26 Makanan Alkali Food Murah yang Baik di Konsumsi Saat Diet

makanan alkali foodKeseimbangan asam dan basa sangat penting dan dibutuhkan oleh darah dalam tubuh kita agar bisa berfungsi mengantarkan sari-sari makanan dan oksigen dengan baik. Keseimbangan ini mengacu pada mekanisme yang digunakan oleh tubuh Anda untuk menjaga agar cairan tubuh Anda tetap mendekati pH netral.

ads

Oleh karena darah bersifat sedikit basa maka gangguan keseimbangan pada pH darah Anda dapat membuat tubuh mengalami berbagai gangguan organ seperti ginjal dan paru paru bahkan komplikasi penyakit diabetes. Untuk itulah diperlukan sebuah upaya untuk membantu tubuh mempertahankan tingkat pH darah. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan cara diet yang benar seperti diet alkaline.

Seperti namanya, diet alkali berarti Anda akan mengkonsumsi makanan-makanan alkali (alkali food) selama program berlangsung. Apa sajakah makanan alkali food tersebut? Berikut duapuluh enam makanan alkali food untuk tubuh lebih sehat alami!

  1. Semangka

Semangka sangat alkali karena mengandung pH basa yang tinggi sekitar 9,0. Oleh karena memiliki kadar air sebesar 92% dari berat keseluruhannya, semangka juga bisa menjadi buah penghilang dahaga yang bersifat diuretik menengah (pemicu buang air kecil) serta sebagai buah untuk diet yang patut Anda ketahui. Namun semangka juga bisa menjadi sumber likopen, vitamin C dan beta karoten yang sangat bagus lho. Buah ini bisa menjadi penyuplai energy yang besar saat Anda berpuasa serta ketika melakukan terapi pembersihan usus.

  1. Apel

Apel juga mengandung alkali yang melimpah dengan pembuktian pH basa yang tinggi yakni sekitar 8,0. Kandungan serat yang tinggi didalamnya membuatnya sangat gampang dicerna oleh tubuh. Apel juga kaya akan enzim yang dapat mempertahankan keseimbangan hormone dalam tubuh Anda.

  1. Kacang Hijau

Sebagai makanan penurun kolesterol, kacang hijau diketahui dapat melawan berbagai jenis penyakit serta mencegah dan mengelola diabetes yang kerap menimbulkan masalah bagi banyak orang. Kacang hijau juga bisa menjadi sumber alkali bila dikonsumsi secara teratur setiap hari. Selain itu, makanan ini juga mengandung antioksidan, vitamin C, zat besi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebagai informasi, dalam tiap satu cangkir kacang hijau terdapat 23 persen vitamin C, 5 persen zat besi dan juga satu persen kalsium.

  1. Kemangi

Siapa yang tidak kenal kemangi? Daun kemangi ini biasanya digunakan sebagai lalapan dan disantap mentah. Meski kerap dianggap biasa-biasa saja dan tidak diistimewakan, sebenanya kemangi memiliki efek pH asam basa pada tubuh Anda lho. Tumbuhan ini sangat kaya dengan flavonoid yang membantu proses penyembuhan. Sebagai informasi saja, dalam 100 gram daun kemangi yang Anda makan, mengandung sebanyak 34,5 persen vitamin K, 17,5 persen vitamin A dan 18 persen kalsium.

  1. Susu Kambing

Susu kambing dapat lebih ditoleransi didalam sistem pencernaan manusia dibandingkan susu sapi lho. Oleh karena itu, sebagai sumber asupan alkali yang sangat baik, susu kambing sebenarnya lebih baik dikonsumsi dibandingkan susu sapi. Dalam 100 gram susu kambing saja, terdapat tiga puluh tiga persen kalsium, sepuluh persen vitamin A serta lima persen vitamin C.

  1. Sawi Hijau

Sementara itu, sawi hijau diketahui mengandung sifat anti kanker dan antioksidan yang melimpah selain tentunya sebagai sumber alkali. Jikalau ingin menjaga kesehatan jantung dan mendetoksifikasi tubuh dari racun maka sawi hijau adalah salah satu makanan yang tepat untuk Anda konsumsi. Ada sekitar 65 persen vitamin C dalam sawi hijau sehingga sayur ini dapat menjadi sumber serat dan alkali yang sangat efisien dan efektif dalam menurunkan berat badan serta menyehatkan tubuh Anda.


  1. Alpukat

Salah satu buah yang termasuk ke dalam makanan diet alkaline dan harus dimasukkan sebagai cara diet dengan buah-buahan Anda adalah alpukat. Buah dengan daging berwarna hijau kekuningan ini kaya akan nutrisi. Sebut saja kalium, lemak nabati, vitamin A, vitamin C, dan serat. Selain buahnya, Anda juga bisa merasakan manfaat yang tidak kalah besarnya jika turut mengkonsumsi minyak alpukat.

  1. Blewah

Blewah merupakan salah satu buah untuk diet yang mengandung kadar alkali yang tinggi sehingga ketika diukur pH-nya adalah sekitar 8,5. Seperti diketahui rentang pH basa adalah diatas pH 7,0 sebagai pH netral.  Buah ini memiliki kandungan enzim yang tinggi dan sangat dibutuhkan dalam sistem kelenjar endokrin lho. Selain itu, blewah juga mengandung kadar gula yang rendah seperti melon sehingga sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang diet alkaline.

  1. Asparagus

Sementara itu, asparagus adalah salah satu makanan yang mengandung antioksidan dan nutrisi serta detoksifikan yang tinggi. Jika ingin mengkonsumsi makanan anti-aging agar Anda bisa lebih awet muda maka asparagus adalah sayuran yang tepat untuk Anda konsumsi.

  1. Agar-agar Organik

Agar-agar yang berasal dari gelatin organic dengan pH 8,5 juga bisa menjadi bahan makanan yang kaya akan kalsium dan zat besi bagi Anda. Selain itu agar-agar yang terbuat dari rumput laut ini sangat mudah dicerna oleh tubuh Anda serta mengandung serat paling tinggi diantara semua makanan sumber alkali. Tertarik untuk mencobanya sebagai menu sarapan pagi sehat untuk diet Anda?

  1. Mentimun

Mentimun dikenal sebagai makanan yang memiliki kadar air yang tinggi sehingga bila mengkonsumsinya tubuh Anda bisa terhindar dari hidrasi. Dalam setiap 100 gram-nya, ada dua persen vitamin C, satu persen vitamin A dan satu persemen kalsium. Anda bisa mengolah buah ini sebagai makanan tambahan dalam menu salad sayur untuk diet Anda.

  1. Almond

Kacang-kacangan lain yang juga lezat untuk dikonsumsi adalah kacang almond. Selain sebagai sumber alkali, almond juga bisa menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan otot dan peluruhan lemak dalam tubuh Anda. Tak hanya itu, menjadikan kacang almond dan juga olahannya yang lain seperti susu almond dapat berfungs sebagai pengganjal lapar yang efektif selama masa diet Anda. Betapa tidak! Dalam 100 gram-nya, almond mengandung protein yang cukup tinggi, kalsium dan zat besi.

  1. Pepaya, Mangga, dan Melon

Makanan alkali food lain yang memiliki pH basa cukup tinggi yakni sekitar 8,5 adalah mangga, melon dan pepaya. Selain sebagai sumber alkali, buah-buah ini juga dapat membersihkan ginjal Anda. Misalnya saja papaya yang dikenal sebagai makanan laksatif alias pencuci perut yang sehat dapat membantu melancarkan proses buang air Anda.

Mangga dan melon juga merupakan buah-buahan yang kaya akan vitamin serta dapat membentuk senyawa yang bersifat alkali ketika dicerna oleh tubuh Anda. Untuk cara konsumsi, Anda bisa menjadikan ketiga buah ini sebagai bahan baku jus untuk diet di malam hari entah itu kombinasi ketiganya maupun salah satu diantaranya.

  1. Brokoli

Sudah sejak lama brokoli dikenal sebagai makanan yang kaya akan nutrisi dan alkali. Cara mengolah sayuran untuk menu diet ini adalah dikukus atau digoreng sebagai camilan atau makanan tambahan dalam menu makan Anda. Ada sekitar 12,5 persen vitamin C, 11 persen vitamin A serta 4 persen kalsium dalam 100 gram brokoli yang Anda konsumsi. Ingat sebelum mengkonsumsinya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara memasak brokoli untuk menu diet sebelum mencobanya.

  1. Pear

Pear mengandung pH 8,5 sehingga merupakan sumber alkali yang tepat untuk dikonsumsi setiap harinya. Selain itu juga buah ini mengandung vitamin A, B dan C yang melimpah.

  1. Kentang

Bila Anda mengkonsumsi kentang dan daun bawang maka keduanya bisa menjadi sumber makanan kaya alkali yang tentu saja menjaga dan menyehatkan tubuh Anda lho. Sebagai alkali food, kentang dapat membantu menyeimbangkan kadar asam basa dalam tubuh bila dikonsumsi setiap hari.

  1. Selada Air

Selada air juga memiliki kadar pH basa tinggi sekitar 8,5 juga dapat menjadi sumber alkali yang tepat. Mengkonsumsinya dalam keadaan mentah juga bisa menjadikannya sebagai super food alami yang mengandung banyak kalsium dan zat besi.

  1. Seledri

Seledri bukanlah makanan mewah karena sayuran ini biasa Anda konsumsi dan temukan sehari-hari entah itu sebagai campuran dalam sop atau bubur ayam. Perlu diketahui, selain sebagai makanan kaya alkali, seledri juga mengandung kalori yang rendah serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Selain dalam bentuk olahan sup atau bubur ayam, Anda juga bisa mengkonsumsi seledri sebagai jus atau smoothie bersama makanan lain seperti buah.

  1. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang memiliki kadar gula alami yang bersifat alkali ketika dicerna. Dengan level pH sekitar 8,5 Kiwi dapat memberikan energy lebih bagi tubuh serta mengandung banyak flavonoid dan antioksidan.

  1. Terong

Salah satu sayuran serbaguna yang dapat diolah sebagai apa saja adalah terong beberapa contoh olahan terong adalah sebagai saus, lauk, campuran saus salad serta hidangan pembuka yang nikmat. Sayuran yang satu ini memiliki kandungan kalori yang rendah, sumber alkali yang dapat menyeimbangkan makanan-makanan asam yang masuk ke tubuh serta memberikan rasa kenyang yang tahan lama.

  1. Aprikot

Sementara itu, apricot yang memiliiki pH sekitar 8,0 juga dapat menjadi sumber alkali yang sama pentingnya. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu proses penurunan berat badan serta berperan dalam menyeimbangkan kondisi hormon tubuh Anda.


  1. Wortel

Untuk wortel, selain sangat bermanfaat bagi kesehatan mata Anda juga memiliki kandungan alkali yang tinggi. Cara mengkonsumsinya yang tepat adalah dengan dikukus atau dimakan mentah begitu saja. Selain itu, juga mengandung banyak serat, vitamin dan kalium.

  1. Chicory

Chicory memang memiliki rasa yang pahit namun sayur ini dapat membatu pancreas Anda ketika bekerja lho karena mengandung insulin. Mengkonsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat mencegah diabetes datang.

  1. Kembang Kol

Sama dengan brokoli dan kubis, kembang kol juga termasuk dalam makanan alkali yang mengandung banyak nutrisi seperti serat dan vitamin C yang tinggi. Selain itu, dengan dicampur dengan salad kembang kol dapat menjadi makanan alternatif pengurang asupan karbohidrat dari nasi.

  1. Nanas

Selanjutnya nanas merupakan buah yang mengandung banyak senyawa L-carnitine yang berfungsi menggunakan lemak tubuh sebagai sumber energy sehingga dapat mengecilkan lingkaran perut yang tidak diharapkan.

  1. Anggur dan Plum

Anggur dan plum umeboshi memiliki pH sekitar 8,5 serta merupakan buah yang sangat baik dalam melancarkan peredaran darah tubuh Anda. Selain itu manfaat buah plum untuk diet sangat dikenal di tengah masyarakat apalagi buah ini dan anggur dapat dapat menurunkan tekanan darah serta berperan penting dalam menurunkan resiko penyakit jantung

Demikianlah ke-26 makanan alkali food yang perlu Anda ketahui. Banyak sekali, bukan? Bahkan hampir kesemua makanan sumber alkali tersebut murah terjangkau kantong serta dapat Anda temukan sehari-hari. Jadi, pendapat yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan makanan sehat itu harus yang mahal harganya tidak sepenuhnya benar.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan