Bunda Inilah 5 Cara Diet Untuk Anak SD yang Aman dan Mudah Diterapkan

Obesitas atau kegemukan tak hanya dirasakan oleh orang dewasa. Faktanya anak-anak pun ada yang mengalami obesitas atau kegemukan. Tak khayal, hal ini kerap membuat khawatir para orang tua dan menginginkan anak mereka untuk melakukan diet untuk menurunkan berat badan anak-anaknya dengan memerhatikan cara diet untuk anak obesitas.

ads

Untuk itu, para orang tua mesti giat mencari informasi mengenai cara diet yang benar dan sehat untuk anaknya tersebut. Apalagi jika anak-anak mereka masih duduk di bangku sekolah, para orang tua juga turut member perhatian yang besar mengenai cara diet yang baik untuk sekolah, menu makanan diet untuk anak sekolah, cara mengecilkan perut untuk anak smp bila anaknya kebetulan sedang duduk di bangku smp.

“Anak yang gemuk itu gemesin” Mungkin itu yang sering kita dengar apabila melihat bentuk tubuh sang anak. Namun, orang tua sering kali lupa apa tujuan diet obesitas pada anak  yang semestinya perlu untuk diberi perhatian lebih lanjut.

Misalnya, memperhatikan waktu makan yang tepat untuk diet, penyebab berat badan susah turun padahal sudah diet, olahraga untuk diet sehat atau bisa juga memberikan informasi mengenai manfaat yoga untuk diet sebagai alternatif olahraga yang tidak berat untuk seumuran anak SD.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara diet untuk anak SD, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu alasan-alasan apa yang mendasari diharuskannya anak SD untuk diet. Hal tersebut terangkum seperti di bawah ini:

  1. Menjaga kesehatan dan tumbuh kembang si anak sebab berat badan yang ideal akan mempengaruhi sistem metabolisme dan fungsi organ-organ di dalam tubuh
  2. Agar aktivitas dan ruang gerak sang anak tidak terbatas karena bobot badannya yang terbilang cukup besar
  3. Memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk sang anak sedari dini sebab biasanya obesitas terjadi karena dibiasakan oleh perilaku buruk dan tidak disiplin.

3 point di atas sudah cukup kiranya untuk membuat Anda lebih menyadari arti penting tubuh dan berat yang ideal untuk menunjang kesehatan sang anak. Adapun penyebab-penyebab yang mendalangi obesitas atau kegemukan bisa terjadi pada anak ialah disebabkan oleh factor keturunan yang menjadi factor dominan obesitas terjadi.

Selanjutnya, disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk seperti tidak teraturnya pola makan dan porsi makan, tidak banyak gerak dan aktivitas yang kadang anak SD hanya menonton tv saja, membiasakan diri jajan semabrangan hanya untuk menghilangkan lapar dengan mencari cemilan-cemilan, bisa jadi dikarenakan factor psikologis sang anak, dan masih banyak penyebab laiinya.

Nah, jika anak Anda pun kebetulan memiliki kebiasaan tersebut dan juga terkena obesitas disarankan untuk melakukan cara diet untuk anak SD yang terangkum di bawah ini, ya.

1. Biasakan sarapan pagi

Hal ini bagus untuk mengelola waktu lapar sang anak dan juga bisa memberikan energy untuk menerima pelajaran di sekolah dan membantu konsentrasi selama belajar.

2. Bawa bekal untuk anak

Hal ini bertujuan agar sang anak tidak lagi jajan sembarangan di sekolah di jam istirahatnya. Bekal bisa dibuat sendiri oleh sang Bunda dengan menyesuaikan porsi dan gizinya. selain bekal makanan, botol minuman juga sediakan. Di rumah pun biasakan minum 8-12 gelas air putih.


3. Istirahat yang cukup

Hal ini dapat membantu sang anak untuk mengurangi aktivitas makan dan nyemilnya sepanjang hari. Pastikan sang anak bisa tidur siang jika sekolahnya kebetulan di pagi hari. Namun, jika terkena jadwal di siang hari yang tidak bisa menikmati tidur siang, pastikan anaknya tidur di jam 8 malam. Hindari bergadang karena usianya yang cukup muda.

4. Stock buah di rumah

Bisa diberikan apabila anak merasa lapar akan tetapi bukan di jam makan seperti jam makan siang di jam 12 siang dan jam makan malam di jam 6 malam. Buah-buahan bagus sebagai bahan cemilan pengganti lapar. Hindari jajan tak sehat.

5. Olahraga teratur

Hal ini sudah pasti sangat membantu sang anak dalam mengecilkan berat tubuhnya. Biasakan meski hanya setengah jam olahraga tiap harinya untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh sang anak.

Nah itu dia bunda Cara Diet Untuk Anak SD yang Aman dan Mudah Diterapkan dirumah dan tetap harus dibawah pengawasan orang tua ya bun.

, , , ,