8 Tujuan Melakukan Senam yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Tujuan Melakukan SenamSenam merupakan salah satu jenis olahraga yang menjadi favorit banyak orang karena dapat dilakukan oleh  siapa saja, kapanpun dan dimanapun. Beberapa jenis senam juga bisa dilakukan tanpa alat sehingga bisa menjadi lebih efisien, namun juga tetap mendapatkan hasil yang efektif.

ads

Sama seperti olahraga lainnya, tentu senam ini juga mempunyai tujusn yang baik bagi tubuh kita. Sebenarnya apa saja tujan dari senam itu? Berikut adalah beberapa tujuan dari senam yang tentu bisa dirasakam manfaatmua jika rutin dilakukan:

  1. Melancarkan Sistem Metabolisme tubuh

Gerakan-gerakan pada senam yang mampu membakar kalori dan membuang lemak tersebut bertujuan melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh agar bekerja maksimal. Tentu dengan lancarnya sistem metabolisme di  tubuh kita, kita dapat beraktifitas dengan lancar dan juga maksimal dan tidak mudah lelah.

  1. Meningkatkan dan memperkuat sistem imun di dalam tubuh

Salah satu alasan orang dapat dengan mudah terkena penyakit, selain karena faktor ekternal juga karena lemahnya sistem imun di tubuh. Untuk menguatkan sistem imun tersebut bisa dilakukan dengan olahraga senam secara rutin karana gerakan-gerakannya juga mampu memperkuat sistem imun di tubuh.

  1. Melancarkan aliran sirkulasi darah

Gerakan-gerakan senam yang dilakukan dengan berulang dan juga dalam tempo yang teratur mampu membuang lemak sehingga membantu melancarkan aliran darah di tubuh. Manfaat olahraga kardio seperti senam juga mampu membuat jantung berfungsi optimal untuk memompa mengalirkan darah ke tubuh.

  1. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh

Beberapa jenis senam, terutama senam akrobatik dan senam lantai berfokus pada latihan keseimbangan tubuh sehingga tubuh  mampu berkoordinasi dengan baik. Selain itu dengan memiliki keseimbangan tubuh yang baik juga mampu mengurangi resiko cedera akibat terjatuh.

  1. Memperlancar sirkulasi oksigen ke dalam tubuh

Tujuan melakukan senam lainnya adalah memperlancar sirkulasi oksigen yang masuk ke tubuh sehingga organ tubuh seperti paru-paru dapat berfungsi optimal. Dengan paru-paru yang bisa berfungsi optimal juga dapat membantu  melancarkan aliran darah di tubuh serta membuat nafas menjadi lebih kuat.

  1. Menguatkan otot dan tulang

Meningkatkan massa otot dan juga memperkuat tulang adalah tujuan melakukan senam lainnya yang tentu sangat bermanfaat jika dilakukan secara rutin. Dengan melakukan senam juga membuat tubuh menjadi lebih kuat dan juga berstamina serta mengurangi resiko osteophorosis atau pengeroposan tulang.

Untuk mengefektifkan penambahan massa otot selain berolahraga juga sebaiknya diimbangi dengan makanan penambah massa otot agar hasilnya dapat lebih maksimal.


  1. Menyempurnakan sikap dan bentuk tubuh

Tujuan melakukan senam ini juga bisa dirasakan manfaatnya jika dilakukan secara rutin sedini mungkin. Beberapa jenis senam, seperti aerobik dan akribatik mampu menyempurnakan bentuk tulang belakang, sehingga sangat tepat untuk memperbaiki dan mencegah skoliosis atau tulang belakang yang melengkung.

  1. Meningkatkan stamina tubuh

Gerakan-gerakan senam yang mampu membakar kalori di dalam tubuh mampu meningkatkan stamina dan energi sehingga tubuh menjadi lebih segar dan juga bertenaga. Hal ini tentu dapat membuat tubuh menjadi tidak mudah lelah dan tetap semangat untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari yang padat.

Demikianlah tujuan melakukan senam dan manfaat senam bagi tubuh tersebut juga bisa dirasakan bila dilakukan dengan rutin dan diimbangi pola hidup sehat.  Olahraga senam juga sebaiknya dilakukan di pagi supaya mendapat manfaat olahraga pagi yang sangat baik bagi tubuh.

Jangan lupa juga untuk mengimbangi senam tersebut dengan manfaat makanan sehat agar tujuan melakukan senam ini bisa tercapai dengan maksimal.

Semoga aetikel ini dapat bermanfaat dan dapat membuatmu bersemangat untuk melakukan olahraga. Terimakasih juga sudah membaca dan share artikel ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet