11 Cara Membuat Detox Lemon Water untuk Diet Sehat Menyegarkan

Cara Membuat Detox Lemon WaterLingkungan bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara alami, misalnya saja memaparkan racun. Namun tidak perlu khawatir karena tubuh kita memiliki cara sendiri untuk mengeluarkan racun.

ads

Detoksifikasi adalah mekanisme tubuh dalam mengeluarkan racun melalui keringat dan air seni agar racun tidak mengendap terlalu lama didalam tubuh. Selain dengan dua cara itu, Anda juga bisa mengeluarkan racun dengan cara lain misalnya dengan metode diet secara detox.

Secara umum, cara seperti ini dilakukan dengan memperbaiki jenis-jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Gaya hidup sehat ditandai dengan rutinnya mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain mengandung serat yang kaya manfaat, buah dan sayuran untuk diet juga mengandung vitamin dan bermacam nutrisi yang dapat membantu proses detox alami untuk diet Anda.

Cara mengonsumsinya juga beragam, mulai dari mengonsumsi dalam bentuk mentah-nya, dalam bentuk konsentrat, hingga dalam bentuk jus. Begitupula sama halnya dengan cara mengolah sayuran untuk menu diet.

  1. Meminum Air Putih

Ini adalah salah satu cara detox paling mudah dan gratis yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa membutuhkan biaya banyak. Sebanyak 80% tubuh manusia terdiri atas air, sehingga kebutuhan akan air sangatlah penting untuk dipenuhi setiap hatinya.

Manfaat air putih yang paling penting selain untuk menghilangkan dahaga dan memenuhi kebutuhan mineral tubuh, juga dapat melarutkan racun-racun yang ada dalam tubuh dengan mengeluarkannya secara langsung.

Jumlah konsumsi air putih yang disarankan dalam kondisi normal adalah sebanyak 2 liter air setiap harinya atau sekitar 8 – 10 gelas per-hari. Melalui detox air putih ini, racun-racun dalam tubuh Anda akan dikeluarkan melalui cara paling lazim dan aman seperti air kencing dan keringat.

  1. Berpuasa

Siapa yang tidak mengenal puasa. Mayoritas masyarakat di Indonesia, terutama yang muslim tentu mengenal puasa Ramadhan, atau puasa Senin – Kamis. Banyak penelitian menunjukkan bahwa puasa ternyata tak hanya bermanfaat secara ibadah dan kesehatan spiritual, namun ternyata puasa juga bisa berguna sebagai salah satu bentuk diet dengan cara detox alami yang mumpuni.

Prinsip puasa pun hampir sama dengan diet, yakni tidak memakan makanan dengan jumlah yang sama dengan hari biasa alias asupan makanan yang lebih sedikit dibandingkan hari normal.

Asupan sedikit ini akan membuat tubuh Anda bisa beristirahat dari proses metabolisme yang rumit sehingga sistem pencernaan dalam tubuh pun dapat terpulihkan.

  1. Olahraga / Kegiatan Fisik

Telah diketahui sejak lama bahwa olahraga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Olahraga adalah kegiatan fisik yang dapat memicu produksi keringat serta salah satu upaya detox alami paling efektif untuk dicoba.

Anda tidak perlu berolahraga berat yang memakan biaya mahal untuk peralatannya, namun olahraga jenis ringan seperti jogging, jalan santai, naik-turun tangga, bersepeda hingga senam pun dapat membuat pengeluaran toksin (racun) dalam tubuh menjadi lebih mudah.

Nah, selain cara-cara di atas yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat, ternyata masih ada cara detox alami lain yang masih jarang dicoba. Cara tersebut adalah dengan mengonsumsi air lemon secara rutin setiap pagi saat perut Anda masih kosong.


Sebagaimana Anda ketahui, Lemon adalah salah satu jenis buah jeruk yang banyak digunakan baik dalam masakan atau dikonsumsi setiap pagi. Lemon mengandung banyak sari buah apabila dikupas dan diiris. Sari buah itulah yang kaya akan asam sitrat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Menurut penelitian, mengonsumsi lemon sebagai buah untuk diet terutama di pagi hari dapat memperlancar sistem pencernaan, menjaga keseimbangan metabolisme tubuh Anda, menurunkan berat badan, hingga mampu mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh.

Selain itu, waktu pagi hari adalah waktu paling tepat untuk “menyelamatkan” tubuh Anda dari dehidrasi yang dialami selama tidur oleh karena kehilangan cairan saat pernapasan.

Secara umum, manfaat air lemon bagi kesehatan tubuh dijelaskan sebagai berikut!

  1. Detox Pencernaan

Salah satu buah paling populer untuk detox alami adalah lemon. Diketahui bahwa lemon dapat menyingkirkan racun-racun di dalam tubuh. Bagaimana caranya?

Metodenya sangatlah mudah, yakni dengan memeras sari buah lemon dan dicampur dengan manfaat air putih hangat untuk diet. Perlu diingat bahwa Anda tidak boleh menambahkan gula ke dalamnya.

  1. Detox Hati

Selain pencernaan, lemon juga sangat ampuh untuk mendetox hati. Bila Anda mengkonsumsi jus lemon secara rutin, produksi enzim dalam hati Anda pun semakin meningkat sehingga ginjal menjadi bersih dan buang air kecil pun menjadi lancar.

  1. Kulit Bersinar

Ingin kulit lebih kinclong seperti artis? Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi detox lemon water.

Kulit Anda menjadi lebih bersih dan cerah, oleh karena detox air melon dapat mendetoks kulit apalagi bila tipe kulit Anda merupakan kulit penuh jerawat meradang

  1. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, konsumsi air lemon juga dapat menurunkan berat badan. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara memeras jeruk lemon dan menambahkannya pada segelas air hangat. Khasiat infused water untuk diet dari lemon ini tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

  1. Anti Aging

Penuaan dini dan kerutan merupakan momok menakutkan bagi sebagian besar wanita. Ramuan air lemon dapat membantu mencegah kerutan di wajah atau penuaan dini dengan biaya yang sangat murah.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Air lemon dipercaya dapat menjadi bahan alami yang mampu mencegah bau mulut, membersihkannya hingga mencegah bau mulut. Selain itu lemon juga dapat mengurangi nyeri serta kerusakan pada gigi

  1. Mengatasi Masalah Pernafasan

Bagi penderita alergi dan asma, maka mengonsumsi air lemon sebagai cara diet dengan infused water ini dapat menjadi solusi paling jitu yang harus dilakukan secara rutin setiap paginya. Air lemon dapat membantu mengeluarkan dahak yang kerap kali mengganggu sistem pernafasan Anda

Melihat begitu banyaknya manfaat air lemon, terutama detox air lemon maka tentunya Anda penasaran bagaimana sih cara membuat detox lemon water yang tepat dan sempurna. Berikut penjelasannya!

  1. Siapkan bahan-bahan yang Anda perlukan yakni satu buah lemon, 1/4 bagian air dingin dan 1/3 bagian air panas.
  2. Buatlah komposisi air hangat yakni dengan mencampurkan 1/3 air panas yang mendidih dengan 1/4 air dingin.
  3. Iris lemon menjadi beberapa bagian sebelum diperas ke dalam wadah air. Jangan membuang kulit lemon yang tersisa.
  4. Setelah sebagian besar lemon diperas ke dalam wadah air, tambahkan irisan kulit lemon yang sudah disisihkan tadi ke dalamnya. Kulit lemon yang ditambahkan haruslah telah dicuci dengan benar sebelumnya. Mengapa kulit lemon ditambahkan? hal itu disebabkan oleh karena kandungan kulit lemon yang banyak mengandung serat, vitamin serta mineral penting seperti kalium dan kalsium.

Selain cara tersebut, cara membuat detox lemon water kedua yang bisa dicoba agar lebih praktis dan bisa menjadi alternatif mudah untuk dikonsumsi sebagai diet yang lagi trend adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan bahan-bahannya seperti lemon sebanyak 2 hingga buah, dan air biasa. Tidak lupa juga wadah untuk air lemon berupa teko atau pitcher ukuran 2 liter.
  2. Iris tipis-tipis semua lemon yang sudah disiapkan
  3. Masukkan irisan-irisan lemon ke dalam wadah
  4. Tambahkan air ke dalam wadah
  5. Letakkan di dalam lemari es bila Anda suka air lemon dingin
  6. Untuk air lemon dingin, biarkan di dalam kulkas selama tiga hingga empat jam untuk memastikan kandungan nutrisi lemon terekstrak secara maksimal
  7. Detox air lemon siap disajikan dan dinikmati 

Cara ini memiliki kelebihan dibandingkan cara pertama yakni Anda dapat menggunakan irisan lemon yang sama untuk setidaknya dua hingga tiga teko air lemon sebelum nutrisi dan rasanya menghilang atau habis.

Namun, jika Anda lebih suka mengkonsumsinya dalam keadaan hangat, maka Anda dapat mencoba metode ini dengan mengganti air biasa dengan air hangat dan dengan komposisi yang telah dijelaskan sebelumnya.

Manfaat air lemon hangat sangat banyak, tidak hanya sebagai cara diet alami cepat turunkan berat badan, juga memacu sistem kekebalan tubuh, detoksifikasi, membersihkan darah Anda, membantu mengatur gerakan usus, mengoksidasi tubuh sehingga Anda merasa lebih segar setiap harinya, mengandung vitamin tinggi, menjernihkan kulit, serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol sehingga dapat digunakan sekaligus sebagai cara diet cepat kurus Anda.

Adapun waktu paling tepat untuk mengonsumsi air lemon selain di pagi hari adalah sebelum tidur. Air lemon yang dikonsumsi sebelum tidur dapat membantu detoksifikasi tubuh semalaman, menstabilkan hormon Anda agar di pagi hari Anda bangun dalam keadaan segar dan penuh energi, memperbaiki sendi dan otot-otot ketika relaksasi malam hingga menyeimbangkan nutrisi, vitamin serta mineral tubuh.

Demikianlah cara membuat detox lemon water yang tepat dan benar untuk Anda coba. Namun, perlu diingat bahwa mengkonsumsi air lemon sebagai cara diet dengan buah – buahan mengandung vitamin C berkadar tinggi di pagi hari tidak boleh dilakukan oleh Anda yang memiliki kadar besi tinggi dalam darah. Mengapa?

Karena lemon dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam menyerap besi sehingga dikhawatirkan kandungan zat besi dalam darah makin tinggi setelah Anda meminumnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!