5 Panduan Lengkap Cara Melakukan Side Plank dengan Mudah

Cara Melakukan Side PlankBerbicara mengenai side plank, tentu sudah banyak orang yang mengetahui tentang olahraga ringan satu ini. Side plank merupakan salah satu variasi dari olahraga planking atau plank. Meskipun termasuk dalam variasinya planking namun bukan berarti side plank tidak memiliki manfaat yang besar seperti olahraga plank pada umumnya.

ads

Selain mudah untuk di lakukan ternyata side plank juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda. Mulai dari meningkatkan sistem metabolisme, menurunkan berat badan, hingga membuat tulang serta sendi Anda menjadi lebih kuat. Manfaat side plank ini bisa Anda dapatkan jika melakukannya secara rutin setiap hari.

Bahkan beberapa manfaatnya tidak akan Anda sangka. Adapun cara melakukan side plank yang benar adalah seperti di bawah ini.

1. Siapkan Alas Untuk Olahraga Terlebih Dahulu

Langkah pertama untuk melakukan side plank adalah menyiapkan alas olahraga terlebih dahulu. Berbicara tentang alas untuk olahraga ini adalah hal yang cukup penting dan selalu Anda perhatikan. Meskipun bisa berolahraga tanpa menggunakan alas namun akan lebih baik jika Anda menggunakan alas saat side plank. Ini dia manfaat senam perut yang bisa Anda dapatkan.

Alas untuk olahraga sendiri akan melindungi tubuh Anda dari benturan yang keras sehingga Anda tidak akan menderita cidera yang berlebih. Penggunaan alas pada side plank di anggap sangat penting sebab sebagian besar gerakan pada side plank menggunakan seluruh bagian tubuh. Untuk alas ini Anda bisa menggunakan matras yang cukup empuk. Jenis-jenis sit up ini harus Anda ketahui.

2. Ambil Posisi Tidur Terlentang Lalu Miringkan Badan

Jika Anda sudah menyiapkan alas untuk olahraga Anda maka mulailah untuk mengambil posisi terlentang dengan menghadap ke depan. Letakkan kedua tangan di samping badan dan luruskan kaki Anda. Jangan sampai kaki maupun tangan menekuk karena bisa berefek buruk pada tulang Anda ketika Anda berolahraga nantinya.

Setelah badan terletang maka mulai miringkan badan baik ke arah kanan maupun kiri. Karena yang akan Anda lakukan adalah side plank bukan plank biasa sehingga tubuh bagian samping lah yang menjadi tumpuan. Letakkan tangan kanan di bawah dan tangan kiri di atas dengan menekuk dan menyentuh pinggang dengan membentuk sudut 90 derajat. Ternyata manfaat plank 1 menit sangat berguna untuk tubuh Anda.

3. Posisikan Kaki dengan Saling Bbertumpu

Jika tangan  berada di samping badan dan di bawah tubuh maka pastikan kaki Anda dalam posisi lurus saat Anda memiringkan badan. Saling tumpukan kaki Anda dimana kaki kanan di atas dan kaki kiri di bawah ataupun sebaliknya sesuai dengan posisi yang Anda gunakan baik itu hadap kanan maupun hadap kiri. Beberapa efek samping pilates yang harus Anda waspadai.


4. Mulai Angkat Tubuh ke Atas

Pada dasarnya gerakan planking hampir sama dengan gerakan sit up. Karena memang manfaat utamanya untuk melatih tubuh Anda bagian atas utamanya di bagian perut. Sehingga sebagian besar orang yang menggunakan olahraga plank ini adalah untuk mendapatkan bentuk perut yang six pack maupun perut yang seksi untuk perempuan.

Setelah Anda pada posisi siap dimana bagian tubuh sudah di tempatkan seperti di atas maka mulai gerakan side plank. Caranya adalah dengan mengangkat bagian tubuh ke atas dan tangan yang di bawah sebagai tumpuan. Tahan posisi ini selama 30 hingga 60 detik lamanya. Ternyata manfaat yoga untuk diet sangatlah banyak sekali dan bisa Anda dapatkan dengan mudah.

5. Kembali ke Posisi Semula

Side plank memang di tujukan untuk Anda yang tidak hanya ingin membentuk perut saja tetapi untuk Anda yang ingin mendapatkan lengan dan paha yang ideal. Sebab olahraga satu ini memang bisa di gunakan untuk melatih beberapa otot inti tubuh. Seperti otot lengan, otot perut, otot betis, otot dada, otot bahu, dan juga otot punggung. Beberapa efek samping yoga ini perlu Anda ketahui.

Cara melakukan side plank selanjutnya adalah kembali ke posisi semula. Setelah Anda menahan tubuh di atas selama waktu yang di tentukan maka Anda bisa kembali ke posisi semula. Namun saat Anda kembali ini pastikan dengan cara yang perlahan sembari menarik dan membuang nafas Anda. Sebab jika Anda melakukannya secara mendadak maka cidera otot bisa Anda alami.

Nah itu tadi beberapa cara melakukan side plank ini. Selain tahapan caranya yang penting ternyata beberapa hal juga bisa Anda lakukan untuk mempermudah gerakan Anda selama side plank. Karena bagi pemula side plank bisa di bilang agak susah. Inilah bahaya plank yang harus di waspadai. Adapun beberapa hal yang bisa memudahkan gerakan side plank adalah: 


  1. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Cara pertama yang bisa Anda coba agar olahraga side plank Anda berjalan dengan lancar adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran hijau di bandingkan dengan makanan yang lain. Sebab di dalam sayuran hijau terdapat banyak sekali vitamin dan juga mineral yang sangat berguna untuk tubuh Anda. Inilah manfaat plank yang bisa Anda dapatkan jika melakukannya secara rutin.

Saat Anda sedang melakukan side plank dan Anda memutuskan untuk lebih banyak makan sayuran hijau maka tubuh akan lebih bertenaga. Sehingga jika Anda sedang melakukan side plank maka tubuh tidak akan cepat lelah karena Anda memiliki tenaga yang berlebih untuk berolahraga. Gerakan side plank Anda pun juga bisa meningkat secara drastis tentunya.

2. Hindari Junk Food

Seperti yang Anda ketahui jika junk food memiliki kandungan lemak yang sangat besar. Ini lah mengapa junk food menjadi salah satu penyebab paling besar dari berat badan yang naik secara drastis. Dan apakah Anda termasuk orang yang menyukai junk food ?, Jika iya, mulai sekarang Anda harus mengurangi konsumsi junk food Anda.

Apalagi jika Anda berniat menurunkan berat badan menggunakan olahraga side plank. Sebab jika Anda masih mengkonsumsi junk food dalam jumlah yang banyak maka olahraga side plank yang Anda lakukan adalah sia-sia. Bukan berat badan yang turun yang akan Anda dapatkan melainkan rasa lelah karena olahraga side plank tadi. Beberapa manfaat pilates bagi wanita ini bisa Anda dapatkan.

3. Minum Multivitamin

Obat-obatan memang tidak di anjurkan saat berolahraga. Namun berbeda ceritanya jika Anda mengkonsumsi multivitamin ketika akan berolahraga. Karena di dalam multivitamin tidak ada kandungan bahan yang berbahaya untuk tubuh sehingga bisa di konsumsi dalam jumlah yang cukup banyak dalam jangka waktu yang sering. Ini dia perbedaan pilates dengan yoga yang harus Anda ketahui.

Namun meskipun bisa di konsumsi secara terus menerus tetapi Anda harus memilih obat multivitamin yang memang terbukti memiliki kualitas tinggi. Nah itu tadi cara melakukan side plank dan beberapa hal yang bisa Anda coba untuk memudahkan olahraga side plank Anda. Selamat mencoba.

, , ,




Oleh :
Kategori : Panduan