4 Cara Menghitung Kalori Makanan Untuk Diet Paling Akurat

Cara Menghitung Kalori Makanan Untuk DietDiet memang bisa menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan oleh banyak prang untuk menurunkan berat badan karena dipercaya hasilnya efektif.

ads

Namun dalam memilih diet kita juga harus melihat diet mana yang paling cocok bagi tubuh kita dan juga memberikan hasil yang efektif.

Salah satu cara diet yang baik dan yang paling tepat adalah dengan cara menghitung kalori makanan untuk diet terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah kalori yang akan masuk ke tubuh dan juga berapakah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara menghitung kalori makanan per hari untuk diet agar hasil yang didapatkan juga lebih efektif.

  • Mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh

Berdasarkan saran dari para ahli gizi dan FAO, kebutuhan kalori harian rata-rata untuk orang deasa adalah minimal sebesar 1.800 kalori. Namun kebutuhan kalori tersebut juga tergantung  dari masing-masing individu karena setiap individu tentu mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda tergantung aktivitas kita.

Salah satu cara menghitung kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh antara lain  dengan menggunakan rumus BMR (Basal Metabolic Rate) x nilai level aktivitas. Rumus ini juga bisa dilakukan untuk menentukan manakah metode diet yang paling sesuai bagig kita dan juga memberikan efektif sesuai yang diharapkan.

  • Mencatat jumlah kalori yang masuk

Setelah menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, yang harus diperhatikan dalam cara menghitung kalori makanan untuk diet adalah jangan lupa juga untuk mencatat jumlah kalori yang masuk ke tubuh kita dari makanan yang kita makan. Hal ini bertujuan untuk juga menghindari supaya jumlah kalori yang masuk ke tubuh tidak berlebihan karena dapat beresiko menimbulkan penyakit.

Salah satu cara untuk menghitung jumlah kalori pada makanan adalah dengan melihat kandungan kalori yang ditulis jika membeli makanan dalam bentuk makanan kemasan. Selain itu juga sekarang ini banyak terdapat aplikasi ataupun alat pencatat kalori yang juga membantu memberikan informasi mengenai jumlah kalori yang terkandung dalam sutu bahan makanan.

  • Jangan lupa mencatat kalori pada makanan ringan juga

Makanan ringan juga ternyata bisa menjadi salah satu penyebab utama orang gagal diet meskipun mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit. Maka dari itu jangan lupa juga untuk memperhatikan informasi kandungan gizi dan juga mencatat juga kalori yang ada di makanan ringan tersebut.


  • Jangan lupa untuk langsung mencatat setelah mengkonsumsi suatu makanan

Ya, sebaiknya jangan menunda-nunda untuk mencatat kandungan makanan dari makanan yang bar saja kita makan agar tidak lupa dan juga langsung mengetahui apakah jumlah kalorinya masih mencukupi sesuai kebutuhan kalori tubuh kita atau malah sudah berlebihan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam cara menghitung kalori makanan untuk diet agar mendapat hasil yang terbaik. Yang terpenting adalah selalu konsiten mencatat dan juga menghitung kalori makanan yang masuk ke tubuh agar hasilnya efektif dan jangan lupa juga untuk memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan saat diet.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan juga menginspirasi juga untuk berdiet dengan cara yang sehat. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet