8 Manfaat Side Plank untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Manfaat Side PlankOlahraga plank menjadi salah satu olahraga yang sering di gunakan oleh kebanyakan orang untuk membentuk tubuh agar lebih ideal dari sebelumnya. Olahraga plank juga di anggap sebagai olahraga yang mudah sekali di lakukan dan memiliki beberapa macam gerakan olahraga.

ads

Dan salah satu tipe dari planking adalah olahraga side plank. Variasi yang timbul dalam olahraga plank dimaksudkan untuk membuat setiap orang agar tetap nyaman ketika sedang berolahraga dan tidak akan merasa cepat bosan. Sebab tidak hanya satu gerakan yang bisa mereka coba namun ada banyak sekali gerakan dari planking masa kini seiring dengan bertambahnya variasi olahraga plank itu sendiri. Adapun manfaat side plank yang bisa peroleh adalah:

1. Mood Meningkat dan Stress Menurun

Perubahan mood pasti terjadi pada seseorang, sebab tidak mungkin seseorang selalu bahagia ataupun selalu sedih. Perubahan mood sendiri di anggap wajar oleh sebagian besar orang karena memang menjadi hal yang pasti di alami oleh setiap orang. Namun yang perlu di perhatikan adalah jika perubahan mood terjadi secara mendadak. Inilah manfaat plank sebelum tidur yang bisa Anda dapatkan.

Perubahan mood secara mendadak bisa memicu pertengkaran antara Anda dengan rekan kerja maupun dengan keluarga. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa melakukan olahraga side plank setiap hari. Sebab selain bisa meningkatkan mood agar lebih baik, side plank juga berguna untuk meredakan stress yang Anda alami. Bahaya tidur setelah makan yang wajib Anda waspadai.

2. Kesehatan Tulang dan Sendi Meningkat

Ketika Anda bergerak menjalani aktivitas setiap hari maka bagian tubuh yang paling banyak bekerja keras adalah tulang dan sendi. Inilah mengapa ketika Anda jarang olahraga namun sering melakukan kegiatan yang berat maka Anda akan merasakan rasa nyeri yang cukup lama pada tulang dan juga sendi Anda karena tidak terlatih.

Selain itu tulang dan sendi yang tidak pernah di latih dan di jaga kesehatannya maka bisa keropos yang menyebabkan Anda menderita beberapa penyakit tulang. Cara untuk menjaga agar tulang dan sendi tetap kuat adalah dengan olahraga side plank secara rutin. Karena olahraga ini memiliki banyak manfaat untuk tulang dan sendi Anda. Beberapa manfaat olahraga pagi yang bisa Anda dapatkan.

3. Keseimbangan Tubuh Terjaga

Pernahkah Anda mengalami kejadian sering jatuh padahal tidak tersandung benda keras?, Atau sering tidak bisa menjaga keseimbangan ketika sedang berolahraga?. Kejadian ini bisa dikarenakan oleh keseimbangan tubuh yang semakin menurun. Keseimbangan tubuh menurun juga bisa dikarenakan oleh faktor usia. Gunakan waktu makan yang tepat untuk diet ini.

Jika keseimbangan tubuh Anda biarkan terus menurun maka hal yang lebih buruk dan memalukan bisa terjadi pada Anda. Agar keseimbangan tubuh tetap terjaga maka Anda bisa melakukan side plank setiap hari. Sebab di dalam olahraga side plank terdapat gerakan yang melatih tentang keseimbangan tubuh Anda. Sehingga ketika Anda rajin melakukan side plank maka tubuh bisa lebih seimbang.


4. Lebih Bersemangat Dalam Melakukan Aktivitas

Manfaat side plank selanjutnya adalah membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas setiap hari Anda. Sebab olahraga side plank bisa melatih seluruh otot di dalam tubuh Anda sehingga Anda tidak mudah lelah ketika melakukan banyak aktivitas setiap harinya. Karena otot di dalam tubuh sudah terlatih berkat melakukan side plank setiap hari.

Bahkan karena banyaknya manfaat side plank untuk tubuh maka para angkatan laut lebih menyarankan untuk melakukan planking di bandingkan dengan melakukan sit up. Sebab sit up hanya bisa melatih satu otot dan itu otot tunggal saja namun jika side plank bisa di gunakan untuk melatih otot inti di seluruh tubuh. Inilah penyebab berat badan susah turun padahal sudah diet yang harus Anda ketahui.

5. Menyembuhkan Nyeri Pada Punggung

Pernahkah Anda mengalami sakit punggung yang cukup parah?. Biasanya nyeri pada punggung ini sering menyerang kepada Anda yang lebih sering bekerja di depan komputer. Apalagi jika posisi duduk Anda salah maka nyeri punggung ini juga bisa semakin parah dan juga semakin sakit terasa.

Untuk menyembuhkan nyeri pada punggung ini bisa menggunakan beberapa cara yang sangat mudah dan salah satunya adalah olahraga side plank. Mengapa side plank bisa meredakan nyeri pada punggung? Sebab ketika Anda melakukan planking setiap hari maka otot punggung dan otot perut akan tertarik sehingga nyeri pada punggung bisa terobati.

6. Menguatkan Otot Inti Ttubuh

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat dan sangat maju. Menjadikan setiap orang untuk selalu bekerja cepat dan tepat setiap harinya. Sebab banyak pekerjaan yang harus di lakukan dalam waktu yang singkat dan terkadang harus selesai waktu itu juga. Bahkan kehilangan pekerjaan sudah seperti hal biasa bagi mereka yang memang tidak bisa bekerja secara baik.

Ketika Anda melakukan semua hal secara cepat dan itu berlangsung dalam waktu yang lama maka bisa saja otot Anda menjadi kendur. Jika otot sudah kendur maka Anda akan sering merasakan nyeri pada tubuh ketika sedang beraktifitas. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa melakukan olahraga side plank secara rutin. Beberapa manfaat push up bagi wanita yang ingin diet.

7. Metabolisme Tubuh Meningkat

Jika Anda sering mengalami sakit bahkan sakit yang ringan seperti batuk dan flu maka bisa jadi hal tersebut adalah tanda jika metabolisme tubuh Anda mulai menurun. Jika metabolisme tubuh sudah semakin menurun maka bukan hanya penyakit ringan saja yang bisa menyerang tubuh namun juga penyakit yang cukup serius. Inilah macam-macam push up yang bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan Anda.

Sistem metabolisme tubuh memang sangat penting untuk selalu di jaga kesehatannya. Sebab metabolisme tubuh ini lah yang menjadi sistem yang akan menjaga tubuh Anda dari resiko terjangkitnya beberapa virus berbahaya yang ada di udara bebas. Untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh agar semakin kuat maka Anda bisa melakukan side plank setiap hari.

8. Menurunkan Berat Badan

Manfaat paling utama dari side plank adalah bisa untuk menurunkan berat badan Anda. Bagian yang paling mudah di kecilkan dengan olahraga side plank adalah perut Anda. Tentu Anda tidak ingin bukan jika bentuk perut Anda menjadi sangat besar akibat penimbunan lemak. Karena hal tersebut bisa mengganggu penampilan Anda. Manfaat sit up yang bisa Anda dapatkan.

Selain itu terlalu banyak makan utamanya makanan junk food dan tidak melakukan olahraga sama sekali maka bisa membuat berat badan Anda menjadi cepat naik. Untuk menjaga agar berat badan stabil maka Anda bisa melakukan side plank setiap hari secara rutin. Inilah cara sit up yang baik yang bisa Anda coba.

Nah itu tadi beberapa manfaat side plank yang bisa Anda dapatkan. Menarik bukan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet