Diet Alkaline Ketahui Manfaat, Prosedur dan Bahayanya

Banyaknya jumlah orang yang ingin memiliki badan yang ramping, indah dan proposional membuat banyak sekali pengembangan terhadap metode, jenis dan cara diet yang bermunculan. Salah satu jenis metode diet yang baik untuk menurunkan berat badan serta membuat tubuhmu jadi lebih ramping dan proposional yaitu diet alkaline. Banyaknya sejumlah penggemar diet yang satu ini membuat jenis metode diet alkaline menjadi viral. Tidak hanya dari mulut ke mulut saja, namun berbagai media massa sibuk memperbincangkannya. Begitu juga dengan canggihnya tekhnologi saat ini yang sangat mendukung penyebaran dari keberadaan metode serta cara- cara mudah untuk melakukan diet yang satu ini. Walaupun penyebarannya sangat cepat, namun ada saja orang yang masih bingung mengenai hal- hal yang harus diperhatikan saat melakukan diet yang satu ini, dan mungkin kamu adalah salah satunya.

ads

Diet alkalin sendiri merupakan sebuah metode pengaturan pola makan untuk menyeimbangkan pH dalam tubuhmu, sebenarnya program diet ini memiliki nama pH diet atau biasanya disebut acid alkaline diet. Namun untuk mempermudahnya diet ini juga disebut sebagai diet alkalin. Berdasarkan pada sebuah teori asam- basa, yaitu tubuh akan menjadi sasaran empuk penyakit yang bersifat asam sehingga kita membutuhkan makanan alkalin yaitu makanan yang bersifat basa untuk mempertahankan keseimbangan pH dalam darah.

Sifat asam sendiriri dapat diperoleh jika pH darah kurang dari 7, sedangkan seifat pH basa dalam tubuh dapat diperoleh jika pH darah lebih dari 7 dan perlu diketahui bahwa kadar pH ideal bagi tubuh adalah 7.35 hingga 7.45 yaitu mengandung sedikit alkalin. Cara kerja dari metode diet ini sendiri yaitu dengan mengoptimalkan pH yang dapat membangun sel dan jaringan tubuh, sehingga tubuhmu menjadi lebih sehat dan dengan menjalankan metode diet ini maka kamu pun telah melakukan proses metode detoksifikasi, yaitu proses prmbuangan racun yang dapat menyebabkan sel- sel dalam tubuhmu bekerja dengan baik.

Manfaat Diet Alkalin

Selain memiliki manfaat untuk membuat tubuhmu menjadi lebih sehat, dengan menjalankan metode diet alkalin ini kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat lainnya yaitu :

1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Dengan melakukan diet alkalin maka kamu akan dituntut untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Sehingga kebutuhan vitamin dan mineral tubuhmu akan terpenuhi. Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi sayurang hijau yang banyak sekali mengandung kalium maka tekanan darah dalam tubuhmu akan cenderung menurun sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Mencegah Kanker

Dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah, maka kandungan anti oksidan yang kamu konsumsi akan menangkal bahaya radikal bebas dalam tubuhmu, sehingga ini sangat bermanfaat dalam pencegahan tumbuhnya sel kanker dalam tubuhmu.

3. Menjaga Keseimbangan Asupan Kalori

Dengan melakukan diet alkalin, tidak hanya bentuk tubuh yang ramping dan berat badan yang ideal saja yang bisa kamu dapatkan. Banyaknya mengkonsumsi gandum serta buah dan sayur, maka asupan kalori pada tubuhmu akan selalu seimbang.

4. Memperbaiki Pencernaan

Metode diet alkalin dapat memperbaiki proses pencernaanmu yang terganggu seperti sembelit dan susah buang air besar, hal ini karena dengan menjalankan diet alkaline kamu akan cenderung makan- makanan yang banyak mengandung serat. Dan serat merupakan komponen penting bagi kelancaran proses pencernaanmu.


5.Menghambat Proses Penuaan Dini

Dengan melakukan diet alkalin, maka jaringan dan sel- sel pada kulitmu akan lebih cepat mengalami proses regenerasi dan terbaiki, sehingga bukan hanya dapat menghilangkan luka secara cepat saja ataupun kulit yang sehat dan kencang. Tetapi kamu juga akan mengalami proses peremajaan yang dapat menghambat proses penuaan dini pada kulitmu.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menjalankan diet alkalin. Pada dasarnya berat badan yang ideal bisa dicapai dengan menjaga keseimbangan gizi serta nutrisi makanan yang dikonsumsi. Akan lebih efektif lagi dengan diimbangi olahraga secara teratur dan membiasakan hidup sehat.  Untuk cepat membentuk tubuh indah dan sehat ideal sesuai impianmu maka kamu pun harus tau benar bagaimana cara menjalankan diet alkalin, dan berikut adalah cara menjalankan diet alkalin.

Cara Diet Alkalin

1. Minum Air Putih

Kebutuhan asupan air putih yang harus kamu penuhi ketika menjalankan diet herbalife yaitu antara 2 hingga 3 liter per harinya. Hal ini agar metabolism tubuhmu lancer sehingga dapat membakar lemak secara efisien. (Baca Juga: Manfaat Air Putih Hangat Untuk Diet)

2. Makan Makanan Beralkalin Banyak

Setelah kamu mempelajari apa itu diet alkalin maka kamu dianjurkan untuk makan makanan yang banyak sekali mengandung alkalin dan sedikit acid atau asam. Sebagai contoh kamu harus menjauhi makanan daging merah dan memperbanyak makan sayuran serta buah- buahan, karena daging merah mengandung asam yang tinggi sedangkan sayuran dan buah- buahan mengandung basa atau alkalin yang tinggi.

3. Perhatikan Takaran Kandungan Alkalin

Dalam menjalankan diet alkalin, kamu tidak bisa sembarangan mengkonsumsi alkalin. Karena aturan utama yang harus kamu patuhi yaitu terletak pada takaran yang harus kamu perhatikan yaitu, kamu hanya boleh mengkonsumsi makanan beralkalin dengan takaran 80% saja dan 20% asam. Dengan begitu maka dietmu akan berjalan lancer dan baik.

4. Minum Jus Hijau

Jika kamu malas untuk memasak sayuran yang akan kamu konsumsi, kamu bisa mengolahnya menjadi jus. Minumlah jus hijau segar, selain untuk memperlancar dietmu, jus hijau segar sangat baik untuk kesehatan serta menjaga proses pencernaanmu. (Baca Juga: Jus Untuk Diet)

5. Jauhi Makan Olahan

Hal ini dikarenakan hampir semua makanan olahan memiliki kadar asam yang cukup tinggi sehingga dapat merusak proses dietmu.

6. Berolahraga

Berolahragalah, karena olah raga merupakan salah satu cara pendukung proses dietmu agar sukses. Bagi kamu para pemula, kamu tidak harus melakukan olahraga yang sulit, kamu bisa melakukan olahraga dengan melakukan gerakan- gerakan yang mudah dan ringan. Seperti berlari ataupun hanya sekedar jogging. Selain mudah, olah raga jenis ini sangat baik untuk jantungmu dan hemat tentunya.

Baca Juga:

7. Disiplin dan Konsisten

Ketika kamu menjalani diet alkalin selin harus bersabar, pastikan bahwa kamu menjalankan diet ini dengan disiplin dan konsisten. Hal ini bertujuan agar program diet yang kamu jalankan berhasil dengan baik.

8. Selalu Sarapan

Jika kamu menjalankan diet alkalin kamu harus tetap sarapan. Karena sarapan adalah awal dari hidup sehari- hari. Tubuh kita membutuhkan nutrisi penting setiap hari termasuk untuk membakar lemak kita membutuhkan nutrisi, oleh karena itu selalu sarapan dan jangan pernah berpikir bisa menurunkan berat badan tanpa sarapan. Sarapan yang dianjurkan adalah sarapan ideal dengan nutrisi yang lengkap namun rendah kalori, sehingga tubuh bisa membakar lemak dengan baik.

9. Tidak Menyerah

Penyakit psikologis yang sering kali dihadapi oleh banyak orang ketika menjalani diet yaitu mudah menyerah karena ingin cepat melihat hasil dalam hitungan hari atau minggu. Padahal normalnya berat badan bisa turun dalam waktu sebulan yaitu antara3 hingga 5kg. Jadi bersabarlah dan jangan mudah menyerah.

10. Konsultasi

Ketika kamu menjalankan diet alkalin, pastikan kamu punya konsultan diet. Ini sangat penting untuk membantumu dalam proses diet sehat sehari- hari yang sedang kamu jalani.

Itulah cara- cara diet alkalin yang dapat kamu aplikasikan sehari- hari ketika menjalani diet alkalin dan untum meperjelas poin nomor 2, yang berkaitan dengan makanan apasaja yang mengandung alkalin dan asam agar kamu mudah untuk mengatur pola makanmu, berikut merupakan penggolongan pH makanan diet alkalin :

Asam   : Jagung, lentil, zaitun, lemak hewan, minyak nabati, oat, beras, daging sapi, ayam, domba, tiram, lobster, susu, mentega, keju, krim, margarine, gula, saus, pemanis buatan, cuka masak, alcohol, ikan, dan telur.

Netral  : Air putih.

Basa    : Brokoli, wortel, kembang kol, mentimun, terung, bawang putih, tomat, asparagus, bayam, kelapa,apel, apricot, alpukat, pisang, blackberry, jeruk bali, anggur, lemon, the, rempah, biji- bijian, dan kacang- kacangan.

Namun perlu kamu ketahui bahwa selain banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari diet alkalin, ada juga bahaya yang harus kamu hadapi ketika kamu menjalankan diet alkalin atau jika kamu tidak menjalankan diet ini secara benar. Dan berikut adalah bahaya diet alkalin.

Baca juga :

Bahaya Diet Alkalin

Berikut adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat melakukan diet alkalin dengan cara yang tidak benar:

1. Hilang Kesadaran

Disebabkan oleh gejala alkalosis yang terjadi pada tubuhmu yang mengalami kemajuan sehingga kondisi ini bisa jadi lebih berbahaya. Gejalanya meliputi kebingungan yang bisa berkembang menjadi hilang kesadaran dan koma. Tidak hanya itu, tingginya tingkat alakalin di tubuhmu dapat menyebabkan tremor tangan, otot berkedut ataupun kejang berkepanjangan. Dan kamu mungkin akan merasa pusing atau mual dan mulai muntah. Mati rasa atau kesemutan di wajah, kaki dan lengan juga bisa terjadi selama alkalosis.

2. Hipoklemia

Hipoklemia merupakan komplikasi yang mungkin timbul akibat akalaosis. Ini terjadi saat tubuhmu tidak memiliki cukup potassium. Tubuhmu membutuhkan potassium sebagai fungsi yang tepat terutama pada sel saraf dan otot. Jika keadaan ini terus dibiarkan, maka kamu mungkin akan mengalami konstipasi, kelelahan bahkan kelumpuhan organ tubuh vital.

3. Aritmia Jantung

Tingkat alkalin berlebih dalam cairan tubuhmu dapat menyebabkan aritmia jantung. Aritmia jantung sendiri terjadi saat jantungmu berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan. Gejala aritmia bisa meliputi nyeri dada, pingsan, jantung berdebar- debar dan sesak napas. Sehingga kulitmu menjadi pucat dan mengalami keringat dingin atau keringat berlebih. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka kamu bisa mengalami gagal jantung, lemah jantung, stroke, bahkan kematian mendadak.

Itulah bahaya dari diet alkalin yang dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan tubuhmumu. Sebaiknya sebelum memulai diet alkalin perhatikan kesehatan dan kondisi tubuhmu. Jika kamu tidak memperhatikan terlebih dahulu bagaimana kondisi kesehatan tubuhmu. karena selain akan mengganggu kesehatan tubuhmu juga akan memperburuk penyakitmu jika ternyata kamu memiliki riwayat sakit di tubuhmu. Cobalah untuk memperhatikan kesehatan tubuhmu terlebih dahulu.

Artikel Lainnya:

Walaupun diet alkalin memang mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat dan memiliki segudang manfaat. Namun, tidak semua orang cocok dengan program diet alkalin. Sejumlah bahaya seperti yang sudah disebutkan di atas dapat muncul karena diet alkalin. Dengan adanya bahaya yang dapat muncul karena diet alkalin dan dengan hasil yang dapat dicapai karena diet alkalin, kamu dapat memutuskan sendiri untuk melakukan diet alkalin atau tidak. Cermatilah terlebih dahulu apa yang baik dan tidak baik bagi tubuhmu sebelum mencoba dan melakukan diet alkalin.

, ,
Oleh :
Kategori : Panduan