5 Fungsi Karbohidrat Untuk Otot yang Paling Penting

Fungsi Karbohidrat Untuk OtotTubuh manusia terdiri atas beragam jaringan yang saling berintegrasi untuk melangsungkan hidup. Salah satu jaringan yang berperan khususnya untuk penggerak tulang secara aktif ialah jaringan otot. Supaya bekerja dengan optimal, jaringan otot membutuhkan berbagai senyawa bergizi, salah satunya ialah karbohidrat.

ads

Zat bermanfaat untuk bahan bakar atau penyedia energi ini rupanya menjadi asupan wajib karena memiliki fungsi tertentu bagi otot. Seperti apakah fungsi yang dimaksud? Yuk, simak 5 fungsi karbohidrat untuk otot paling penting di bawah ini:

1. Sebagai persiapan sebelum melakukan latihan berat

Dalam otot, karbohidrat akan disimpan karena kelebihan energi utama dalam bentuk cadangan energi yang dinamakan glikogen. Umumnya, senyawa yang menjadi bukti khasiat kulit manggis untuk diet ini terdapat dalam otot setiap orang sebanyak kurang lebih 500 gram. Jika karbohidrat masih tersisa lebih setelah disimpan menjadi glikogen hati dan otot, maka karbohidrat tersebut akan dirubah menjadi lemak.

Senyawa glikogen dalam otot akan digunakan oleh sel-sel otot untuk berlatih dengan intensitas tinggi selama waktu yang tidak sebentar. Contohnya ialah penerapan cara mengecilkan lengan dengan barbel yaitu gerak weight lift atau angkat beban. Maka sebelum melakukan latihan tersebut sebaiknya Anda memeriksa bahan bakar dalam tubuh apakah cukup atau tidak.

Supaya mampu melakukan latihan sekaligus mencapai beban dan target latihan, Anda harus memersiapkan diri dengan cara mengonsumsi karbohidrat. Adapun jangka waktu yang baik untuk makan ialah 2 jam sebelum berolahraga supaya tidak merasa kekenyangan sehingga latihan terganggu. Sebelum berolahraga Anda juga perlu menghindari serat karena sulit dicerna sehingga tak mampu menyuplai energi secara langsung untuk olahraga. Untuk olahraga dalam rangka membentuk otot, Anda sebaiknya memilih karbohidrat rendah lemak seperti roti gandum, sereal gandum, sayuran, dan buah-buahan.

Setelah melakukan olahraga seperti urutan gerakan fitnes bagi pemula, Anda dibolehkan untuk mengonsumsi karbohidrat. Dengan begitu, Anda akan mampu mengembalikan glikogen otot yang telah terbuang serta meningkatkan hormon insulin. Hormon ini mampu memicu sintesis protein otot sehingga menjadi lebih cepat karena terlibat dalam jalannya asam amino atau pembentuk protein menuju otot. Keberadaan protein ini berperan untuk menurunkan pemecahan protein otot.

2. Sebagai penjaga massa otot

Perubahan massa otot menjadi suatu hal penting yang diperhatikan oleh sebagian orang. Jika Anda salah satu dari mereka, maka Anda tidak perlu khawatir karena dengan mengonsumsi karbohidrat menjadi solusinya. Bagaimana tidak, karbohidrat mampu menjaga massa otot tubuh karena mencegah pengambilan sumber energi dari protein.

Perlu diketahui bahwa tubuh akan mengambil energi tambahan dari protein jika tiada glukosa yang terbuat dari karbohidrat dalam otot sudah habis. Proses penggunaan protein ini menjadikan massa otot menurun seperti ketika melanggar prinsip intermittent fasting. Selain menurunkan kepercayaan diri, efek negatif terjadinya penurunan massa otot ialah bertambah buruknya kondisi kesehatan bahkan memicu risiko kematian.


3. Sebagai solusi kekurangan sumber energi

Dalam menjalani padatnya aktivitas, Anda mungkin sempat mengalami kekurangan energi karena belum mengonsumsi asupan gizi harian. Tahap adaptasi terhadap tanggung jawab yang lebih besar serta aktivitas yang lebih menumpuk juga dapat menjadi alasan kekurangan energi. Pada saat inilah karbohidrat dalam otot berperan sebagai cadangan energi dimana bisa diperoleh pula dari manfaat buah plum untuk diet sehat alami minim risiko.

Salah satu dari 5 fungsi karbohidrat untuk otot paling penting ini akan senantiasa mempertahankan kesadaran dalam jangka pendek maupun panjang. Nantinya Anda tidak akan mengalami kekurangan energi yang berisiko negatif serupa dengan efek samping diet 7 hari yaitu pingsan.

4. Sebagai bantuan selama diet

Selama proses pelaksanaan diet secara berlebihan bersamaan dengan banyaknya kegiatan sehari-hari, tubuh akan memecah karbohidrat untuk membantu Anda tetap bertahan. Maka pemilihan contoh makanan karbo komplex menjadi langkah tepat untuk dijadikan menu diet secara sehat dan aman. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ialah nasi, kentang, jagung, kacang polong, quinoa, dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa sebaiknya Anda menghindari karbohidrat simpleks seperti kue manis, sirup, junk food, dan lainnya karena hanya mendatangkan rasa kenyang sesaat dan bukan menjadi makanan penambah massa otot. Bahkan proses diet akan terancam gagal karena cepat merasa lapar atau kecanduan dengan makanan maupun minuman manis.


5. Sebagai sumber manfaat ganda

Hampir semua sumber karbohidrat kompleks mengandung zat lain yang bermanfaat bagi tubuh khususnya otot. Contohnya ialah kentang yang mengandung karbohidrat sekaligus beta karoten yang memengaruhi tumbuh kembang sel-sel otot. Contoh lain ialah makanan berkarbohidrat yang juga mengandung protein baik dikonsumsi sebelum olahraga karena dapat mencegah penguraian otot saat latihan.

Pemilihan berbagai makanan atau minuman yang masih mengandung karbohidrat sesuai dengan selera misalnya rasa kelezatan dan kondisi ekonomi juga menjadi keuntungan tersendiri. Artinya, tidak ada keharusan mengonsumsi makanan khusus karena banyaknya aneka makanan dengan kandungan gizi karbohidrat sekaligus protein, mineral, dan vitamin.

Penjelasan mengenai 5 fungsi karbohidrat untuk otot paling penting dapat menjadi panduan mengonsumsi karbohidrat supaya penerapan fungsinya terjadi pada otot. Berbagai fakta lain seperti apakah makan setelah olahraga akan membuat gemuk juga terbukti tidak sepenuhnya benar jika dikaitkan dengan peran karbohidrat pada otot. Dengan memahaminya, Anda akan mengenali upaya bagi otot untuk bekerja secara optimal selain menerapkan olahraga secara rutin. Selamat mencoba menerapkan fungsi karbohidrat untuk otot, ya!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan