20 Sayuran Untuk Diet yang Menyehatkan dan Cepat Langsing

Sayuran Untuk DietSalah satu cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak aneka jenis sayuran yang terkenal karena kandungan vitamin, mineral dan umumnya rendah kalori, sehingga sayuran menjadi asupan terbaik untuk menu diet anda setiap hari. Sayuran tidak hanya sangat membantu dalam program diet, namun juga memberikan berbagai manfaat lain untuk menjaga kesehatan dan juga mengatasi berbagai penyakit. Sayuran akan membuat peredaran darah menjadi lancar, meningkatkan kinerja sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan detoksifikasi dan berbagai manfaat lain yang bisa didapat dengan mengkonsumsi jenis sayuran. Dengan begitu banyak manfaat dari aneka jenis sayuran, maka mengkonsumsi sayuran akan membuat proses penurunan berat badan anda berjalan dengan baik.

ads

Artikel terkait:

Jenis Jenis Sayuran Untuk Diet

Berikut ini, kami akan memberikan beberapa jenis sayuran terbaik yang bisa anda konsumsi saat menjalani program diet.

  1. Brokoli

Seperti sayuran berwarna hijau pada umumnya, brokoli memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, vitamin B6, folat, mangan, magnesium, potasium, fosfor dan kalsium. Brokoli sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan anda karena mengandung serat, karbohidrat kompleks dan rendah kalori yang sangat baik untuk menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan proses detoksifikasi. Selain itu, brokoli juga merupakan jenis sayur yang mengandung banyak air yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga arteri supaya tetap bersih dan mencegah kolesterol tinggi. Manfaat lain yang bisa anda peroleh dengan mengkonsumsi brokoli adalah menjaga kesehatan tulang, mencegah kanker, memperlambat penuaan dini, melindungi organ hati, menjaga kesehatan gigi dan gusi lebih baik, detoksifikasi darah, mencegah iritasi kulit, menjaga kesehatan mata, meningkatkan fungsi kognitif, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesuburan dan sebagainya.

  1. Bayam

Bayam juga menjadi jenis sayuran tersehat dan memiliki banyak manfaat didalamnya. Dalam bayam terdapat banyak sekali kandungan jenis antioksidan flavonoid dan juga kadar kolesterol yang sangat rendah. Beberapa jenis antioksidan yang ada dalam bayam diantaranya adalah karotenoid, beta karoten, lutein dan juga zeaxanthin. Selain memiliki antioksidan tinggi, dalam bayam juga memberikan kandungan vitamin serta mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, mangan, seng, selenium, protein, folat, vitamin K, kalsium, zat besi, serat, karbohidrat, kalium dan juga magnesium. Dengan mengkonsumsi daun bayam, ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh khususnya saat menjalani program diet seperti membantu proses detoksifikasi yang akan mendukung organ hati untuk mencegah pertumbuhan bakteri terlalu berlebih dna juga mencegah radang dengan cara melapisi saluran pencernaan, mencegah diare dan sembelit. Selain itu, kandungan vitamin A dan vitamin C dalam bayam sangat baik untuk melawan kerusakan karena sinar UV yang menjadi penyebab kanker kulit sekaligus mendukung produksi kolagen yang akan membuat kulit terlihat awet muda dan berbagai manfaat lainnya untuk tubuh.

  1. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi seperti asam folat  serta sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, tiamin dan juga vitamin A. Asparagus menjadi salah satu jenis sayuran terbaik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan sel. Tidak hanya sebagai sumber antioksidan, asparagus juga memiliki sifat anti inflamasi, membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan pencernaan dan sebagainya. Kandungan serat tinggi dalam asparagus akan meningkatkan pencernaan yang membuat berbagai makanan bisa diserap dalam usus dengan baik sekaligus mencegah resiko penyakit hati, menghilangkan penumpukkan lemak, bakteri dan juga racun yang tersimpan di dalam tubuh. Sedangkan kandungan thiamin atau vitamin B1 dalam asparagus berguna untuk menjaga kadar gula dalam darah, sumber energi dan juga sangat penting dalam metabolisme tubuh anda. Kandungan glutathione dalam asparagus juga akan membantu dalam menghancurkan racun penyebab kanker tulang, kanker payudara dan beberapa jenis kanker lainnya.


  1. Seledri

Seledri yang seringkali ditambahkan dalam berbagai masakan seperti sop, bakso, bubur dan sebagainya ini juga menjadi sumber antioksidan tinggi dan sumber enzim yang sangat baik. Dalam seledri mengandung mineral dan vitamin seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, potasium, folat, kalsium, protein dan juga tidak memiliki kandungan lemak sama sekali serta kalori yang sangat rendah. Mengkonsumsi seledri akan membantu anda dalam menjaga kadar kolesterol tinggi, mengurangi radang yang ditimbulkan dari berbagai penyakit seperti penyakit hati, kanker, artritis dan sebagainya karena kandungan phenolic acid, caffeic acids, ferulic acid dan juga flavaols seperti quecetin. Manfaat lain dari seledri adalah mencegah tekanan darah tinggi, mengatasi berbagai masalah pencernaan, menjaga kesehatan liver dan tentunya membantu menurunkan berat badan karena berbagai kandungan mineral, vitamin serta antioksidan tinggi yang terdapat dalam sayuran ini.

  1. Wortel

Tidak hanya memiliki warna oranye, ternyata wortel juga memiliki warna yang bervariasi seperti kuning, ungu dan juga merah. Warna yang terdapat dalam wortel diperoleh karena kandungan antioksidan tinggi yang disebut dengan karotenoid yakni beta karoten. Seperti yang kita ketahui, dalam wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh, melindungi kesehatan kulit serta mata dan juga mencegah berbagai radikal bebas yang menjadi sumber penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit hati. Selain itu, mengkonsumsi wortel secara teratur juga akan menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh, meningkatkan kesehatan darah, mengatasi radang, membersihkan ginjal, menjaga fungsi otak dan juga mencegah penyakit leukimia atau kanker darah. Untuk kandungan nutrisi lengkap yang ada dalam wortel adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, potasium, mangan, vitamin B6, thiamin, niacin, folat, protein, omega 3, omega 6, serat dan juga rendah kalori serta lemak.

Artikel terkait:

  1. Kembang Kol

Salah satu jenis sayuran sehat untuk diet berikutnya adalah kembang kol. Kembang kol merupakan sayuran yang masih satu keluarga dengan brokoli, kol dan beberapa jenis sayuran lainnya. Kembang kol mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, folat, potasium, vitamin K, vitamin E, thiamin, riboflavin, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, selenium, zinc, protein dan beberapa jenis vitamin dan mineral lainnya. Kandungan lengkap dalam kembang kol ini membuatnya menjadi sayuran yang baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti menurunkan resiko kanker, mengatasi radang karena sifat anti inflamasi dan antioksidan, menurunkan resiko penyakit hari dan kelainan pada otak seperti alzheimer serta parkinson, mendetoksifikasi tubuh sekaligus melancarkan pencernaan, menyeimbangkan hormon dan tentunya membantu proses penurunan berat badan karena tidak mengandung lemak sama sekali serta rendah gula dan karbohidrat.

  1. Mentimun

Mentimun tidak hanya sayuran yang berguna untuk menghilangkan bengkak dan lingkaran hitam di area mata, namun juga memiliki banyak manfaat lain untuk melawan berbagai kerusakan yang terjadi di dalam tubuh dan juga radang yang diakibatkan dari radikal bebas. Dalam mentimun mengandung senyawa polifenol tinggi yang akan berguna untuk mencegah penuaan dini yang disebabkan stres oksidatif. Mentimun juga menjadi sumber antiokisdan untuk melawan peradangan kanker karena kandungan beberapa senyawa bioaktif seperti flavonoids, lignans, apigenin, cucurbitacins dan  juga glucosides. Mentimun juga merupakan sayuran yang tinggi akan kandungan air sehingga akan membuat perut anda merasa kenyang lebih lama dan berat badan anda akan turun secara bertahap sekaligus mencegah keinginan ngemil karena dehidrasi. Manfaat lain dari mentimun adalah untuk memperbaiki pencernaan, meredakan sembelit, menyeimbangkan pH tubuh dan menetralkan efek dari diet asam, menguatkan tulang dan mengobati sakit kepala.

  1. Sawi Hijau

Sawi hijau merupakan sayuran yang mengandung belerang yang dinamakan glucosinolates untuk proses detoksifikasi dan juga indole 3 carbinol yang bisa menurunkan resiko kanker payudara, kanker paru paru dan jenis kanker lainnya. Sawi hijau juga menjadi sayur yang kaya akan vitamin K dan vitamin A serta serat larut yang juga memiliki antioksidan sangat tinggi untuk mengatasi radang dari berbagai penyakit, menyehatkan pencernaan, mendetoksifikasi tubuh dan juga meningkatkan resiko kardiovaskular. Sawi hijau juga mengandung 3 jenis asam amino yang bisa membersihkan organ hati dan detoksifikasi lemak, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, melawan sel kanker, melindungi tubuh dari racun dan mencegah resistensi obat. Vitamin A pada sawi hijau akan berperan untuk menjaga kesehatan mata, vitamin K berguna untuk mencegah penyakit hati, tulang rapuh, menyehatkan gigi dan mencegah penyakit kanker. Sementara kandungan serat tinggi bisa mencegah diare, melancarkan pencernaan sekaligus melindungi dari bakteri sekaligus mengikat lemak dan membuangnya dari dalam tubuh.

  1. Terong

Terong juga merupakan sayuran yang baik dikonsumsi untuk program diet sebab memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Fitonutrient khusus seperti senyawa fenolik, flavonoid seperti nasunin dan juga berbagai mineral serta vitamin banyak terkandung dalam sayur berwarna ungu ini. Selain itu, dalam terong juga mengandung kalori yang sangat rendah namun tinggi kandungan serat dan air sehingga akan membuat anda kenyang lebih lama sekaligus mencegah keinginan ngemil berlebihan. Kandungan jenis antioksidan bernama nasunin merupakan jenis antioksidan langka yang tidak dimiliki semua jenis sayuran dan hanya terdapat dalam jenis terong dan sayuran berwarna saja. Nasunin memiliki kegunaan untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Manfaat lain dari terong adalah melindungi tubuh dari kanker, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan dan fungsi usus, menguatkan tulang, menyehatkan metabolisme tubuh serta sumber tenaga serta mencegah kanker kulit.

  1. Buncis

Buncis merupakan sayuran yang termasuk kedalam jenis kacang polong yang mengandung beberapa jenis protein, karoten dan juga antioksidan tinggi. Buncis merupakan sayuran yang sangat baik untuk meningkatkan asupan serat yang sangat cepat diserap oleh tubuh sehingga memberikan efek kesehatan tinggi untuk tubuh dan sisa dari hasil pencernaannya lebih mudah untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Beberapa vitamin dan mineral yang ada dalam buncis diantaranya adalah serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, folat, thiamin, riboflavin, zat besi, magnesium dan juga potasium. Buncis sangat baik dikonsumsi tidak hanya untuk program diet, namun juga untuk mencegah kanker, memperlambat penyebaran HIV dalam tubuh, menurunkan dan mengatasi diabetes, mencegah obesitas karena rendah glikemik dan membuat anda kenyang lebih lama, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kolesterol tinggi, menyuburkan kandungan dan melindungi janin, menguatkan tulang dan menyehatkan usus.

Artikel terkait:

  1. Okra

OkraOkra juga menjadi salah satu jenis sayuran yang mengandung antioksidan tinggi yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung kardiovaskular dan jantung koroner, diabetes tipe 2, masalah pencernaan dan beberapa jenis kanker. Okra juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat banyak seperti thiamin, vitamin B6, asam folat, riboflavin atau vitamin B2, serat tinggi, protein, vitamin C, vitamin A, potasium, kalsium dan juga zat besi. Selain menurunkan berat badan, okra juga sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol karena kandungan pektin yang bisa mengurangi kolesterol tinggi. Selain itu, okra juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit karena tinggi akan betakaroten. Sementara protein nabati yang terkandung dalam okra berguna untuk meningkatkan massa otot khususnya untuk anda yang gemar berolahraga.

  1. Zucchini

ZucchiniZucchini adalah jenis sayuran paling tepat untuk anda pelaku diet rendah karbohidrat dan ingin menurunkan berat badan dengan cepat sebab zucchini memiliki kadar glikemiks yang sangat rendah. Selain itu, sayuran ini juga tinggi akan kandungan air, rendah kalori, karbohidrat dan gula akan tetapi tetap kaya akan berbagai nutrisi penting seperti mangan, kalium dan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A. Anda bisa mengolah zucchini menjadi berbagai santapa lezat atau dijadikan camilan, saus, lauk dan makanan vegetarian. Zucchini sangat tinggi akan antioksidan yang bisa melawan peradangan dan stres oksidatif seperti superoksida dismutase, glutathione peroxidase, glukosa 6 fostatase, vitamin A, vitamin C dan jenis antioksidan lainnya. Zucchini juga menjadi sumber kalium tinggi yang akan mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit stroke.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, potasium dan juga vitamin B6 yang semuanya akan mencukupi kebutuhan energi harian anda saat menjalani program diet. Meskipun rasanya manis, namun ubi jalar merupakan sayuran yang bebas gluten dan sangat baik untuk makanan pengganti nasi seperti karbohidrat. Dari beberapa studi membuktikan jika ubi jalar memiliki manfaat seperti menyehatkan kulit, menurunkan berat badan, anti kanker, menjaga kestabilan tingkat kolesterol dan juga menjaga kesehatan prostat. Selain itu, ubi jalar juga menjadi asupan makanan yang tinggi akan kandungan vitamin D dan vitamin A sehingga seringkali dijadikan pengobatan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit di Amerika Selatan seperti kanker, diabetes dan penyakit berbasis inflamasi lain seperti penyakit jantung sekaligus memiliki rasa yang sangat nikmat.

  1. Bawang Merah

Bawang merah atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama shallot merupakan salah satu jenis sayuran yang seringkali digunakan sebagai bumbu dengan kandungan serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, mangan dan juga potasium. Bawang merah yang juga sering digunakan sebagai pengobatan alami ini juga sangat baik dikonsumsi dalam program diet baik dalam keadaan mentah ataupun matang. Kandungan antioksidan tinggi dalam bawang merah sangat berperan penting dalam program diet untuk melawan sel kanker, menurunkan tekanan darah karena kandungan quercetin dan allicin, mengatasi obesitas, mengatasi berbagai macam alergi, memiliki sifat anti bakterial dan anti viral, menguatkan tulang, menjaga sirkulasi dan detoksifikasi serta mengontrol gula darah.

  1. Rumput Laut

Rumput laut seringkali disebut sebagai sayuran super dan sudah dikonsumsi masyarakat Asia selama beberapa abad. Rumput laut bisa menjadi solusi menurunkan berat badan terbaik sekaligus mendukung kesehatan tiroid dan sudah terbukti ampuh dalam melawan berbagai jenis kanker dan menjaga kesehatan tulang. Kandungan yodium dalam rumput laut berfungsi sebagai pelindung tubuh dari jenis kanker tertentu dan juga mendukung perkembangan tumbuh kembang bayi serta anak sekaligus menjaga kesehatan otak. Rumput laut memiliki sifat yang melawan lemak dan berbagai jenis protein didalamnya seperti fucoxanthin sudah terbukti ampuh untuk mengurangi jaringan lemak sehingga sangat baik dikonsumsi selama program diet. Rumput laut juga baik dikonsumsi penderita diabetes karena akan menjaga kadar gula darah, meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dan juga mengontrol glikemik.

Artikel terkait:


  1. Kol Merah

Kol merah merupakan sayuran yang sangat nikmat untuk dinikmati dalam keadaan mentah ataupun diolah menjadi masakan yang lezat. Kandungan yang terdapat dalam kol merah diantaranya adalah protein, serat, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, kalsium, folat, vitamin A, potasium, thiamin, kalsium zat besi, magnesium serta karbohidrat. Oleh karena kandungan mineral dan vitamin lengkap dalam kol merah, sayuran ini tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan, namun juga mengatasi radang sendi dan jenis peradangan lain, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan usus karena kandungan probiotik saat diolah menjadi makanan seperti kimchi, mengatasi berbagai macam penyakit kronis seperti alzheimer serta kerusakan DNA dan menurunkan resiko osteoporosis.

  1. Jamur

Jamur merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat sangat rendah sehingga sangat baik disantap sebanyak mungkin saat sedang menjalani program diet. Selain itu, jamur sangat mudah untuk dicerna dalam tubuh dan mengandung kadar antioksidan tinggi serta memiliki sifat anti inflamasi sehingga sangat baik untuk penderita metabolik. Selain itu, dalam jamur juga mengandung protein nabati yang tinggi sehingga membantu pembentukan massa otot khususnya untuk anda yang gemar berolahraga.

  1. Selada

Sayuran yang baik dikonsumsi untuk diet adalah selada yang tinggi akan kandungan folat untuk menurunkan kadar homosistein yang merupakan senyawa penyebab penyakit jantung. Selain itu, kandungan karbohidrat dalam selada juga sangat rendah sehingga sangat mudah dicerna dalam tubuh sekaligus mengikat lemak dan mengeluarkannya bersama feses. Tingginya kandungan mineral dan vitamin dalam selada ini sangat baik untuk menurunkan resiko penyakit jantung, obesitas dan menjaga kadar gula dalam darah supaya tetap stabil.

  1. Tomat

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan apabila mengkonsumsi lebih banyak tomat dalam menu diet harian anda seperti menjaga kesehatan kulit karena kandungan likopen tinggi yang bisa mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Kandungan likopen juga berperan penting dalam mengurangi beberapa jenis kanker seperti kanker perut dan kanker prostat. Kegunaan lain dari tomat adalah untuk menyehatkan tulang karena dalam tomat juga mengandung kalsium serta vitamin K yang cukup. Tomat juga mengandung antioksidan penting yaitu vitamin A dan vitamin C yang mengandung beta karoten. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menyantap tomat dalam keadaan mentah supaya kandungan vitamin C dalam tomat tidak rusak selama proses memasak.

  1. Daun Bawang

Daun bawang juga mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang banyak namun rendah akan kandungan kalori. Daun bawang sangat tinggi akan antioksidan seperti sayuran berwarna hijau lainnya yang berguna untuk menghambat berbagai penyakit dan mengurangi racun yang masuk ke dalam tubuh bersama dengan makanan. Daun bawang juga memiliki kandungan serat tinggi serta mengandung tiosulfinat yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol khususnya pada organ hati. Allicin yang juga terkandung dalam daun bawang juga akan menyehatkan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol dan juga mengurangi resiko penyakit arteri koroner, stroke dan juga penyakit pembuluh darah perifer. Tidak hanya menambah kenikmatan masakan, daun bawang ini juga sangat baik dikonsumsi dalam program diet dan juga mengatasi berbagai penyakit.

Artikel terkait:

Beberapa jenis sayuran untuk diet yang sudah kami berikan merupakan pilihan sayuran terbaik yang bisa anda konsumsi untuk menurunkan berat badan sekaligus mendapatkan berat badan ideal yang sangat menyehatkan dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan