Cara Plank yang Benar yang Wajib Anda Pahami!

Cara Plank yang BenarApa Anda termasuk orang yang suka menggunakan olahraga plank? Ada cara untuk melakukan olahraga plank yang tepat dan Anda harus planking sesuai dengan cara yang tepat agar hasil yang Anda dapatkan bisa maksimal.

ads

Selain itu Anda haruslah tahu manfaat sit up yang sangat banyak untuk tubuh Anda. Cara melakukan plank dengan benar memang sangat penting mengingat akibat buruk yang bisa terjadi kepada Anda jika cara plank Anda salah.

Sama seperti cara sit up yang baik plank juga ada caranya sendiri yang benar. Adapun cara plank yang benar dan sesuai peraturan yang ada adalah sebagai berikut ini.

  • Lakukan Persiapan

Langkah yang pertama sebelum melakukan olahraga plank adalah melakukan persiapan. Di dalam olahraga persiapan merupakan hal yang sangat penting sebab persiapan ini lah yang akan menentukan lancar atau tidaknya proses olahraga Anda nantinya. Inilah beberapa manfaat senam perut yang harus Anda ketahui. Adapun persiapan yang harus Anda siapkan sebelum planking adalah:

1. Siapkan alat untuk planking

Sebenarnya untuk olahraga plank sendiri tidak memerlukan alat yang banyak. Karena pada dasarnya olahraga plank termasuk ke dalam jenis olahraga yang bisa di lakukan di mana saja dengan waktu yang fleksibel. Namun demi menjaga keamanan dan kenyamanan selama planking maka Anda bisa menggunakan matras sebagai alas olahraga Anda. Jenis-jenis sit up ini harus Anda ketahui.

2. Pakaian yang akan di gunakan

Pakaian yang Anda gunakan selama olahraga juga merupakan hal yang sangat penting. Sebab baju yang ketat akan membuat iritasi pada kulit Anda nantinya sebab keringat tidak mudah keluar dari tubuh sehingga menumpuk dan menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Saat planking gunakan pakaian yang lebih longgar agar tubuh juga merasa nyaman. Ternyata manfaat plank 1 menit juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

3. Lakukan pemanasan

Dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga plank maka akan menghindarkan tubuh Anda terkena kram otot selama planking berlangsung. Gerakan pemanasan tidak perlu yang terlalu rumit lakukan gerakan pemanasan secara sederhana saja yang terpenting adalah otot di dalam tubuh Anda bisa mengalami kerenggangan. Efek samping pilates ini harus Anda waspadai.

  • Mulai Melakukan Plank

Setelah semua persiapan Anda lakukan dengan baik maka selanjutnya adalah memulai melakukan gerakan planking. Manfaat yoga untuk diet ini bisa Anda dapatkan jika melakukannya secara rutin. Mulai gerakan planking dengan tahap berikut ini.


1. Posisikan badan dengan posisi terlentang atau merangkak

Cara plank yang benar yang pertama dalah dengan memposisikan badan secara terlentang menghadap atas ataupun samping. Anda juga bisa memposisikan badan dengan posisi merangkak dengan menumpukan berat badan ke tangan dan kedua lutut Anda. Waspadai efek samping yoga ini.

2. Gunakan titik keseimbangan yang paling nyaman

Sebagian besar gerakan planking memanfaatkan titik keseimbangan yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu menemukan titik keseimbangan yang paling nyaman adalah hal yang sangat penting dan harus Anda lakukan. Selama melakukan planking tetap waspadai bahaya plank untuk tubuh Anda.

Nah itu tadi cara plank yang benar dan sudah di tentukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan