10 Cara Diet Untuk Anak Obesitas Aman Dilakukan

Obesitas merupakan salah satu penyakit lazim yang ditemukan di masyarakat modern atau milenial. Pola makan yang tidak sehat dengan jenis makanan dan waktu makan yang tidak tepat menjadi Penyebab Obesitas yang utama. Obesitas dapat terjadi pada semua kalangan usia termasuk usia anak-anak. Menurut beberapa ahli obesitas adalah kondisi kelebihan berat badan. Biasanya spenderita obesitas memiliki kelebihan berat badan sebanyak 10% hingga 20% dari berat normal.

ads

Obesitas pada anak dan orang dewasa tidak hanya dapat mengganggu penampilan namun juga meningkatkan resiko terjadinya penyakit degenerative seperti,  hipertensi, diabetes mellitus, jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya. Karena itu beberapa dokter juga menyarankan anak yang terkena obesitas menjalani pola hidup sehat sebagai salah satu Cara Diet Aman untuk menurunkan berat badannya.  Cara diet untuk anak obesitas harus dibawah pengawasan ahli seperti dokter dan orang tua.

Dengan begitu diharapkan si anak dapat menjalankan dietnya dengan benar dan tidak membahayakan kesehatannya. Cara diet untuk anak-anak yang obesitas dapat dimulai dengan beberapa peraturan seperti berikut:

  1. Rubah kebiasaan seluruh keluarga dengan pola hidup sehat

Dalam masakah pola hidup, anak-anak akan lebih cenderung mengikuti apa yang menjadi kebiasaan kedua orang tua atau seseorang yang lebih tua darinya. Denga begitu untuk merubah pola hidup anak menjadi lebih sehat maka anda harus memulai dari seluruh keluarga atau orang yang ada di rumah.

  1. Makan di meja makan

Cara diet untuk anak obesitas yang kedua adalah dengan Cara Diet Yang Baik seperti membiasakan anak untuk makan di meja makan. Dan luangkan waktu untuk amakan bersama di meja makan. Dengan begitu orang tua akan lebih dapat mengawasi makanan apa saja yang dimakan sang anak. Menurut penelitian anak yang makan bersama keluarganya juga cenderung tidak mengalami obesitas.

  1. Perbanyak sediakan sayuran di rumah

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anak yang diet harus dibawah pengawasan ahli, dokter atau orang tua. Orang tua sangat berperan dalam keberhasilan diet anak. Itu karena orang tua dapat memilih dan memberikan makanan yang baik untuk diet. Contohnya adalah sayuran. Biasakan menyediakan menu sayuran disaat jam makan tiba. Sayuran Untuk Diet baik dikonsumsi untuk semua orang termasuk anak-anak.

  1. Ganti camilan dengan buah segar

Jika anak anda suka dengan camilan manis, anda bisa menggantinya dengan buah segar. Buah Untuk Diet tidak hanya kaya nutrisi namun juga memiliki rasa yang enak dan manis. Sehingga tidak salah jika buah dapat menjadi menu untuk cara diet untuk anak obesitas.

  1. Hindari minuman bersoda

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang gemar dengan minuman bersoda. Padahal dalam satu kaleng minuman soda, setidaknya terdapat 4 sendok makan gula di dalamnya. Nah, jika hal ini dibiarkan maka akan memperparah penderita obesitas termasuk anak-anak.


  1. Konsumsi jus

Minuman bersoda itu dapat diganti dengan Jus Untuk Diet. Anak-anak biasanya cenderung tertarik dengan warna-warni pada minuman termasuk jus. Anda bisa memilih buah atau sayuran apa saja yang baik untuk menu diet anak anda. Cara diet untuk anak obesitas dengan memperbanyak minuman jus sudah terbukti ampuh dan sehat.

  1. Jangan lupa sarapan

Pasa masa pertumbuhan seperti pada usia anak-anak sebenarnya nutrisi sangat penting diberikan. Jadi cara diet untuk anak-anak biasanya tidak dengan memberikan banyak pantangan makan namun hanya dengan pola hidup dan makan yang sehat, salah satunya sarapan. Menu Sarapan Pagi Sehat Untuk Diet anak yang obesitas dapat dipilih dengan berbagai jenis makanan rendah lemak.


  1. Kurangi nonton tv

Menurut beberapa penelitian, nonton tv dapat meningkatkan resiko terkena obesitas. Itu dapat terjadi karena saat nonton tv tubuh akan merasa bosan karena tidak ada aktivitas sehingga beralih dengan memperbanyak konsumsi makanan ringan atau camilan. Karena itu orang tua dapat memberikan waktu khusus dan mengurangi jam anak untuk nonton tv sebagai salah satu cara diet untuk anak obesitas.

  1. Tingkatkan aktivitas di laur rumah

Perbanyak kegiatan di luar rumah seperti ola raga di taman, bermain sama teman, atau kegiatan seru lainnya untuk anak. Dengan begitu tubuh anak akan lebih banyak bergerak dan kalori yang dibakar akan semakin banyak. Beberapa Gerakan Senam Untuk Mengecilkan Perut juga dapat dilakukan.

  1. Hindari jajan makanan di luar rumah

Anak-anak biasanya gemar jajan makanan di laur rumah seperti di sekolah ataupun tempat umum lainnya. Namun saat melakukan diet orang tua harus menghentikan atau mengurangi kebiasaan tersebut. Sebagai gantinya orang tua terutama ibu bisa mempersiapkan bekel makanan sebelum anak sekolah atau bekegiatan di luar rumah dengan makanan sehat, seperti Salad Sayur Untuk Diet.

Itulah sepuluh cara diet untuk anak obesitas, yang dapat dilakukan tanpa menyiksa anak. Cara Diet Alami dengan merubah pola makan menjadi lebih sehat menjadi kunci utama diet untuk anak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!