5 Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Yang Rusak Secara Efektif

Cara Memperbaiki MetabolismeSupaya dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar dan juga tidak mudah terkena penyakit , tubuh memerlukan kondisi metabolisme yang baik.

ads

Banyak juga orang yang melakukan olahraga dan juga menjalankan berbagai macam program diet agar metabolisme tubuhnya juga tetap terjaga.

Namun terkadang efek samping diet yang berlebihan ataupun adanya kesalahan dalam diet justru dapat membuat metabolisme dalam tubuh menjadi rusak. Hal ini tentu akan memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita dan juga bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak dan juga menjaga tubuh agar tetap fit untuk beraktivitas sehari-hari.

1. Memperlancar sistem pencernaan

Salah satu cara untuk memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak adalah dengan memperlancar sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh. Hal ini bertujuan untuk membuang semua zat-zat yang tidak diperlukan tubuh dan juga yang menghambat metabolisme tubuh untuk berfungsi optimal.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori dan  karbohidrat namun juga yang mempunyai kandungan serat yang tinggi. Beberapa contoh makanan karbo komplex seperti gandum dan beras merah mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga bisa memperlancar sistem pencernaan dan jua membuat kenyang lebih lama.

2. Rutin minum teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman teh penurun berat badan yang juga efektif memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak. Teh hijau mengandung cathecins yang bermanfaat untuk membakar timbunan lemak yang menghambat metabolisme dalam tubuh serta antioksidan yang membantu mencegah berbagai penyakit.

Teh hijau juga mampu meningkatkan kemampuan insulin yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan juga berperan dalam membentuk maupun memecah lemak tubuh.

3. Menstabilkan kadar gula darah

Kadar gula darah di dalam tubuh yang tidak  stabil juga menandakan bahwa sistem metabolisme tubuh kita rusak dan bisa berdampak tidak sehat. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak jenuh bisa membantu menstabilkan gula darah dan juga memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak.

4. Mengkonsumsi makanan yang mengandung thermogenik

Makanan Thermogenik merupakan makanan yang dapat menaikan suhu tubuh secara alami dan sangat cocok untuk disantap pada saat cuaca dingin. Makanan ini ternyata juga diperkaya antioksidan dan juga nutrisi lainnya yang juga mampu memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak. 


Beberapa bahan makanan yang mengaduk thermogenik yang bisa dikonsumsi antara lain cabe, jahe,lada hitam, Oatmel, bawang putih dan rempah-rempah lainnya.

5. Memperbanyak mengkonsumsi sayuran

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau sayuran mempunyai banyak nutrisi yang juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak. Konsumsilah sayuran seperti kangkung, bayam, brokoli dan juga yang lainnya secara teratur demi memenuhi nutrisi dan juga memperlancar metabolisme tubuh.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak dan lakukanlah dengan teratur supaya metabolisme tubuh dapat berfungsi dengan optimal kembali. Imbangi juga dengan pola hidup sehat lainnya seperti melakukan olahraga pagi untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan juga maksimal.

Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terimakasih juga sudah sudah menyempatkan waktu membaca artikel ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips