20 Cara Diet Ketogenik Untuk Pemula yang Terbukti Paling Ampuh

Untuk kamu yang sedang bingung mencari- cari jenis metode diet apa yang sangat cocok bagi tubuh serta kesehatan tubuhmu, ada banyak sekali pilihan diet yang sangat efektif. Namun dari semua jenis diet yang ada, ada salah satu jenis diet yang saat ini sangat digemari oleh masyarakat, yaitu diet ketogenik. Selain sangat mudah untuk dilakukan oleh siapapun, diet yang satu ini tergolong diet yang sangat menyenangkan.

ads

Baca Juga :

Cara Diet Ketogenik

Cara Diet KetogenikKarena apa yang kita konsumsi berbeda dengan diet- diet lain yang menunya bisa dibilang kurang lezat, menu diet yang satu ini sangatlah lezat- lezat selain itu caranya pun sangatlah mudah. Dan untuk kamu yang bingung bagaimana cara untuk diet ketogenik, berikut adalah cara- cara yang mudah.

1. Perhatikan Kesehatan Terlebih Dahulu

Karena diet ketogenik berbeda dengan jenis metode diet lainnya,kamu diwajibkan untuk memperhatikan kesehatanmu terlebih dahulu. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuhmu saat ingin menjalani diet yang satu ini. Karena pada dasarnya, diet ketofastosis ini lebih cocok untuk dijalani oleh orang yang memiliki kesehatan yang normal dan belum pernah mengalami penyakit kronis apapun. (Baca Juga : Cara Diet Alami)

Selain itu sebelum kamu memulai diet ini, carilah banyak informasi penting serta cara- cara yang tepat dan cari tahu bagaimana diet ini akan mengubah tubuhmu. Dengan begitu kamu akan lebih mempersiapkan diri dengan hasil dari diet ketogenik, apakah tubuhmu benar- benar berubah secara drastis atau tidak pun tergantung dari informasi yang kamu dapatkan sebelumnya. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Sayuran)

2. Hitung Jumlah Lemak Pada Diet Ketogenik

Mungkin kamu tidak begitu memperhatikan jumlah kalori yang ada dalam tubuhmu selama diet berlangsung, walaupun ketika kamu diet kamu sudah memiliki sebagian besar menu makanan yang mengandung lemak. Bagi kebanyakan orang normal termasuk kamu, Jumlah lemak dan protein akan cukup untuk membuatmu kenyang dan secara alami itu akan membuat tubuhmu mengalami defisit kalori. (Baca Juga : Gerakan Olahraga Mengecilkan Lengan)

Sebenarnya tidak semua orang itu normal sehingga ada banyak sekali masalah hormon, endokrin dan kekurangan yang dipengaruhi oleh jumlah lemak tubuh yang harus kita perhitungkan. Dengan begitu kamu pun tidak selalu bisa menurunkan berat badanmu dengan mengkonsumsi lemak dalam jumlah besar atau pun kecil dengan pengeluaran tubuh secara maksimal. Sehingga kamu harus memperhitungkan jumlah lemak yang kamu konsumsi haruslah sebesar dan sebanding dengan proses pembakaran yang ada pada tubuhmu, untuk mengetahuinya kamu dapat mengunduh beberapa aplikasi penghitung lemak atau pun dengan mengunjungi berbagai situs penghitung lemak tubuh.

Baca Juga :


3. Perhatikan komposisi Makan

Ketika menjalani diet ini, kamu harus selalu ingat dan berpatokan pada jumlah lemak, protein serta karbohidrat yang harus kamu konsumsi. Ingat bahwa diet ketogenik merupakan jenis diet yang mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, protein sedang dan sangat rendah karbohidrat. Kamu bisa berpatokan pada prosentasi nutrisi diet ketogenik yaitu : sekitar 70% lemak, 25% protein dan 5% karbohidrat. Biasanya untuk beberapa jenis diet antara 20- 30g karbohidrat bersih direkomendasikan untuk menu makan diet sehari- hari, namun semakin rendah asupan karbohidrat dan kadar glukosa yang kamu konsumsi semakin baik pula keseluruhan hasilnya. Jika kamu melakukan ketogenik untuk menurunkan badan, sebaiknya kamu melacak total karbohidrat keseluruhan serta karbohidarat bersihmu, dan ingat pula bahwa protein harus selalu dikonsumsi sesuai kebutuhan dengan mengisi lemak dalam sisa kalorimu. (Baca Juga : Jenis Diet Yang Efektif)

4. Konsumsi Sayuran Hijau

Sawi HijauCara Diet Ketogenik selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran yang memiliki warna hijau atau pun hijau tua serta berdaun merupakan pilihan terbaik sebagai menu makanan penunjang diet ketogenik yang kamu jalani. Sayuran hijau memiliki kadar air yang rendah tetapi serat yang tinggi dan mudah sekali untuk di cerna tubuh serta sangatlah baik untuk kesehatan.

Ingat pula bahwa sebagian besar makanan yang harus kamu konsumsi harus menjadi protein tubuh dengan sayuran dan lemak yang berkadar tinggi. Kamu bisa memilih menu tumis sayur yang di tumis dengan minyak zaitun atau pun mentega lalu ditambahkan dengan daging steak atau pun seafood seperti udang atau pun potongan daging salmon. Hal itu akan lebih membuatmu berselera makan dalam menjalani diet ketogenikmu.

Artikel terkait:

5. Mulai Dengan Cara Ringan

Cara menjalankan diet ketogenik selanjutnya adalah dengan memulai diet dengan cara yang ringan terlebih dahulu yaitu dengan memulainya sedikt- demi sedikit menghindari makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Sebenarnya hal mendasar sebelum menjalankan diet apapun termasuk diet ketogenik adalah dengan mengenali tujuan dari diet yang akan kamu lakukan. Pilih diet mana yang cocok untuk tubuh serta kesehatanmu. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan diet yang kamu jalani, kemungkinan akan terjadi diet yoyo. Yaitu kondisi dimana berat badanmu mengalami naik turun secara labil, atau kamu bisa mulai dulu dari langkah yang paling ringan seperti mengurangi makan nasi, mie, ataupun roti dan menambah porsi lemak pada makananmu. (Baca Juga : Pantangan Diet GM)

6. Batasi Makanan

Seperti yang kamu ketahui, saat menjalankan diet ketogenik makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi haruslah dibatasi. Jika kamu masih bingung, berikut merupakan daftar makanan yang harus dikurangi atau dihilangkan pada diet ketogenik yaitu makanan yang banyak mengandung gula. biji- bijian dan pati, buah- buahan, Kacang- kacangan, sayuran, lemak tidak sehat, serta alkohol. (Baca Juga : Pantangan Dalam Diet OCD)

7. Minum Banyak Air Putih 

Untuk kamu yang sedang menjalani diet ketogenik, untuk mempercepat proses pembakaran lemak serta menghindari proses pengikatan lemak pada darahmu, maka kamu disarankan untuk minum air putih yang banyak secara teratur. Minimal dalam sehari kamu diharuskan minum sebanyak 2 hingga 3 liter per harinya. Adapun jenis air yang baik selain air mineral biasa yaitu jenis air alkali ( contoh : 2 sdt baking soda + 1 liter air). Selain itu banyak mengkonsumsi air sangat disarankan untuk membantu meningkatkan ph darah dan juga menekan inflamasi yang mungkin terjadi pada tubuh.

Artikel terkait:

8. Atur Pola Makan

Agar diet ketogenik yang kamu jalani berhasil, maka kamu harus mengatur pola makanmu dengan benar setiap harinya diwaktu sarapan, makan siang dan makan malam. Hitunglah kadar lemak, protein serta karbohidrat di tiap porsi waktu makanmu, jangan sampai lebih banyak atau pun lebih sedikit porsinya. Kamu bisa membuat menu makanan yang berbeda- beda setiap harinya dengan patokan jumlah nutrisi pada diet ketogenikmu. Menu makanan yang berbeda serta bervariasi akan membuat proses dietmu tidak membosankan. Sehingga selain berhasil dan efektif, proses diet yang kamu jalani pun akan lebih menyenangkan. (Baca Juga : Pantangan Diet Pisang)

9.  Perhatikan Asupan Jumlah Protein

Cara Diet Ketogenik selanjutnya adalah dengan memperhatikan jumlah asupan protein yang masuk. Ini merupakan aspek diet ketogenik yang paling sering diabaikan. Saat mengeluarkan karbohidrat dari makanan, mudah sekali untuk menggantinya dengan protein. Penting untuk diingat bahwa presentase protein yang dikonsumsi akan di konversi menjadi glukosa sebagai energi, maka makanan berprotein tinggi tidak akan menunjang keberhasilan ketogenikmu. Setiap harinya kamu harus mencari target proteinmu dan harus yakin tidak akan mengkonsumsinya secara berlebih. Yaitu sekitar 25% saja lebih sedikit sebenarnya bukan masalah besar, namun jika kamu mengadakan target protein setiap hari, kamu akan mengalami diet ketogenik yang konsisten. (Baca Juga : Pantangan Dalam Diet)

10. Hindari Makanan Berkadar Garam Tinggi

Untuk kamu yang sedang menjalankan diet ketogenik, cermatilah dalam memilih makananmu. Perhatikan kadar garam yang terkandung di dalamnya. Semakin tinggi kadar garam yang ada dalam makananmu, maka sebaiknya kamu menghindarinya. (Baca Juga : Pantangan Diet Golongan Darah A)

Karena kandungan garam yang ada di dalam makananmu dapat mengikat lemak ditubuhmu sehingga akan memperlambat proses pembakaran lemak di tubuhmu. Sehingga akan sulit untuk menurunkan berat tubuhmu secara efisien. Ini dapat menyebabkan kegagalan parah terhadap diet Ketogenikmu.

Baca juga :

11. Hindari Minum Bir

Untuk kamu yang sedang menjalani diet yang satu ini dan sangat suka dengan minuman bir, sesegera mungkin hindari serta abaikan minuman ini. Karena selain bir banyak sekali mengandung gula dalam proses fermentasinya, bir juga banyak sekali mengandung karbohidrat sehingga tidak baik untuk proses dietmu. selain itu banyaknya kandungan alkohol pada bir akan membuat perutmu buncit. Hal ini disebabkan karena ginjal tidak dapat sepenuhnya menyaring dengan benar minuman ini sehingga akan terjadi pembengkakan pada ginjal yang disebabkan oleh adanya gelembung- gelembung yang bersarang di ginjal. Jadi buat kamu yang sedang menjalani diet ketogenik, untuk mendapat hasil maksimal hindarilah minuman ini. (Baca Juga : Pantangan Diet Golongan Darah B )

12. Olahraga Secara Rutin

Cara Diet Ketogenik selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Selain dengan memperhatikan asupan dalam pola makanmu, kamu disarankan melakukan olahraga ringan secara teratur. Kamu dapat melakukan gerakan- gerakan ringan yang sederhana serta mudah untuk dilakukan kapanpun. Hal ini akan menunjang proses diet ketogenik yang kamu jalani. Dengan melakukan olah raga ringan secara teratur, maka proses pembakaran lemak pada tubuhmu akan terbantu. Dengan begitu akan lebih efektif dan efisien.

Artikel Lainnya:

13. Hindari Mencampur Air, Lemon dan Madu

Bagi kamu yang sedang menjalankan diet ketogenik, kamu tidak di anjurkan meminum- minuman ini. Campuran air, madu dan lemon pada minuman ini hanya akan menghasilkan cairan gula saja. Hal itu karena zat- zat yang terkandung dalam madu sudah larut semua bersama air, sehingga yang tersisa hanya kandungan gulanya saja. Jadi ini sama halnya kamu minum air gula saja. Dan gula sangatlah tidak dianjurkan untuk kamu yang menjalankan diet ketogenik. (Baca Juga : Pantangan Diet Golongan Darah O)

14. Hindari Kopi dan Teh

Setelah sarapan atau makan kebanyakan orang terbiasa untuk minum kopi dan teh. Bagi kamu yang sedang menjalankan diet ketogenik hindarilah kedua jenis minuman ini. Karena kedua minuman ini bahaya akan menambah kadar kalori dalam makanan yang sudah kamu konsumsi. Untuk menghindari kegagalan dalam diet yang kamu jalani, kamu bisa memilih minuman alternatif sehingga kamu tidak menambah kalori dalam makanan yang kamu konsumsi. Seperti air mineral yang sangat baik untuk kelangsungan diet ketogenikmu. (Baca Juga : Makanan Diet Alkaline)

 15. Mengkonsumsi Daging Berlemak Tinggi

Daging adalah salah satu makan yang harus kamu konsumsi saat menjalani diet ketogenik. Terutama pilihlah daging berlemak tinggi saat kamu menjalani diet ini, kamu pun tidak perlu khawatir akan keberadaannya karena daging berlemak tinggi sangat mudah dijumpai. Tingginya kadar lemak pada daging yang kamu konsumsi sangatlah baik bagi keberlangsungan dietmu. Hal ini tidak akan membuat perutmu buncit, kamu bisa memanggangnya atau pun merebusnya dengan bumbu. Hal itu akan semakin membuatnya lebih nikmat. (Baca Juga : Makanan Diet Berbuka Puasa)


16. Hindari Mengkonsumsi Buah Berlebih

Saran yang satu ini memang sangatlah kontroversial, pada kenyataanya buah memang merupakan sumber nutrisi bergizi paling baik sekali. Namun buah juga banyak mengandung gula. Sebagai bukti, ketika kamu mencoba apel, anggur ataupun jeruk pasti rasanya da manisnya. Gula yang terkandung dalam buah- buahan tersebut sangatlah tidak baik terhadap jenis diet ketogenik yang kamu jalani. Hal ini dapat memicu kegagalan dietmu. (Baca Juga : Makanan Diet Untuk Penderita Diabetes)

17. Konsumsi Yoghurt

Cara diet ketogenik selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt merupakan bahan olahan susu sapi yang difermentasikan sehingga mengandung lemak baik. Sehingga bagi kamu yang sedang menjalani diet ketogenik, ini sangat disarankan.

Baca juga :

18. Konsumsi Dada Ayam

Dada ayam adalah salah satu makanan diet yang sangat di anjurkan bagi kamu yang sedang menjalankan diet apapun termasuk diet ketogenik. Dengan proses memasak di panggang, di goreng ataupun di kukus dengan bumbu hal ini akan menambah rasa nikmatnya. (Baca Juga : Makanan Diet Ketogenik)

19. Kontrol Gula Darah

Cara selanjutnya yaitu kontrol gula darahmu secara teratur. Dengan mengontrol gula darahmu maka kamu akan mudah dalam mengatur pola makan serta menu makanan sehari- hari saat kamu menjalani diet ketogenik. (Baca Juga : Makanan Diet Penderita Maag)

20. Mengkonsumsi Sumber Makanan Hewani

Saat menjalankan diet ketogenik kamu sangatlah dianjurkan untuk mengkonsumsi segala jenis makanan yang bersumber dari hewani. seperti ikan, ayam, telur, daging, susu, seafood dsb dengan syarat tidak ada tepung, gula, kecap dalam proses olahannya. Sehingga kamu harus mencermati makananmu ketika sedang diet ketogenik.

Artikel terkait:

Itulah beberapa cara diet ketogenik yang dapat kamu aplikasikan sehari- hari ketika dietmu sedang berlangsung. Untuk keberhasilan serta kesuksesan dari menjalankan diet, kamu dapat mengaplikasikannya secara benar dan teratur. Selalu cermati makanan serta komposisi yang ada pada makananmu. Dan perhatikan selalu kesehatan tubuhmu ketika menjalani diet yang satu ini. Selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!