15 Cara Diet yang Baik untuk Anak Sekolah Paling Tepat dan Ampuh

Cara Diet yang Baik untuk Anak Sekolah bisa anda coba bagi anda para pelajar. Masalah kelebihan berat badan sudah bukanlah hal yang asing terdengar di telinga kita. Masalah ini sudah sangat umum , dan menimbulkan berbagai masalah-masalah tambahan seperti menimbulkan beberapa penyakit tertentu.Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut kita dapat melakukan program diet. Seringkali kita menjumpai orang yang melakukan diet lebih dominan orang yang dewasa atau yang sudah menikah. Lalu apakah masalah kelebihan berat badan hanya pada orang dewasa saja? Ternyata masalah berat badan tidak hanya dialami orang dewasa saja melainkan pada anak-anak yang masih sekolah juga. Akan tetapi mereka sulit untuk menurunkan berat badan , karena kurangnya pengetahuan tentang cara menurunkan berat badan yang sehat dan benar. Berikut tips untuk menurunkan berat badan pada anak sekolah. Simak ya !

ads

Baca juga :

Cara Diet yang Baik untuk Anak Sekolah

1. Mengatur Porsi Makan

Pada usia remaja atau anak sekolah , dalam mengkonsumsi makanan biasanya mereka cenderung berlebihan. Setiap terdapat makanan yang menarik , mereka tidak perlu berpikir panjang untuk mengkonsumsinya seperti makanan yang manis, kue , berbagai makanan ringan dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut menjadi makanan pokok saat di sekolah karena dalam mendapatkannya pun cukup mudah , kita bisa menemukan makanan tersebut di kantin maupun di sepanjang pinggir jalan sekolah. Sehingga makanan-makanan tersebut yang akan menyebabkan berat badan berlebih .

Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan yang normal yaitu dengan mengatur porsi maka. Cara ini dapat diterapkan pada anak sekolah , kita dapat mengaturnya dengan membawa bekal sendiri . Hindari mengkonsumsi makanan yang disediakan di kantin atau di warung yang banyak mengandung gula dan lemak. Usahakan makan 3 kali sehari dengan porsi yang secukupnya sesuai kebutuhan kalori . Kebutuhan kalori untuk karbohidrat 50% , protein 30%, dan lemak 20%.(Baca juga : Cara Diet Madu  )

2. Mengontrol Kebiasaan

Kebiasaan buruk pada anak sekolah merupakan salah satu pemicu masalah kelebihan berat badan , seperti tidur setelah makan , malas untuk melakukan aktivitas , mengkonsumsi makanan junk food , serta jajan sembarangan. Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebutlah yang sulit untuk di kontrol apalagi pada usia-usia anak sekolah , dimana pada masa ini anak-anak cenderung masih labil. Cara untuk menurunkan berat badan selanjutnya yaitu mengontrol kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut .

Usahakan bagi remaja yang sedang melakukan program diet tidak tidur setelah makan karena dapat memicu proses pencernaan di dalam lambung terhambat sehingga akan terjadi penimbunan lemak di perut . Selain itu jangan sembarangan saat mengkonsumsi makanan , karena makanan seperti kue , gorengan sangat mengandung gula , lemak , dan kolesterol yang tinggi. Makanan tersebut tidak hanya membuat berat badan naik melainkan dapat memicu masalah-masalah lain seperti penyakit diabetes , jantung koroner dan lain-lain. Lalu dianjurkan untuk tidak bermalas-malasan agar tubuh mengeluarkan keringat. (Baca Juga : Cara Memotivasi Diri untuk Diet )


3. Melakukan Sarapan Pagi

Banyak remaja yang meninggalkan sarapan saat berangkat sekolah , karena terburu-buru , takut terlambat maupun bangun kesiangan. Sarapan sangat dianjurkan untuk orang yang melakukan program penurunan berat badan . Dengan sarapan pagi tubuh akan mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari . Sarapan juga akan membantu anak sekolah berkonsentrasi saat pelajaran berlangsung.

Dengan sarapan akan membuat tidak merasakan lapar berlebihan saat siang hari , karena jika kita tidak melakukan sarapan akan membuat siang hari ya sangat lapar sehingga membuat kita mengkonsumsi makanan yang berlebihan di siang haru . Tanpa sarapan juga akan menyebabkan kandungan asam lambung meningkat secara drastis. Jadi tetap dianjurkan untuk melakukan sarapan saat menjalankan program diet.(Baca juga : Diet Matahari )

4. Tidur yang cukup

Saat tidur tubuh sedang istirahat , meskipun sedang istirahat sebenarnya tubuh sedang membentuk hormon-hormon tertentu untuk menunjang pertumbuhan. Tidur yang tidak cukup akan menghambat hormon-hormon tersebut , selain itu kurang tidur akan mengakibatkan masalah-masalah kesehatan . Banyak beranggapan kurang tidur akan membuat tubuh kurus , hal tersebut tidaklah benar justru kekurangan tidur akan menyebabkan  kelebihan berat badan .

Karena kurang tidur mengakibatkan proses metabolisme menurun. Untuk menjaga keseimbangan berat badan salah satunya meningkatkan metabolisme salah satunya tidur yang cukup. Maka dari itu dianjurkan seseorang yang melakukan program diet melakukan tidur atau istirahat yang cukup. (Baca juga : Persepsi yang Salah tentang Diet )

5. Olahraga Teratur

Cara Diet yang Baik untuk Anak Sekolah yang selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Aktivitas olahraga memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh kita antara lain meningkatkan kesehatan , meningkatkan sistem imun tubuh , meningkatkan proses metabolisme dan selanjutnya mampu menurunkan berat badan. Akan tetapi , anak remaja sering kali malas untuk melakukan olahraga . Mereka lebih memilih untuk berdiam diri dan bermain gadget.

Kebiasaan buruk tersebutlah yang menghambat dalam program penurunan berat badan , karena aktivitas yang mereka lakukan tidak mengeluarkan keringat. Sebaiknya seseorang yang melakukan program diet melakukan aktivitas olahraga secara teratur seminggu 3 kali, agar penurunan berat badan semakin cepat. Selain itu agar pertumbuhan pada masa sekolah ini semakin baik dalam membentuk tubuh , hormon dan pembentukan reproduksi remaja . (Baca juga : Jenis Ikan yang Baik untuk Diet )

6.Meningkatkan aktivitas

Meningkatkan aktivitas sangat membantu dalam penurunan berat badan , karena dengan melakukan aktivitas atau kegiatan dapat mengeluarkan keringat yang ada di dalam tubuh. jika kita bermalas-malasan maka akan menyebabkan lemak di dalam tubuh akan tertumpuk , lalu akan menyebabkan berat badan yang berlebih . Dianjurkan untuk anak yang masih sekolah memperbanyak aktivitas-aktivitas atau pun kegiatan di sekolahannya seperti mengikuti kegiatan pramuka , ekstra kulikuler , maupun kegiatan organisasi lainnya. (Baca juga :  Fakta dan Mitos Diet )

7. Mengurangi Lemak

Lemak merupakan pemicu terbesar dalam masalah kelebihan berat , selain itu lemak juga dapat memicu timbulnya masalah penyakit tertentu seperti kolesterol tinggi , tekanan darah tinggi , penyakit jantung koroner dan masih banyak lagi. Makanan yang banyak mengandung lemak antara lain gorengan , makanan ringan , berbagai makanan junk food dan lain sebagainya . Maka dianjurkan saat melakukan diet , tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak secara berlebihan.(Baca juga :  Bahaya Gorengan untuk Diet )

8. Mengurangi makanan yang mengandung gula

Gula merupakan salah satu komponen yang diperlukan oleh tubuh karena mengandung karbohidrat . Dimana karbohidrat digunakan untuk sumber dasar untuk proses metabolisme . Akan tetapi jika kadar gula didalam tubuh akan mengakibatkan kelebihan berat badan . Makanan yang mengandung banyak gula antara lain kue , minuman bersoda , sirup, coklat dan lain sebagainya. Sangat dianjurkan untuk mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula pada saat melakukan diet. ( Baca juga :  Cara Diet Saat Hamil Muda )

9. Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayuran sangat baik di dalam tubuh karena mengandung banyak vitamin, serat dan mineral. Saat kita mengkonsumsi buah dan sayuran secara cukup maka fungsi organ di dalam tubuh akan lancar seperti fungsi pencernaan .Buah dan sayur juga akan membantu metabolisme dalam tubuh , dimana metabolisme tersebut berfungsi pada pembakaraan lemak di dalam tubuh.Maka jika kita banyak mengkonsumsi buah dan sayur akan membantu dalam penurunan berat badan. Vitamin, mineral dan serat dapat ditemukan di buah mangga , strawberry , apel, peer , sayuran hijau seperti bayam , kangkung, brokoli dan lain sebagainya. (Baca juga : Faktor yang Mempengaruhi Pola Diet  )

10. Hindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji merupakan makanan yang digemari oleh anak-anak. Karena rasanya yang enak selain itu tampilannya menarik untuk dikonsumsi . Akan tetapi di dalam makanan cepat saji memiliki kandungan pengawet dan tinggi kalori serta lemak. Kandungan tersebutlah yang menyebabkan makanan cepat saji merupakan salah satu pemicu kelebihan berat badan. Yang termasuk makanan cepat saji antara lain snack , mie instant ,sarden dan lain sebagainya. Selain itu makanan cepat saji akan menimbulkan masalah-masalah lain seperti kolesterol yang tinggi, jantung kooner , obesitas dan penyakit ginjal. (Baca juga : Cara Memasak Brokoli untuk Menu Diet )

11. Minum air yang cukup

Air merupakan komponen yang penting di dalam tubuh ,karena dapat menjaga keseimbangan berat badan , selain itu bisa menjaga suhu tubuh , dan untuk memperlancar pencernaan. Jika kita kekurangan air di dalam tubuh maka akan menyebabkan masalah-masalah lainnya seperti dehidrasi , dan juga masalah keseimbangan kandungan air didalam tubuh. Maka sangat dianjurkan bagi yang menjalankan program diet mengkonsumsi cukup banyak air agar proses metabolisme di dalam tubuh lancar. (Baca juga : Alasan Orang Melakukan Diet )

12. Hindari menonton TV secara berlebih

Kebiasaan buruk anak sekolah setelah pulang sekolah yaitu menonton TV seharian , hal ini akan menyebabkan program diet yang dijalani akan gagal . Karena saat kita berada di depan TV maka akan cenderung melakukan aktivitas lainnya , yang menyebabkan tubuh tidak mengeluarkan keringat. Hal tersebutlah yang memicu lemak semakin menumpuk , salah satu cara agar lemak di dalam tubuh berkurang yaitu dengan melakukan aktivitas agar tubuh bergerak sesering mungkin . Dengan ini maka program diet yang kita lakukan akan mendapatkan hasil yang maksimal. (Baca juga : Manfaat Jahe Merah dan Madu untuk Diet )

13. Mengkonsumsi Nutrisi yang Cukup

Setiap tubuh memerlukan energi dan nutrisi yang digunakan untuk energi guna melakukan aktivitas yang kita lakukan. Nutrisi yang cukup membuat fungsi semua organ bekerja secara maksimal sehingga akan meningkatkan kesehatan .Nutrisi yang cukup juga akan membantu penurunan berat badan karena akan meningkatkan metabolisme di dalam tubuh . Kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi antara lain karbohidrat , protein, lemak , vitamin, serat dan mineral.Maka sangat dianjurkan seseorang yang melakukan diet untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya agar diet yang dilakukan memberikan hasil yang diinginkan. (Baca juga :  Keselahan dalam Diet )

14. Usahakan makan dirumah

Bagi yang menjalani program diet, usahakan makan di rumah , karena kita dapat mengatur porsi yang sesuai . Pada saat kita tidak makan di rumah dan membeli makan di tempat makan akan menyebabkan porsi yang dikonsumsi berlebih . Hal itu akan membuat program diet sia-sia. Makan dirumah juga lebih terjamin tingkat kebersihannya. Jika kita mengkonsumsi makanan diluar akan beresiko makananya mengandung kuman. Hal tersebut mampu memberikan masalah kesehatan seperti diare dan lain-lain. (Baca juga :  Cara Diet Saat Bulan  Puasa )

15. Batasi mengkonsumsi minuman bersoda dan mengandung kafein

Minuman yang bersoda dan mengandung kafein mengandung gula yang tinggi , selain itu mengkonsumsi kafein dan soda berlebih tidak baik bagi kesehatan tubuh . Karena kafein yang tinggi akan menyebabkan aliran gula di dalam darah tinggi , proses pembakaran neuron lebih cepat, tekanan darah naik otot menjadi tegang dan gangguan tidur , sedangkan mengkonsumsi gula secara berlebih akan mengakibatkan lambatnya regenerasi sel, dehidrasi ,metabolisme tubuh menjadi terganggu dan lain sebagainya. (Baca juga :  Cara Diet Penderita Maag )

Baca juga :

Penjelasan diatas merupakan cara diet bagi anak sekolah yang baik dan efektif. Diharapkan penjelasan diatas memberikan manfaat bagi yang akan melakukan diet. ( Baca juga : Pantangan Diet Pisang  )

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan