8 Tips Diet Ampuh dan Menu Makanan Diet untuk Anak Sekolah

menu makanan diet untuk anak sekolahTidak hanya wanita atau pria dewasa yang mengalami obesitas, namun pada remaja atau anak sekolah pun banyak pada jaman sekarang ini. Hal ini terjadi karena sudah banyak jajanan di luar yang begitu menggoda para pembelinya dan tidak lupa pula gadget dengan instastory dan mobile legend nya yang selalu ada di genggaman.

ads

Tidak heran bukan mengapa obesitas itu dapat terjadi? Selain berbagai penyebab obesitas juga seperti yang telah saya sebutkan tadi. Dan disini saya akan membahas tentang cara diet yang baik dan cara diet yang benar untuk anak sekolah beserta menu makanan diet untuk anak sekolah.

Tips Diet Ampuh untuk Anak Sekolah

Bagi kalian yang masih sekolah namun mempunyai berat badan yang berlebih, maka dianjurkan untuk menerapkan program diet untuk obesitas dan cara diet aman dengan mengatur pola makan serta gaya hidup sehat. Dan berikut beberapa tips diet ampuh menurunkan berat badan untuk anak sekolah :

1. Niat yang kuat

Sebelum merencanakan untuk melakukan diet, niatkan dalam hati yang kuat, karena ada berbagai godaan di luar sana yang akan menghancurkan atau menggagalkan usaha diet Anda.

2. Menetapkan target

Cobalah untuk menimbang berat badan saat ini sebelum diet dilakukan, dan selanjutnya tetapkan target untuk minggu ini Anda ingin berat Anda turun berapa kilogram. Tidak usah terlalu muluk – muluk untuk awal mula 1 kilogram perminggu saja sudah menjadi awal yang sangat baik. Dan untuk anak seusia sekolah atau remaja, maksimal memang 1 kilogram penurunan berat badan saja sudah cukup.

3. Buatlah jadwal serta cara untuk mencapai target tersebut

Setelah sudah sepakat dengan target penurunan berat badan yang ingin dicapai perminggu nya, selanjutnya adalah buat jadwal latihan atau olahraga guna mencapai target penurunan berat badan tersebut. Tidak hanya target namun cara mencapai target tersebut juga perlu untuk dicatat kemudian ditempel di tempat yang Anda sering melihatnya.

Dengan begitu Anda akan selalu termotivasi dan tidak perlu bingung – bingung lagi serta berlatih untuk disiplin tentunya.Dengan begitu cara diet ampuh dan cara mengurangi berat badan dengan cepat pun akan berjalan sukses.

Contoh jadwal latihan atau olahraga : misalnya, senin : kardio atau lari selama 30 menit dan yoga selama 10 menit serta latihan beban selama 20 menit. Begitu seterusnya pada hari – hari selanjutnya dan jangan lupa untuk menetapkan waktu istirahat tiap 2 hari sekali.

4. Cari teman yang mempunyai tujuan yang sama

Jika mempunyai teman yang mempunyai niat atau tujuan yang sama yaitu sama – sama sedang ingin menurunkan berat badan atau melakukan cara diet cepat kurus, maka hal tersebut lebih baik untuk Anda dan dapat meningkatkan semangat Anda, karena ada teman seperjuangan. Berolahraga pun jadi lebih bersemangat dan sama – sama bisa mengingatkan jika salah satunya khilaf atau sedang malas.


5. Perbanyak mengkonsumsi makanan berserat

Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat untuk diet khususnya makanan yang mengandung tinggi serat seperti yang terdapat pada sayuran dan juga buah – buahan. Karena makanan berserat sangat baik dalam menunjang usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

6. Ikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler

Pastikan untuk selalu aktif dengan mengikuti beragam kegiatan ekstrakurikuler, seperti renang, basket atau menari. Hal tersebut juga dapat menunjang diet Anda.

7. Hindari begadang

Bagi yang suka begadang berhari – hari menonton drama korea, untuk kali ini di skip dulu ya. Karena dengan begadang membuat keinginan untuk ngemil muncul, selain itu juga kerja organ tubuh menjadi tidak maksimal dan hal tersebut tentunya memicu naiknya berat badan naik.


8. Kurangi jajan di luar dan bawalah bekal dari rumah

Jajanan di luar sekarang ini memang sangat bervariasi dan begitu menggiurkan bukan ? namun, pada jajanan tersebut kita tidak tahu bagaimana cara pengolahannya dan bagaimana kandungan kalori serta lemak jenuhnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk membawa sendiri bekal dari rumah, dengan menu makanan diet rendah kalori dan lemak jenuh. Dan setelah ini ada beberapa contoh menu makanan diet.

Menu makanan diet untuk anak sekolah

Berikut ini ada beberapa menu pilihan untuk diet anak sekolah :

  1. Nasi merah + 1 butir telur semur + tumis labu siam + potongan apel
  2. Nasi merah + telur ceplok + capcay + jeruk
  3. Nasi merah + ikan pepes + sayur bayam + pir
  4. Oat + ayam fillet + tumis kangkung + pepaya
  5. Oat + sup ayam + oseng tempe + apel
  6. Oat +  fillet ikan + capcay + salad buah
  7.  Nasi merah + ayam panggang + labu siam wortel rebus + apel
  8. Nasi merah + ikan pesmol + buncis rebus
  9. Nasi merah + ikan panggang + tumis kangkung
  10. Nasi merah + ayam saos pedas manis + bayam + pir
  11. Nasi merah + tumis ikan + sup + yogurt
  12. Kentang rebus + ayam fillet + selada + yogurt
  13. Kentang rebus + ikan kakap fillet + kacang – kacangan + kubis + jus jeruk
  14. Nasi merah + daging cincang + brokoli + kiwi
  15. Nasi merah + sup daging + kacang – kacangan + buncis + salad buah

Itulah tadi beberapa tips diet beserta menu makanan diet untuk anak sekolah. Semoga bermanfaat dan selamat mempraktekkannya di rumah, semoga berhasil!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Menu