7 Kreasi Nikmat Menu Bekal Sehat Untuk Diet yang Mudah Dibuat

Tak bisa dipungkiri, makanan adalah faktor utama penentu keberhasilan diet. Mengontrol asupan nutrisi  serta menghitung jumlah kalori yang masuk dalam tubuh adalah suatu upaya penting untuk menjaga tubuh tetap ideal.

ads

Bahkan, saat ini ada berbagai cara menghitung jumlah kalori pada makanan. Namun, upaya ini tentu tidak begitu saja mudah dilakukan. Upaya diet acap kali terganggu karena kebiasaan makan-makanan yang tidak sehat atau tinggi lemak.

Untuk mengontrol jumlah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, menyiapkan makanan sendiri adalah salah satu cara yang paling efektif. Tak hanya menu sarapan, bekal sehat juga bisa dipersiapkan sendiri. Bingung menentukan menu bekal sehat untuk diet? Yuk, simak berbagai rekomendasinya berikut ini!

1. Salad

Menu pertama yang cocok dijadikan bekal kala diet adalah salad. Ada dua jenis salad yang bisa dipilih, yaitu salad sayur dan buah. Baik salad sayur maupun buah memiliki keistimewaan masing-masing. Salad sayur dan buah kaya akan serat, sehingga mampu menggantikan karbohidrat pada nasi sebagai sumber energi.

Manfaat salad untuk diet sangatlah banyak. Tak hanya kaya serat, cara membuat salad untuk diet pun cukup mudah. Untuk salad sayur, cukup siapkan selada, daun arugula, tomat, mentimun, dan potongan keju. Jangan lupa menambahkan garam dan merica untuk seasoning. 

Untuk sumber protein, tambahkan telur rebus, daging, atau suwiran ayam sesuai selera. Untuk dressing, yoghurt, mayonaise, atau mustard bisa dijadikan pilihan. Bila ingin bekal salad yang memberikan sensasi segar, tambahkan perasan lemon ketika hendak menyantapnya.

Untuk salad buah, cara membuatnya lebih sederhana. Cukup siapkan buah-buahan sesuai selera, misalnya melon, apel, alpukat, anggur, atau strawberry. Kemudian tambahkan yoghurt dan parutan keju di atasnya. Salad buah sangat cocok jadi bekal makan siang, apalagi saat cuaca sedang terik. Selain menyegarkan, menu bekal salad juga menyehatkan.

2. Gimbap

Suka nonton Drama Korea? Pasti tidak asing dengan makanan yang satu ini. Yup, gimbap! Gimbap adalah makanan khas Korea. Nasi yang digulung rumput laut kering atau nori ini bisa menjadi pilihan bekal sehat untuk diet selanjutnya.

Gimbap sering dipilih sebagai menu makan siang siswa Korea, dan menjadi menu bekal wajib kala piknik. Makanan ini tergolong rendah kalori, karena hanya menggunakan sedikit nasi untuk menggulung.

Selain itu, khasiat rumput laut untuk diet atau biasa dikenal dengan nori yang menjadi kulit gimbap mengandung alginate, yang merupakan jenis serat penghambat lemak. Alginate bertugas untuk menghambat kinerja enzim pemecah lemak, sehingga lemak yang tidak tercerna akan terbuang bersama feses.

Isiannya pun tak kalah bernutrisi, ada wortel dan bayam yang kaya serat. Tambahkan telur atau sosis untuk menambah selera.

3. Oatmeal

Rekomendasi menu selanjutnya adalah oatmeal. Ada banyak  sekali manfaat oatmeal untuk diet yang bisa didapatkan. Tak hanya cocok sebagai menu sarapan, oatmeal juga bisa dijadikan pilihan bekal. Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga membuat tubuh tidak mudah lapar.

Vitamin B1, fosfor, dan magnesium, serta protein dalam oatmeal mampu menghasilkan energi, sehingga aktivitas menjadi lebih bersemangat. Memiliki nilai indeks glikemik yang rendah, oatmeal sangat cocok bagi pelaku diet, karena mampu menjaga berat badan.

Kadar kolesterol serta gula darah pun menjadi normal. Oatmeal plain bisa menjadi pilihan bagi yang menginginkan kandungan kalori rendah. Untuk menambah cita rasa oatmeal, tambahkan bubuk kayu manis atau potongan buah yang memberi sensasi segar.


4. Sandwich

Tak hanya salad, sandwich juga bisa jadi ide menu bekal sehat untuk diet, loh! Sandwich menjadi menu praktis bagi yang tidak mau ribet dalam menyiapkan bekal. Untuk memaksimalkan diet, pilih roti berbahan dasar gandum yang kaya serat sebagai sumber energi.

Jangan lupa juga untuk memilih sayuran hijau, misalnya selada yang segar dan daging atau telur terbaik untuk meningkatkan selera. Sebagai penambah cita rasa, saus tomat segar dengan mayones rendah lemak sangat cocok bagi pelaku diet.

Bila ingin diet namun tak suka makan sayur, sandwich juga bisa diganti isiannya dengan buah-buahan. Caranya cukup mudah, potong buah-buahan sesuai selera dan gunakan sebagai isian. Untuk penambah cita rasa, beri madu atau lelehan coklat.

Jika ingin terasa gurih, mayones juga bisa ditambahkan, loh! Sandwich semakin nikmat disantap ditemani segelas jus yang menyegarkan. Ada berbagai jenis jus sehat untuk diet, misalnya jus mangga atau jeruk yang kaya vitamin C. Selain menyegarkan, minum jus juga bisa menambah semangat untuk kembali bekerja seusai makan siang.

5. Mashed Potato

Tak ingin makan nasi atau roti? Menu bekal sehat untuk diet yang cocok bagi pelaku diet pantang nasi adalah mashed potato. Sajian berbahan dasar kentang ini sangat mudah dan cepat dibuat, cocok untuk pekerja kantoran yang tak mau ribet menyiapkan bekal untuk dibawa ke kantor.

Cukup rebus kentang, kemudian haluskan. Lalu cairkan susu dan mentega, kemudian tuangkan pada kentang yang sudah dihancurkan. Untuk bumbunya, tambahkan garam dan mereca sesuai selera. Mudah bukan? Kentang memiliki kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi.

Selain itu, sajian mashed potato kaya akan nutrisi, seperti kalsium, mineral, dan vitamin, karena tambahan susu di dalamnya. Jumlah gulanya pun lebih rendah dari pada serat, dimana setiap 100 gram mashed potato, diperkirakan terdapat 0,5 gram gula dan 1,3 gram serat. Selain mashed potato, masih banyak lagi loh makanan diet dari kentang yang dapat dipilih sebagai menu bekal!

6. Omurice

Pernah mendengar omurice? Bagi para ibu, rasanya menu yang satu ini sudah sangat akrab di telinga. Pasalnya, omurice adalah salah satu menu favorit bagi anak-anak. Disukai oleh anak-anak, bukan berarti orang dewasa tak boleh mencobanya, loh! Omurice adalah singkatan dari omelete rice, kreasi nasi yang dibalut dengan omelete.

Bagi para pelaku diet, nasi putih yang biasa digunakan untuk omurice bisa diganti dengan nasi merah, karena khasiat nasi merah untuk diet cukup beragam mengingat kandungan seratnya yang tinggi dan rendah gula. Tambahkan pula potongan sayur, seperti brokoli, wortel, dan kacang polong yang dikukus atau ditumis terlebih dahulu. Jangan lupa untuk melakukan seasoning dengan garam dan merica sesuai selera.

Bagi pecinta pedas, tambahkan pula cabai bubuk. Buatlah omelete selebar mungkin, kemudian letakkan nasi di atas omelete. Sebelum menutup nasi dengan omelete, tambahkan sayur yang telah dikukus atau ditumis ke atas nasi. Bagi yang menginginkan cita rasa tercampur sempurna, campurlah sayur dengan nasi sebelum dibalur dengan omelete.

Bila menginginkan tambahan protein pada sajian omurice, suwiran ayam atau potongan daging akan menambah cita rasa omurice yang akan membuat para pelaku diet semangat untuk menyantap bekal.

7. Fu Yung Hai

Menu bekal sehat untuk diet yang terakhir adalah fu yung hai. Penikmat Chinese food pasti sudah akrab dengan yang namanya fu yung hai. Tak hanya sebagai menu bekal sehat untuk diet, fu yung hai yang legendaris juga kaya akan nutrisi.

Makanan yang didominasi dengan telur ayam ini kaya protein. Biasa menggunakan dading sapi atau ayam cincang, para pelaku diet bisa menyiasatinya dengan memperbanyak isian sayur pada adonan fu yung hai, misalnya wortel dan daun bawang.

Memiliki cita rasa yang nikmat, para pelaku diet harus mau meluangkan waktu untuk membuat sajian yang satu ini, karena memerlukan beberapa tahap pembuatan. langkah pertama adalah membuat adonan fu yung hai yang terdiri dari telur, tepung tapioka, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, wortel, daging cincang, dan garam.

Setelah adonan dibuat, goreng pada minyak panas hingga kecoklatan. Bagi pelaku diet, disarankan menggunakan minyak zaitun, karena khasiat minyak zaitun untuk diet yang mampu menurunkan berat badan. Usai menggoreng fu yung hai, selanjutnya adalah membuat saus yang terdiri dari bawang, gara, merica, saus tomat, dan tepung tapioka.

Tambahkan air atau kaldu sambil diaduk pada wajan yang sebelumnya sudah diisi minyak panas. Saus dapat dituangkan saat fu yung hai hendak disantap. Sebagai pelengkap, tambahkan kacang polong di atas fu yung hai.

Nah, sudah menemukan ide untuk membuat bekal yang sehat untuk menunjang keberhasilan diet? Menu apapun yang dipilih, jangan lupa untuk memperhitungkan kandungan nutrisi di dalamnya, ya! Agar semakin semangkat menyantap menu diet, pilihlah bahan yang terbaik dan padu padankan menu makanan dengan minuman yang dibawa sebagai bekal.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan waktu pembuatan bekal agar tidak mengganggu aktivitas harian. Yang paling penting adalah lakukan cara diet sehat alami agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Konsisten dalam menjalani prosedur diet juga menjadi kunci utama mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, loh! Semangat menjalani prosedur diet!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Menu