3 Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg Ini Terbukti Ampuh

Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 KgCara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg dapat Anda peroleh dengan melakukan diet secara alami. Cara diet alami baik untuk kesehatan tubuh Anda. Hindari menggunakan obat pelangsing untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, karena setiap diet booster pasti memiliki efek samping diet booster.

ads

Cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg adalah:

  1. Makan dengan benar

Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung cukup karbohidrat, protein, dan serat. Anda perlu memperhatikan rasio bahan makanan saat sedang diet. Sebaiknya Anda mememuhi setengah jumlah makanan dengan sayuran atau buah. Anda dapat memperhatikan pola makan Anda dengan cara:

  • Saat sarapan, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang rendah kalori tetapi mampu memberikan energi bagi tubuh Anda. Anda dapat mengonsumsi oatmel, telur, buah, sayuran, pisang, atau roti panggang.
  • Saat makan siang, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengenyangkan dan sesuai dengan selera Anda, Anda dapat mengonsumsi nasi merah, dada ayam tanpa lemak, atau jenis protein lainnya. Pilihlah makanan yang dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang. Hindari mengonsumsi gorengan, makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, dan karbohidrat yang berlebihan saat makan siang.
  • Saat makan malam, pilihlah makanan yang rendah kalori tetapi mengenyangkan seperti buah dan sayur. Jika Anda tetap menginginkan menyantap karbohidrat dan protein saat makan malam, pastikan untuk memilih karbohidrat kompleks seperti umbi-umbian dan sejumlah protein. Fungsi karbohidrat kompleks baik untuk diet Anda. Makanlah setidaknya 3 jam sebelum tidur agar tidak membebani saluran pencernaan saat Anda tidur. Meskipun sedang melaksanakan diet, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, karena akibat kekurangan karbohidrat dapat berdampak buruk pada tubuh.
  • Lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh, tetapi hindari mengonsumsi makanan yang mengandung minyak dan lemak tinggi.
  • Baca label kemasan sebelum membeli makanan dan minuman. Pastikan produk makanan yang rendah lemak dan rendah kalori.
  • Hindari memberikan mentega, mayones, atau produk sejenis ke makanan secara berlebihan. Hal ini hanya akan menambah berat badan Anda.
  • Makanlah 4 – 5 kali dalam sehari dengan porsi yang kecil.
  • Kurangi makanan berkalori dengan cara mengganti bahan makanan berlemak tinggi serta karbohidrat sederhana dengan sayuran atau buah-buahan. Anda perlu mengetahui ciri karbohidrat sederhana, pengertian karbohidrat sederhana, dan perbedaan karbohidrat kompleks dan simpleks.
  • Konsumsi suplemen yang berasal dari bahan-bahan alami dengan memanfaatkan khasiat teh hijau untuk diet. Teh hijau dapat Anda konsumsi sebelum makan, karena dapat mengurangi rasa lapar sehingga menghindari Anda makan berlebihan. Namun, Anda perlu mengetahui efek samping teh hijau untuk diet dan pantangan diet teh hijau.
  1. Olahraga secara rutin

Ada beberapa jenis olahraga untuk diet sehat atau jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan. Jika Anda merasa tubuh Anda terlalu berat, Anda dapat memulainya dengan berjalan kaki setiap pagi. Setelah tubuh Anda sudah mulai menyesuaikan diri, maka Anda dapat memulai jenis olahraga lainnya.


  1. Istirahat yang cukup

Sesibuk apapun Anda, jika Anda bertekad menurunkan berat badan maka Anda perlu beristirahat dengan cukup. Pastikan Anda mendapat tidur yang cukup, minimal  7 jam per malam. Tidur malam malam menyebabkan tubuh rileks dan metabolism tubuh berjalan normal. Dampak buruk dari kurang tidur adalah:

  • Lonjakan kortisol

Waktu tidur yang terlalu sedikit menyebabkan meningkatnya kortisol. Tingginya kortisol dalam tubuh Anda menyebabkan Anda malas bergerak, sehingga menimbun lemak dalam tubuh.

  • Berkurangnya produksi hormon ghrelin dan leptin

Saat Anda kurang tidur, maka produksi hormon ghrelin dan leptin akan menurun. Hormon ghrelin membuat Anda ingin makan banyak sedangkan hormone leptin memberi sinyal ke otak untuk berhenti makan saat perut merasa cukup. Kurangnya waktu tidur dapat membuat produksi leptin menurun, sehingga tidurlah yang cukup agar kedua hormon ini berfungsi secara optimal.

  • Berkurangnya proses insulin dalam tubuh

Saat Anda kurang tidur, maka produksi insulin dalam tubuh akan menurun hingga 30%. Apabila pankreas tidak mengeluarkan cukup insulin, maka tubuh akan kesulitan memecah lemak dan akan tersimpan sebagai timbunan lemak dalam tubuh.

Inilah penjelasan mengenai cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg. Tidak ada diet yang berhasil tanpa tekad yang kuat. Semoga berhasil.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan