8 Gerakan Yoga Penurun Berat Badan yang Wajib Kamu Coba

Gerakan Yoga Penurun Berat BadanYoga merupakan salah satu kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi wanita. Olahraga ini tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga membuat diri menjadi rileks. Secara sekilas terlihat mirip dengan pilates, namun terdapat perbedaan pilates dengan yoga.

ads

Yoga sendiri adalah sebuah kegiatan yang menggabungkan olah pikiran dan tubuh yang berfokus pada pengaturan pernafasan dan fleksibilitas untuk meningkatkan kemampuan fisik dan juga mental.

Postur dan pernafasan merupakan kunci dari melakukan yoga. Meskipun terdapat efek samping yoga, namun manfaat yang ditawarkan jauh lebih banyak. Salah satunya yaitu yoga adalah olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan. Untuk itu, terdapat beberapa gerakan yoga penurun berat badan yang akan dijelaskan lebih mendalam.

1. Boat Pose

Gerakan yoga penurun berat badan yang pertama adalah boat pose. Duduk di atas matras dan angkat kaki serta bagian atas tubuh hingga membentuk huruf V. Tahan selama 30 detik dan cobalah untuk melakukan pernafasan secara teratur dan perlahan. Gerakan ini bermanfaat untuk menguatkan otot perut dan punggung. Selain gerakan ini, juga terdapat senam yang dapat mengecilkan perut. 

2. Willow Pose

Letakkan telapak kaki kanan ke sisi dalam paha kiri. Angkat kedua tangan ke depan dada dan dekatkan hingga bersentuhan. Tahan di posisi ini sambil mengatur nafas. Rentangkan tangan ke atas lalu bengkokkan badan ke sisi kanan. Luruskan kembali dan ulangi untuk kaki kiri.

3. Plank

Bertumpulah di atas matras dengan empat titik (seperti posisi merangkak). Secara perlahan dekatkan bokong ke arah tumit. Kembali ke posisi semula dan aturlah pernafasan. Angkat tubuh seraya memanjangkan kaki ke belakang hingga membentuk posisi seolah sedang melakukan push up. Terdapat cara plank yang benar yang wajib anda pahami.

4. Warrior II

Posisi ini berfungsi untuk melatih otot paha dan bahu. Tekuklah lutut sehingga posisi paha sejajar dengan matras. Posisikan tangan kanan mengarah kedepan dan tangan kiri ke belakang. Posisi ini dapat dilakukan dengan waktu yang bervariasi, sesuai dengan ketahanan masing-masing.

5. Warrior III

Arahkan kedua tangan kedepan, angkat salah satu kaki dan posisikan tubuh sejajar dengan matras. Tundukkan kepala dan posisikan di tengah-tengah lengan. Posisi ini dapat dilakukan dengan waktu yang bervariasi, sesuai dengan ketahanan masing-masing. Selain gerakan ini, terdapat juga cara melakukan side plank dan manfaat plank sebelum tidur. 


6. Bow Pose

Gerakan bow pose bertujuan untuk menghilangkan lemak di daerah paha, pinggang, perut dan dada. Seluruh langkah mengikuti cara fitnes yang benar untuk pemula. Dimulai dengan berbaring telungkup di atas matras. Angkat tangan ke belakang dan genggam jari-jari kaki.

Setelah itu angkat dada secara perlahan dengan mempertahankan perut dan paha tetap menempel di atas matras. Saat ini tubuh membentuk lengkungan seperti halnya busur. Gerakan ini dapat dilakukan selama 30 detik, dengan mengatur pernafasan secara teratur.

7. Camel Pose

Gerakan yoga penurun berat badan yang ketujuh adalah camel pose. Gerakan ini merupakan salah satu cara membuat perut rata. Untuk melakukannya, ambillah posisi berlutut. Kemudian lengkungkan tubuh ke bagian belakang dan gunakan tangan kanan untuk bertumpu pada kaki kanan, begitu juga sebaliknya.

8. Seated Forward Bend

Duduklah di matras. Posisikan lengan ke atas mengarah ke langit-langit, tarik nafas dan luruskan punggung. Mulailah maju secara perlahan dengan bergantung kepada pinggul. Tangan meraih mata kaki dengan posisi punggung masih menekuk. Untuk mengetahui tentang fitnes, terdapat juga tips fitnes untuk pemula.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Panduan
Search
Info Diet

Mitos Diet Ini Tak Perlu Anda Percaya Lagi!