13 Cara Diet dengan Infused Water Paling Mudah dan Teruji Ampuh

Cara Diet dengan Infused Water, Apakah kalian sudah mengetahuinya? Infused water yaitu minuman dari air putih yang dicampurkan dengan potongan buah-buahan atau pun rempah-rempah lalu didiamkan beberapa jam hingga sari buahnya keluar dan bercampur dengan air putih sehingga menghasilkan rasa yang segar. Infused water saat ini sangat sedang viral, mulai dari mahasiswa , anak sekolahan, bahkan semua umur sangat menyukai infused water. Ternyata selain memiliki rasa yang segar, infused water juga mempunyai banyak manfaat.

ads

Baca juga :

Cara Diet dengan Infused Water

cara diet dengan infused waterSebenarnya dalam diet infused water ini tidak ada cara khusus untuk dietnya. Pada diet infused water, kamu hanya perlu mengkonsumsi infused water secara rutin. Salah satu manfaat dari infused water yaitu dapat menurunkan berat badan. (Baca Juga : Bahaya Diet OCD )

Berbagai macam kandungan nutrisi pada infused water sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk membuat infused water pun terbilang mudah, sehingga Anda dapat dengan mudah membuatnya kapan saja. Infused water ini sangat cocok digunakan untuk diet. Berikut ini Cara Diet dengan Infused Water :

1. Siapkan bahan-bahan yang digunakan

Untuk membuat infused water bahan yang disiapkan yaitu air putih, buah-buahan atau pun sayuran. Anda dapat memilih buah-buahan atau pun sayuran sesuai selera, namun ada beberapa buah yang tidak bisa dijadikan infused water. Untuk pembuatan 100 ml infused water maka sebaiknya Anda mengkombinasikan 5 hingga 10 buah saja. (Baca Juga :  Bahaya Minum Obat Pelangsing)

2. Bersihkan buah-buahan atau pun sayuran

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan untuk dijadikan infused water, maka bersihkan sayuran atau buah-buahan yang akan digunakan untuk membuat infused water. Karena jika tidak dibersihkan, bisa saja buah-buahan atau sayuran itu mempunyai permukaan yang kotor. Selain itu terkadang pada buah-buahan atau pun sayuran terdapat sisa pestisida yang dapat membahayakan kesehatan pada tubuh, maka wajib bersihkan terlebih dahulu.

Baca Juga :

3. Potong buah-buahan yang telah dicuci

Setelah buah di bersihkan maka kupaslah kulitnya jika buah itu memiliki kulit. Lali tahap selanjutnya potong buah yang sudah di bersihkan menjadi beberapa potongan. Untuk memotong buah yang berukuran besar maka potong dengan ukuran 1 x 1 cm dan potong tipis-tipis. Jika buah yang ada berukuran kecil maka potong sesuai kebutuhan saja. (Baca juga : cara diet dengan buah plum )

4. Masukkan potongan buah ke dalam wadah dan campurkan dengan air

Tahap selanjutnya yaitu masukkan potongan buah ke dalam wadah (bisa menggunakan botol, jar, atau pun wadah lainnya). Masukkan air kedalam wadah, lalu masukkan buah yang sudah dipotong. Kemudian tutup rapat wadah tersebut. (Baca juga : tips diet mayo )

5.Masukkan ke dalam lemari es

Setelah mencampurkan air dan buah-buahan, maka masukan wadah tersebut ke dalam lemari es. Tunggu hinga kurang lebih 2 jam hingga sari pada buah-buahan tersebut menyatu dengan air. Dan infused water pun siap di minum.

Baca juga :


Beberapa Resep Infused Water

Jika Anda bingung ketika membuat infused water harus menggunakan buah apa, disini akan dibahas mengenai buah apa saja yang dikombinasikan. Berikut resep kombinasi buah untuk infused water yang baik bagi tubuh :

1. Mentimun, Lemon, dan Jeruk Nipis

Kombinasi buah yang pertama yaitu mentimun, jeruk nipis dan juga lemon. Kombinasi infused water ini banyak sekali digunakan orang-orang pada saat ini. Karena mentimun, lemon, dan juga jeruk nipis sangat mudah ditemukan. Selain itu hasil rasa dari kombinasi ketiga buah-buahan tersebut menghasilkan rasa yang segar.

Untuk membuatnya Anda hanya perlu menggunakan 1 buah lemon, jeruk nipis, dan mentimun. Anda hanya perlu memasukkan 5 potong lemon ke dalam 1 hingga 2 liter bergantung berapa banyak infused water yang diinginkan. Setelah itu peras jeruk nipis dan masukkan kedalam air, lalu tambahkan 20 potong mentimun yang dipotong tipis. (Baca Juga : Tips Diet Setelah Melahirkan  )

2. Strawberry dan Kiwi

Resep selanjutnya yaitu strawberry dan kiwi. Infused water dengan campuran buah strawberry dan kiwi mempunyai manfaat dapat melancarkan pencernaan dan juga metabolisme pada tubuh. Untuk membuat infused water strawberry kiwi ini maka siapkan satu kotak buah strawberry dan 6 buah kiwi, lalu lakukanlah sesuai dengan tahap pembuatan infused water yang sudah dibahas diatas.

Baca Juga :

3. Jeruk nipis, teh hijau, dan daun mint

Untuk kombinasi jeruk nipis, teh hijau, dan juga daun mint mempunyai manfaat untuk membakar lemak pada tubuh. Selain itu memperlancar sistem pencernaan pada tubuh kita. Seperti yang kita ketahui bahwa teh hijau mempunyai banyak manfaat untuk menurunkan berat badan. Untuk membuat infused water ini siapkan 3 lembar daun mint, 2 buah jeruk nipis, dan teh hijau secukupnya. (Baca juga : Cara diet dengan teh hijau )

4. Strawberry dan Mentimun

Selain dengan kiwi, Anda bisa kombinasikan strawberry dengan mentimun. Kombinasi antara strawberry dengan mentimun dapat membakar lemak, strawberry mempunyai kandungan menstimulasi tubuh. Sedangkan mentimun mempunyai manfaat membakar lemak. Dengan mengkonsumsi infused water strawberry dan mentimun ini maka kandungan gula dan karbohidrat pada tubuh menjadi berkurang.

Baca juga :

5. Mangga dan Jahe

Nah untuk infused water ini mengkombinasikan antara buah-buahan dengan rempah-rempah. Infused water tidak harus selalu dengan buah-buahan, bisa saja dengan sayuran atau pun rempah-rempahan. Mangga mempunyai manfaat dalam metabolisme tubuh, selain itu dapat melancarkan sistem pencernaan pada tubuh. Jahe mempunyai banyak khasiat diantaranya, jahe dapat meningkatkan metabolisme. Oleh karena itu kombinasi mangga dengan jahe sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk kalian yang sedang menstruasi dan sedang merasakan sakit perut karena menstruasi dengan mengkonsumsi infused water ini maka akan mengurangi rasa sakit saat datang bulan. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Sayuran)

6. Strawberry dan Nanas

Jika kamu tidak menyukai mentimun atau pun kiwi, kamu bisa mencampurkan strawberry dengan nanas. Nanas mempunyai khasiat yang baik untuk tubuh, yaitu daoat menghambat pertumbuhan sel kanker. Jika ingin menurunkan berat badan dengan infused water maka asalkan ada strawberry infused water itu bisa menurunkan berat badan.

Baca Juga :

7. Apel dan Kayu manis

Kombinasi antara apel dan kayu manis dikenal sangat berkhasiat banget untuk tubuh, tambahkan cuka sari apel dan dengan jus lemon. Khasiat dari kombinasi apel dan kayu manis yaitu untuk metabolisme tubuh. Metabolisme akan meningkat, maka pembakaran lemak pun akan terbantu. Jika kamu merasa tidak enak dengan rasanya kamu dapat menambahkan jus lemon dan juga cuka sari apel. Kayu manis mempunyai fungsi membakar lemak , dan lemon mempunyai fungsi menurunkan berat badan. Maka wajib coba infused water kombinasi apel dan kayu manis ini. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Daun Mint )

8. Strawberry, daun mint, dan jeruk mandarin

Nah kombinasi antara strawberry, daun mint dan juga jeruk mandaris pastinya akan memberikan rasa yang segar untuk tubuh. Dan jangan khawatir, masalah khasiat kombinasi ini juga dapat menurunkan berat badan anda. Karena kandungan pada buah strawberry dapat menstimulasi tubuh untuk membakar lemak.

Baca juga :

Manfaat Lain Infused Water

Selain untuk Cara Diet dengan Infused Water dapat menurunkan berat badan dengan cepat, rupanya infused water mempunyai manfaat lain bagi tubuh. Berikut ini manfaat lain infused water bagi tubuh :

1. Detoksifikasi

Infused water mempunyai manfaat untuk detoksifikasi. Detoksifikasi adalah pengeluaran racun yang ada pada tubuh. Oleh karena itu maka dengan infused water dapat mengurangi penyakit yang disebabkan oleh racun. Buah yang dapat membantu proses detoksifikasi yaitu lemon dan jeruk.

2. Pengganti ion tubuh

Infused water mempunyai manfaat sebagai pengganti ion pada tubuh. Dengan mengkonsumsi infused water kamu tidak harus mengkonsumsi minuman yang mengandung elektrolit karena dengan infused water sudah bisa menggantikan ion pada tubuh.


3. Antioksidan

Mempunyai manfaat untuk melawan radikal bebas. Kandungan antioksidan pada buah-buahan yang dijadikan infused water mempunyai banyak manfaat. Selain melawan radikal bebas, dapat juga mencegah terjadinya penuaan dini.

4. Menyegarkan tubuh

Sudah pasti kombinasi antara air putih dan buah-buahan dapat menyegarkan tubuh. Meminum infused water lebih menyegarkan dari pada minum air putih biasa. Karena infused water memiliki berbagai macam rasa bergantung buah yang digunakan untuk infused water. (Baca juga : efek samping diet smart detox )

5. Melancarkan pencernaan

Dengan infused water dapat menghindari gangguan pada sistem pencernaan seperti sembelit, sakit perut, mual, mulas, dan juga gangguan pencernaan yang lainnya. (Baca juga: Bahaya minum obat pelangsing )

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan pada buah-buahan yang ada pada infused water mempunyai manfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah-buahan yang dapat meningkatkan daya tubuh yaitu buah-buahan yang mengandung vitamin C. Kandungan vitamin c pada infused water dapa mencegah penyakit batuk, influenza, sariawan, dan lain-lain.

Baca juga :

Nah itu dia mengenai cara diet dengan infused water. Bagaimana? mempunyai banyak manfaat bukan? Langsung coba bikin infused water dirumah ya karena sangat mudah untuk membuat infused water. Ingat jangan menyiksa diri dengan diet ketat, cukup dengan diet ringan seperti diet infused water ini jika dilakukan dengan serius maka akan membantu menurunkan berat badan.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!