Hindari 10 Bahaya Diet Ekstrim Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai

Bahaya Diet Ekstrim Bagi KesehatanBentuk tubuh yang ideal pastinya menjadi dambaan bagi setiap orang. Berbagai macam diet seperti cara diet lemak, cara diet dlemonie, cara diet dengan air jahe, dan cara diet detox buah dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Namun, Anda mungkin terlalu berambisi untuk memiliki bentuk tubuh ideal sehingga melakukan diet ekstrim. Bahaya diet ekstrim bagi kesehatan dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh Anda.

ads

Lalu, apa sajakah bahaya diet ekstrim bagi kesehatan. Beberapa bahaya diet yang terlalu ketat diantaranya adalah:

  1. Kacaunya metabolisme tubuh

Salah satu masalah yang akan timbul adalah kacaunya metabolisme tubuh. Apabila sistem metabolisme terganggu maka Anda akan mengalami gangguan pencernaan seperti obesitas akibat dari lemak yang menumpuk.

  1. Ketidakseimbangan elektrolit

Diet ekstrim akan mempengaruhi tingkat keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Saat tubuh tidak mendapatkan asupan mineral yang cukup seperti glukosa, natrium, kalsium, dan kalium, hal ini dapat menyebabkan Anda demam, diare, muntah, bahkan jatuh pingsan, dan sebagainya.

  1. Sistem kekebalan tubuh menurun

Saat Anda melakukan diet ekstrim, asupan nutrisi pun berkurang. Padahal tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Kurangnya asupan nutrisi pada tubuh dapat menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat Anda menjadi lebih mudah sakit.

  1. Rusaknya jaringan otot

Saat diet, Anda seharusnya mengurangi timbunan lemak dan bukan otot. Diet yang ekstrim menyebabkan penurunan bobot tubuh dengan cepat karena pembakaran otot-otot tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh kehilangan mineral penting seperti kalsium, kalium, dan natrium. Jadi Anda harus waspada saat melakukan diet ekstrim, karena bisa saja yang terbakar bukanlah lemak melainkan otot-otot tubuh Anda.

  1. Kelelahan dan melemahkan tulang

Diet yang terlalu ketat menyebabkan terganggunya sistem metabolisme tubuh. Kebutuhan kalori yang tidak terpenuhi membuat lemak disimpan sebagai cadangan energi, sehingga otot tubuh akan mengalami pembakaran. Hal ini sangat berbahaya, karena jika otot kehilangan jaringannya maka tubuh akan mudah lelah dan tulang pun melemah.

  1. Penuaan dini

Diet ekstrim menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. Kurangnya asupan tersebut  juga berpengaruh pada kulit Anda. Kulit akan mengalami penuaan dini.

  1. Batu empedu

Saat seseorang melakukan diet esktrim, empedu tidak dibersihkan dari tubuh dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan empedu di hati mengeras dan membentuk endapan seperti batu di kantung empedu. Endapan seperti batu ini disebut batu empedu.


  1. Ketidak teraturan siklus menstruasi

Saat perempuan melakukan diet ekstrim, hal ini dapat berpengaruh pada siklus menstruasi dan kesuburan. Saat tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, ketidak seimbangan hormon akan terjadi pada tubuh. Selain itu, Anda perlu mengetahui efek samping diet saat haid.

  1. Meningkatkan resiko penyakit jantung

Tekanan darah dari tubuh menjadi sangat rendah saat tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Jantung harus bekerja ekstra untuk memompa darah ke berbagai bagian tubuh saat tekanan darah rendah. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan jantung bahkan gagal jantung. Manfaatkanlah manfaat olahraga kardio untuk kesehatan jantung Anda.

  1. Meningkatkan resiko penyakit kanker

Penurunan berat badan dengan cepat dapat mencabut nutrisi dari tubuh. Hal ini meningkatkan resiko beberapa jenis penyakit kanker seperti payudara, ginjal, dan usus besar.

Inilah pemaparan tentang bahaya diet ekstrim bagi kesehatan tubuh Anda. Pada dasarnya saat Anda melakukan diet, Anda harus tetap menjaga kesehatan tubuh Anda misalnya dengan mengonsumsi makanan rendah kalori yang mengenyangkan, makanan alkali food, dan minuman sehat untuk diet. Jangan lupa imbangi dengan jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan. Cara diet yang benar dan sehat tidak hanya dapat memberikan tubuh yang ideal, tetapi kesehatan bagi tubuh Anda. Semoga bermanfat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet