dehidrasi serius bahkan berat badan bisa kembali seperti sebelum melakukan diet.

Oleh karena itulah, hampir sebagian besar orang mencari berbagai cara diet alami dalam waktu singkat untuk menurunkan berat badan serta mendapatkan tubuh ideal yang sehat. Apa saja cara tersebut? Berikut penjelasan lengkap keduabelas cara diet cepat kurus yang alami tersebut.

  1. Minum Air Putih

Seperti anggapan umum, air putih sangatlah baik untuk kesehatan, karena air dapat membawa keluar racun serta membantu melancarkan proses metabolisme tubuh Anda. Dalam menjalani diet sehat, Anda harus banyak-banyak minum air putih setiap hari. Jumlah minimal air putih yang diminum setiap harinya adalah sebanyak 8 gelas per-hari. Selain itu, manfaat air putih hangat untuk diet juga pas menurunkan berat badan Anda jika diminum rutin.

Tak hanya itu, mengkonsumsi banyak air putih juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit batu ginjal serta membantu membersihkan tubuh Anda dari kelebihan mineral natrium.

  1. Hindari Makanan Berlemak

Jikalau Anda diet tapi masih mengkonsumsi makanan berlemak, maka harapan untuk mendapatkan berat badan ideal menjadi sangat tipis. Bagaimana bisa? Makanan berlemak dan makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak berbahaya untuk tubuh. Sangat tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selama diet rendah lemak, oleh karena kandungan radikal bebas-nya yang melimpah.

Kurangi juga mengkonsumsi makanan ringan favorit Anda seperti snack-snack yang penuh dengan MSG dan perasa buatan lain. Ganti makanan-makanan tersebut dengan cracker wholemeal, buah-buahan, sayuran rebus atau sayuran panggang.

  1. Makanan Sehat

Diet tidak berarti Anda harus puasa lho. Namun, diet bermakna Anda harus mengontrol pola makan Anda setiap harinya, misalnya apa saja menunya atau berapa banyak makanannya atau waktu apa saja yang tepat untuk makan. Bila Anda tidak mengkonsumsi menu yang tepat misalnya makanan-makanan berlemak, maka program diet untuk obesitas yang sedang Anda lakukan pun akan menjadi sia-sia. Bukannya menurunkan berat badan, malah Anda akan mengalami kegemukan.


Oleh karena itulah, gantilah menu-menu diet Anda dengan makanan sehat untuk diet yang baik dan tepat. Beberapa contoh makanan sehat tersebut adalah buah-buahan, sayur-sayuran untuk diet, ikan, telur, kacang-kacangan, daging tanpa lemak serta yoghurt.

Hindarilah makan malam lewat dari jam delapan malam. Selain itu, bila Anda tipe orang yang harus ngemil, maka kurangilah ngemil dengan makanan-makanan tidak sehat, seperti snack yang mengandung banyak MSG. Lebih baik Anda ngemil dengan yoghurt rendah lemak, dan buah-buahan atau salad sayur untuk diet yang jelas-jelas lebih sehat.

  1. Teh Hijau

Orang Tiongkok sering mengkonsumsi teh hijau oleh karena khasiatnya yang baik bagi kesehatan. Teh hijau mengandung katekin serta antioksidan yang tinggi karena dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Oleh karena itu meminum teh hijau secara rutin dan teratur dapat menjadi jenis diet yang efektif dan sangat prospektif demi berat badan Anda lebih ideal.

  1. Makanan Pedas

Makanan-makanan pedas juga bisa dikonsumsi selama masa diet, lho! Salah satu contoh makanan pedas yang sudah banyak dikenal yaitu cabai dan jalapeno. Kandungan capsaicin dalam kedua makanan pedas tersebut dapat meningkatkan pelepasan hormon stress seperti adrenalin juga mempercepat terjadinya pembakaran kalori tubuh Anda. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang berada dalam masa diet, bukan? Anda juga bisa menambahkan lada hitam dan oregano.

  1. Makanan Kaya Mineral

Jikalau Anda tidak suka pedas, maka bisa juga mencoba mengkonsumsi makanan yang kaya akan mineral. Mineral apa saja yang dianjurkan untuk diet alami dan sehat? Mineral-mineral tersebut adalah kalium, kalsium dan magnesium. Kalsium disini dapat menjaga keseimbangan dengan mineral natrium dalam tubuh Anda agar tidak berlebih.

Beberapa contoh makanan yang kaya akan kalium diantaranya adalah jeruk, melon, sayuran hijau, pisang, ubi jalar, tomat, wortel dan kembang kol. Ada juga biji-bijian, kacang-kacangan dan susu rendah lemak. Manfaat makanan-makanan kaya mineral seperti ini sangatlah beragam, mulai dari mengontrol gula darah, menurunkan tekanan darah Anda hingga mengurangi risiko penyakit kronis secara keseluruhan.

  1. Sayur dan Buah

Salah satu menu diet alami yang wajib dijadikan pilihan yang enak sekaligus murah adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Kandungan serat dalam buah dan sayur serta berbagai vitamin dan nutrisi lainnya dapat menunjang diet alami Anda agar lebih sehat. Beberapa cara konsumsi yang bisa Anda lakukan saat menggunakan sayuran dan buah-buahan untuk diet adalah sebagai berikut.

  • Salad sayur dan buah bisa menjadi menu diet alternatif yang dikonsumsi dalam bentuk mentah. Ini merupakan salah satu cara detox usus yang alami dan sehat, lho!
  • Jus buah dan sayur yang berada dalam bentuk konsentrat-nya juga bisa lho dijadikan menu diet andalan Anda. Konsumsi jus untuk diet di malam hari sangat segar dan efektif.
  1. Olahraga Rutin

Sudah rahasia umum bahwa olahraga yang rutin akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan kuat. Segala penyakit pun jarang datang. Segala upaya menurunkan berat badan hingga menyehatkan tubuh meski memakai obat akan sia-sia tanpa diimbangi dengan olahraga yang rutin. Bagi Anda yang malas melakukan olahraga, Anda dapat mencoba melakukan olahraga ringan yang mudah dan murah meriah.

Salah satu contohnya adalah jogging dan jalan kaki selama tiga puluh menit setiap hari. Usahakan untuk menyisihkan waktu Anda dalam berolahraga tiap harinya karena sekitar 70% lemak tubuh Anda akan terbakar hanya dengan melakukan aktivitas ini. Selain itu, Anda juga harus memilih waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Salah satu waktu yang tepat itu adalah pada malam hari ketika proses metabolisme sebagian besar orang melambat menjelang tidur.

Sisihkan waktu minimal tiga puluh menit untuk jalan-jalan kecil atau aktivitas aerobic sebelum makan malam, maka laju metabolism tubuh Anda pun meningkat selama dua hingga tiga jam. Aktivitas ini sangat membantu diet alami yang sedang Anda lakukan, karena tubuh menjadi rileks dan tidak stress sehingga kalori pun tidak naik dengan cepat. Oleh karena itu, bila ingin cara diet alami yang cepat dan maksimal maka imbangilah dengan berolahraga rutin dan teratur.

  1. Hindari Makanan Bernatrium Tinggi

Suka ngemil makanan ringan? Nah, salah satu cara diet alami dalam waktu singkat adalah membatasi sesedikit mungkin snack yang mengandung natrium tinggi. Anda tidak boleh mengkonsumsi produk snack yang memiliki kadar natrium lebih dari 140 mg per-porsi. Mengapa demikian?

Hal itu disebabkan oleh hasil penelitian yang mengungkapkan fakta bahwa makanan yang memiliki kadar natrium tinggi, kandungan lemak jenuh dan trans-fat yang tinggi serta gula sederhana yang juga tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

  1. Tidur Cukup

Cara diet alami dalam waktu singkat lain yang mesti Anda coba adalah tidur yang cukup. Kurang tidur dapat menyebabkan insomnia serta kegemukan, lho. Banyak penelitian menyebutkan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam per malam dapat memperlambat proses metabolisme yang ada dalam tubuh mereka. Sebaliknya ketika Anda beristirahat lebih lama, maka tubuh Anda pun akan menjadi lebih segar dan proses penurunan berat badan pun menjadi lebih cepat.

  1. Makanan Berserat Tinggi

Makanan-makanan yang umumnya dikonsumsi untuk diet alami adalah makanan berserat tinggi. Beberapa contoh makanan berserat tinggi yang bisa Anda coba adalah semangka, mentimun, nanas, tomat, asparagus, seledri, cranberry dan artichoke. Semua makanan berserat itu mengandung sifat diuretik yang mampu membantu perut Anda agar tetap kenyang selama masa diet. 


  1. Kontrol Porsi Makan

Setelah memilih menu diet makanan sehat yang cocok, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah mengontrol porsi makan Anda. Bagi yang sedang melakukan program diet, maka sistem kebutuhan kalori sangat penting untuk diterapkan dalam mengkonsumsi makanan. Pastikan jumlah kalor yang dikonsumsi ini tidak melebihi batas kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Misalnya saja, Anda dapat mencoba menu diet sehat sebesar 2000 kalori setiap hari yang notabene sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh Anda. Beberapa contoh menu makanan sehat untuk diet sebesar 2000 kalori yang bisa Anda coba tiap harinya adalah sebagai berikut

Menu Sarapan Pagi :

  • Menu 1 : Sereal dengan taburan kismis ditambah susu bebas lemak bisa menjadi menu andalan sarapan pagi Anda yang lengkap gizi lho. Ditambah lagi dengan buah pisang kecil dan sehelai roti selai kacang. Tak ada lagi deh yang namanya kelaparan
  • Menu 2 : Oatmeal dengan taburan kismis yang dimasak dengan margarin juga bisa menjadi menu kedua. Anda juga bisa meminum segelas es jeruk atau susu bebas lemak

Menu Makan Siang :

  • Menu 1 : Sandwich dari biji-bijian dilengkapi dengan daging ayam tanpa lemak, saus mustard, jamur dan selada
  • Menu 2 : Kentang rebus 200 gram

Menu Makan Malam :

  • Menu 1 : Nasi merah, capcay tahu dan sayur paprika. Minumannya bisa dengan teh lemon atau teh jeruk nipis
  • Menu 2 : Ubi, sup ikan dan jus tomat tanpa pemanis seperti gula

Demikianlah kedua belas cara diet alami dalam waktu singkat yang perlu Anda coba. Mengingat begitu banyak cara atau metode diet alami nan sehat dan aman tersebut, Anda tidak perlu lagi mengambil resiko dengan mengkonsumsi obat diet yang harganya mahal dan juga memiliki efek samping yang berbahaya. Bukankah diet yang murah meriah sekaligus aman dan sehat itu lebih prospektif dibandingkan cara diet yang mahal namun keamanannya kurang terjamin?

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips